•  
  •  
 

Abstract

Hashima (Gunkanjima) berhasil tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2015. Pencatatan pulau ini sempat mendapat penolakan keras dari Korea Selatan karena Jepang tidak mencantumkan sejarah lengkap yang menyangkut kerja paksa warga Korea Selatan dan Tiongkok. Berdasarkan data pemerintah Nagasaki, Hashima mengalami lonjakan pengunjung lebih dari seratus ribu wisatawan setelah namanya tercatat dalam situs warisan dunia UNESCO. Sebelumnya, Hashima hanya dikenal akan dark tourism-nya sebagai pulau hantu, tetapi kini semakin dilirik wisatawan dengan imej yang berbeda setelah pencatatan UNESCO dan pembangunan lokasi wisata penunjang seperti Gunkanjima Digital Museum. Penelitian ini membahas mengenai dark tourism Hashima dan lokasi terkaitnya serta perubahan apa saja yang terjadi setelah pencatatan di UNESCO. Hasil dari penelitian ini menemukan adanya dampak positif seperti lonjakan dan kestabilan kunjungan wisata ke Hashima, dan dampak negatif seperti upaya sanitasi dengan menutupi sejarah kelam Hashima yang dilakukan pemerintah Jepang. Selain itu, penelitian ini juga menemukan adanya pergeseran spektrum dark tourism di balik kesuksesan peningkatan kunjungan pariwisata di Hashima dan lokasi terkaitnya.

References

BUKU

Ashworth, G., & Hartmann, R. (2005). Horror And Human Tragedy Revisited: The Management Of Sites Of Atrocities For Tourism. New York: Cognizant Llc.

Hashimoto, A., & Telfer, D. J. (2017). Transformation of Gunkanjima (Battleship Island): from a coalmine island to a modern industrial heritage tourism site in Japan. Journal of Heritage Tourism, 107-124.

Palmer, D. (2018). Gunkanjima / Battleship Island, Nagasaki: World Heritage. The Asia-Pacific Journal / Japan Focus, 1-25.

Pemerintah Kota Nagasaki. (2017). Nagasaki-shi Heisei 28 nenpan Nagasaki-shi tōkei nenkan (tōkei hyō). Nagasaki.

Pemerintah Prefektur Nagasaki. (2021). Reiwa 3-nen shuyō kankō shisetsu-tō no riyōshasū (1 – 2 tsuki). Nagasaki.

Rahmawati, D. (2018). Potensi Dark Tourism di Bandung. Jurnal Media Wisata, 674-683.

Stone, P. R. (2006). A dark tourism spectrum: Towards a typology of death and macabre related tourist sites, attractions and exhibitions. TOURISM: An Interdisciplinary International Journal, 54, 145-160.

Sugimoto, S. (2011). Gunkantō kankō no genjō to kadai: jōriku kankō kaikin kara 2-nen. Nagasaki Keizai, 39-47.

Yoshida, K., Bui, H. T., & Lee, T. J. (2016). Does tourism illuminate the darkness of Hiroshima and Nagasaki? Journal of Destination Marketing & Management, 333-340.

INTERNET

Gunkanjima Digital Museum. (2020, Juni 15). Introduction of Gansho kun. Retrieved from Gunkanjima Digital Museum: https://www.gunkanjima-museum.jp/

Gunkanjima Hashima. (n.d.). What is The Gunkanjima Tour? Retrieved from Gunkanjima Hashima: http://gunkanjima-nagasaki.jp/

Hosaka, Y. (2020, Juni 25). Remembering Japan’s Colonial Abuses Against Koreans on Hashima Island. Retrieved Maret 30, 2021, from The Diplomat: https://thediplomat.com/2020/06/remembering-japans-colonial-abuses-against-koreans- on-hashima-island/

Hwang, Seok-joo, & Lee, Hyo-seok. (2017, Juli 27). (Yonhap Interview) Korean survivors testify about forced labor on Japan's Hashima Island. Retrieved Maret 30, 2021, from Yonhap News Agency: https://en.yna.co.kr/view/AEN20170727005900315

MITSUBISHI MATERIAL METALWORKING SOLUTIONS COMPANY. (n.d.). History of Mitsubishi: Gunkanjima Island (Battleship Island). Retrieved Maret 26, 2021, from MITSUBISHI MATERIAL METALWORKING SOLUTIONS COMPANY: http://www.mitsubishicarbide.com/

OUV (Outstanding Universal Value). (n.d.). Retrieved Juli 14, 2021, from Sites of Japan's Meiji Industrial Revolution: http://www.japansmeijiindustrialrevolution.com/en/site/ouv/

The Criteria for Selection. (n.d.). Retrieved Juli 14, 2021, from UNESCO World Heritage Centre: https://whc.unesco.org/en/criteria/

Share

COinS