Abstract
Bakground. Physical activity is one of the important points of the Presidential Instruction of the Republic of Indonesia Number 1 of 2017 regarding a movement that supports a healthy lifestyle in the community, namely Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). USU's FKM students have a high level of light physical activity, which is 81.2%. One of the things that influenced him was that USU's FKM students rarely read information about physical activity. Aim. This study aims to determine the differences in the effectiveness of videos and flipbooks about physical activity on the knowledge of USU FKM students. Method. The research design used was a Quasi Experiment Design research design and a Non-Equivalent Control Group Design research design. Result. This study found that there were differences in the mean values of knowledge in the video and flipbook media groups. Whether or not the dependency value of the two variables is
References
- Kementerian Kesehatan RI. Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). 2017
- WHO. The global action plan on physical activity 2018–2030. Available from: http://www.who.int/ncds/prevention/physical-activity/gappa/action-plan. Accessed Oktober 25, 2022.
- Kementerian Kesehatan RI. Tiga Tahun Germas Lessons Learned. 2019
- Setyadi DY, Prabandari YS, Gunawan IMA. Aktivitas fisik dengan penyakit jantung koroner di Indonesia. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. 2018. 14(3), 115-121.
- Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan media video dan metode demonstrasi terhadap pengetahuan sadari. Jurnal Care.2018. 6(2).
- Diani R, Hartati NS. Flipbook berbasis literasi Islam: Pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2018. 4(2), 234- 244.
- Amalia SLF, Ayuningtyas TR, Adzkiyak, A. Pengembangan Media Flip Book Berbasis Peninggalan Megalitikum Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa kelas X PM SMK Trunojoyo Jember Ajaran 2018/2019. SANDHYAKALA Jurnal Pendidikan Sejarah, Sosial dan Budaya. 2020. 1(1), 38- 46.
- Grasdalsmoen M, Eriksen HR, Lønning KJ, Sivertsen B. Physical exercise, mental health problems, and suicide attempts in university students. BMC psychiatry. 2020. 20(1), 1-11.
- Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian RI Tahun 2018. 2018.
- Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan ke XXI. Bandung: Alfabeta; 2015
- Sari IP. Pengaruh Video dan Teks Pada Grup WhatsApp Terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa Tentang COVID-19 di Universitas Sumatera Utara Tahun 2021 (Skripsi). Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara; 2021
- Waryana W, Sitasari A, Febritasanti DW. Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik. AcTion: Aceh Nutrition Journal. 2019. 4(1), 58-62.
- Notoatmodjo S. Promosi kesehatan teori & perilaku kesehatan. Edisi revisi. Jakarta : Rineka Cipta; 2014.
- Chifdillah NA, Hazanah S. Perbedaan Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Dan Media Visual Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Tentang COVID-19. MMJ (Mahakam Midwifery Journal). 2021. 6(1), 14-27.
- Ochalek TA, Heil SH, Higgins ST, Badger GJ, Sigmon SC. A novel mHealth application for improving HIV and Hepatitis C knowledge in individuals with opioid use disorder: A pilot study. Drug and alcohol dependence. 2018. 190, 224-228.
- Korber I, Shepherd J. Teaching the information literacy Framework: Creating choose-your-own-adventure flipbooks . Reference Services Review. 2019. Available from: https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/RSR-05-2019-. Accessed Oktober 25, 2022.
- Kalalo RJP, Lumenta AS, Paturusi SD. Pembelajaran Daring Interaktif menggunakan Flipbook dan Pengaruhnya terhadap Proses dan Hasil Blended Learning. Jurnal Teknik Informatika. 2021. 16(2), 165- 174.
- Fitria M. Pengaruh Media Video dan Media Flipbook mengenai Vaksinasi COVID-19 terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa di Universitas Sumatera Utara; 2021
- Amanullah MA. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital Guna Menunjang Proses Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. 2020. 8(1), 37- 44.
- Ruddamayanti R. Pemanfaatan buku digital dalam meningkatkan minat baca. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. 2019. 12(01).
- Mansyur U. Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya. 2020. 4(2), 135-141.
Bahasa Abstract
Latar Belakang. Aktivitas Fisik merupakan salah satu poin penting dari Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 mengenai suatu gerakan yang mendukung gaya hidup sehat di masyarakat yaitu Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS). Mahasiswa FKM USU memiliki tingkat aktivitas fisik ringan yang tinggi yaitu sebesar 81,2%. Salah satu hal memengaruhinya yaitu mahasiswa FKM USU jarang membaca informasi mengenai aktivitas fisik. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas video dan flipbook aktivitas tentang fisik terhadap pengetahuan Mahasiswa FKM USU. Metode. Rancangan penelitian yang digunakan adalah menggunakan desain penelitian Quasi Experiment Design dan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Hasil. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat perbedaan nilai rerata pengetahuan pada kelompok media video dan flipbook. Diketahui nilai probabilitas kedua variabel tersebut
Recommended Citation
Setiawati, Dian and Andayani, Lita Sri
(2022)
"Perbedaan Efektivitas Video dan Flipbook Aktivitas Fisik Terhadap Pengetahuan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara,"
Perilaku dan Promosi Kesehatan : Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior: Vol. 4:
Iss.
2, Article 1.
DOI: 10.47034/ppk.v4i2.6009
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/ppk/vol4/iss2/1