•  
  •  
 

Jurnal Sosial Humaniora Terapan

Abstract

Studi ini mengeksplorasi pengaruh konten media sosial terhadap minat mahasiswa dalam memilih jurusan Produksi Media di Universitas Indonesia. Melalui akun resmi HIMPRODIA, platform media sosial seperti Instagram dan TikTok dimanfaatkanuntuk menarik perhatian calon mahasiswa baru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 40 mahasiswaangkatan 2023. Hasilnya menunjukkan bahwaInstagram dan TikTok memilikipengaruh signifikanterhadapminat calon mahasiswa, terutama melaluikonten yang sesuaidengan preferensidan karakteristik target audience. Namun, studi merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi platform yang paling berpengaruh dan jenis konten spesifik yang lebih menarik minat mahasiswa, seperti kajian lebih lanjutterhadap konten Study Visit yang dinilai memiliki dayatarik tersendiribagi individu dalam memilih jurusan. Kesimpulan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pemasaran dan promosi untuk program studi Produksi Media di Universitas Indonesia, sambil memberikan ruang bagi penyesuaian yang lebih mendalam terhadappreferensimahasiswa dan industri media..

Bahasa Abstract

Studi ini mengeksplorasi pengaruh konten media sosial terhadap minat mahasiswa dalam memilih jurusan Produksi Media di Universitas Indonesia. Melalui akun resmi HIMPRODIA, platform media sosial seperti Instagram dan TikTok dimanfaatkanuntuk menarik perhatian calon mahasiswa baru. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 40 mahasiswaangkatan 2023. Hasilnya menunjukkan bahwaInstagram dan TikTok memilikipengaruh signifikanterhadapminat calon mahasiswa, terutama melaluikonten yang sesuaidengan preferensidan karakteristik target audience. Namun, studi merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi platform yang paling berpengaruh dan jenis konten spesifik yang lebih menarik minat mahasiswa, seperti kajian lebih lanjutterhadap konten Study Visit yang dinilai memiliki dayatarik tersendiribagi individu dalam memilih jurusan. Kesimpulan ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan strategi pemasaran dan promosi untuk program studi Produksi Media di Universitas Indonesia, sambil memberikan ruang bagi penyesuaian yang lebih mendalam terhadappreferensimahasiswa dan industri media..

Share

COinS