•  
  •  
 

Bahasa Abstract

Mudahnya akses untuk menggunakan, menggandakan, dan/atau mengubah suatu Ciptaan yang berwujud sinematografi tanpa izin di era media digital menuntut terbentuknya perlindungan Hak Cipta yang holistik dan komprehensif. Perlindungan ini meliputi seluruh Ciptaan yang mana atas penggunaan, penggandaan dan/atau perubahan atasnya harus dilakukan dengan izin Pencipta dan/ atau Pemegang Hak Cipta. Namun, izin tersebut dapat dikesampingkan apabila dilakukan dengan wajar yang dikenal sebagai Fair Use. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana seharusnya Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta (“UUHC”) mengatur Doktrin Fair Use, khususnya pada penayangan cuplikan film tanpa izin dalam video ulasan film pada platform Youtube. Selain itu, penelitian ini juga ditujukan untuk menelaah upaya hukum yang dapat dilakukan atas penghapusan Ciptaan yang tergolong Fair Use secara sepihak oleh Youtube. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatif dengan pendekatan kualitatif. UUHC seharusnya tidak hanya memberikan batasan pada kepentingan ekonomi Pencipta semata, namun dapat memberikan kriteria-kriteria yang lebih jelas, karena kepentingan tersebut dapat dengan mudah ditafsirkan lain yang justru kontra produktif terhadap esesi dari Fair Use itu sendiri. Pencipta yang Ciptaannya dihapuskan sepihak dapat melakukan beberapa upaya hukum, pertama mempersengketakan klaim (dispute), kedua melakukan banding (appeal), ketiga menyampaikan permohonan pemulihan (counter notifications), keempat melakukan negosiasi atau medisi langsung dengan pembuat klaim, dan kelima menggugat pembuat klaim dan/atau Youtube atas pelanggaran persyaratan pengunaan (terms of services).

References

Peraturan

Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tentang Hak Cipta

Buku

Aristoteles. (350 B.C. / 1946). Politics (diterjemahkan oleh. E. Barker). Oxford: Oxford University Press.

Burhan B. (2009). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Herimanto, & Winarno. (2008). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Lopate, P. (2008). American Movie Critics: An Anthology From the Silents Until Now. The Library of America.

Manning, J. (2014). Social Media, Definition and Classes of. In K. Harvey (Ed.), Encyclopedia of Social Media and Politics (pp. 1158-1162). Thousand Oaks, CA: Sage.

Jurnal dan Internet

Agus S. (2010) Hak Cipta Bukan Hanya Copyright. Jurnal Hukum dan Pembangunan Tahun ke-40 No. 2 April – Juni 2010.

Barry, M., R. (1994). Multiple Photocopying by Educators and the Fiar Use Doctrine: The Court’s Role in Reducing Transaction Costs, 1994 U. ILL. L. Rev. 387.

Crews, K., D. (2001). The Law of Fair Use and the Illusion of Fair Use Guidelines. Ohio State Law Journal Volume 62 Number 2.

Depoorter, B., & Parisi, F. (2001). Fair Use and Copyright Protection: A Price Theory Explanation. SSRN Electronic Journal.

Direktorat Jenderak Kekayaan Intelektual. (2021). Sejarah Perkembangan Perlindungan Kekayaan Intelektual, https://www.dgip.go.id/tentang-djki/sejarah-djki

Engelberg Center on Innovation Law & Policy New York University School of Law. (2020). How Ex- plaining Copyright Broke the Youtube Copyright System. https://www.law.nyu.edu/centers/engelberg/news/2020-03-04-youtube-takedown?fbclid=IwAR1ruv0KnYwVawITN1uEv9J5FCxz- VkPEUySSVEEZ7S78eeKFRmOX2tefnNA

Johnson, J. (2021). Internet Users in the World 2021. Statista. https://www.statista.com/statistics/617136/digital-population-worldwide/

Mr. DMCA Helper. (2021). What is DMCA?. https://www.dmca.com/faq/What-is-DMCA

Queen’s University Library. (2021). Film & Media. https://guides.library.queensu.ca/film-media/reviews-criticism

Ray, D. M. (2006) Syracuse Science and Technology Law Reporter Spring 2006. The Copyright Implications of Web Archiving and Caching, dalam http://www.law.syr.edu/students/publications/ sstlr/framesets/archive/current/currentset.htm

Sandi J. S. (2021). Proses Review Film-Film Indonesia oleh Komunitas Film Cine Crib. Jurnal ProT- VF Volume 5, No.2, 2021.

The University of Vermont Libraries (2021). Film & Television Studies – Review vs Criticism. https://web.archive.org/web/20171006191319/https://researchguides.uvm.edu/c. php?g=290200&p=3481769

Trendacosta, K. (2020). Unfiltered: How YouTube’s Content ID Discourages Fair Use and Dictates What We See Online. Electronic Frontier Foundation (eff.org), https://www.eff.org/wp/unfiltered-how-youtubes-content-id-discourages-fair-use-and-dictates-what-we-see-online#ContentID

United Nations. (2019). World Population Prospects – Population Divisions. Population Division Uniter Nations, https://population.un.org/wpp/DataQuery/

World Trade Organization. (2021). WTO Analytical Index. https://www.wto.org/english/res_e/publications_e/ai17_e/ai17_e.htm

World Trade Organization. (2021). WTO Analytical Index: TRIPs Agreement – Article 13, https:// www.wto.org/english/res_e/publications_e/ai17_e/trips_art13_jur.pdf

Youtube Help. (2021). Copyright Strike Basics, https://support.google.com/youtube/answer/2814000?hl=en

Youtube Help. (2021). Dispute a Content ID Claim, https://support.google.com/youtube/answer/2797454

Youtube Help. (2021). How Content ID Works, https://support.google.com/youtube/answer/2797370?hl=en

Youtube Help. (2021). Submit a Copyright Counter Notification, https://support.google.com/youtube/ answer/2807684

Youtube. (2021). Terms of Services. https://www.youtube.com/t/terms

Share

COinS