Abstract
Medical record as a picture of hospital quality. The standard for providing outpatient medical record documents is 10 minutes. Speed in providing medical record files to polyclinics is one of the indicators of service quality in medical records. The purpose of this study was to describe the provision of outpatient medical record files at Hermina Hospital Depok in 2021. Qualitative descriptive research using interview and observation methods as well as literature study, a total sample of 100 outpatient medical record files, comparison of the number of files that meet the standard provision of medical record documents for outpatient services, which is 10 minutes with those that do not meet, namely >10 minutes, as well as the factors causing delays in medical record files categorized based on 5M management elements, namely man, money, material, machine, and method. The results obtained (1) The average speed of providing outpatient medical record files with a sample of 100 files conducted on 26 – 28 April 2021 is 15 minutes 40 seconds. The fastest time in providing medical record files is 1 minute 36 seconds, while the longest time in providing medical record files is 38 minutes 57 seconds. (2) The proportion of providing outpatient medical record files on 26 – 28 April 2021 that meets the standard (≤10 minutes) is 33% (33 files). (1) The average speed of providing outpatient medical record files with a sample of 100 files conducted on 26 – 28 April 2021 is 15 minutes 40 seconds. The fastest time in providing medical record files is 1 minute 36 seconds, while the longest time in providing medical record files is 38 minutes 57 seconds. (2) Proportion of providing outpatient medical record files on 26 – 28 April 2021 that meet the standard (≤10 minutes) is 33% (33 files) (3) Human factor is the most influencing factor in the delay in providing outpatient medical record files roads at Hermina Hospital Depok, among others, the lack of running boy officers. The results of this study can be used as material for evaluation and improvement of services to improve the service of providing outpatient medical records.
Bahasa Abstract
Rekam medis sebagai gambaran mutu rumah sakit. Standar penyediaan dokumen rekam medis pelayanan rawatjalan adalah ≤10 menit. Kecepatan dalam penyediaan berkas rekam medis ke poliklinik menjadi salah satu indikator mutu pelayanan di rekam medis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran penyediaan berkas rekam medis rawat jalan di RS Hermina Depok tahun 2021. Penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara dan observasi serta study literatur, total sampel sebanyak 100 berkas rekam medis medis rawat jalan, perbandingan jumlah berkas yang memenuhi standar penyediaan dokumen rekammedis pelayanan rawat jalan yaitu ≤10 menit dengan yang tidak memenuhi yaitu >10 menit, serta faktor-faktorpenyebab keterlambatan berkas rekam medis yang dikategorikan berdasarkan unsur manajemen 5M yaitu man, money, material, machine, dan method. Hasil penelitian didapatkan (1) Rata-rata kecepatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan dengan jumlah sampel 100 berkas yang dilakukan tanggal 26 – 28 April 2021 adalah15 menit 40 detik. Waktu tercepat dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 1 menit 36 detik, sedangkanwaktu terlama dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 38 menit 57 detik. (2) Proporsi penyediaan berkasrekam medis rawat jalan pada tanggal 26 – 28April 2021 yang memenuhi standar (≤10 menit) sebesar 33% (33 berkas). (1) Rata-rata kecepatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan dengan jumlah sampel 100 berkas yang dilakukan tanggal 26 – 28 April 2021 adalah 15 menit 40 detik. Waktu tercepat dalam penyediaan berkasrekam medis yaitu 1 menit 36 detik, sedangkan waktu terlama dalam penyediaan berkas rekam medis yaitu 38 menit 57 detik. (2) Proporsi penyediaan berkas rekam medis rawat jalan pada tanggal 26 – 28April 2021 yang memenuhi standar (≤10 menit) sebesar 33% (33 berkas) (3) Faktor manusia/man merupakan faktor yang palingmempengaruhi keterlambatan penyediaan berkas rekam medis rawat jalan di RS Hermina Depok, antara lain minimnya petugas running boy. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan terhadap pelayanan untuk memperbaiki pelayanan penyediaan rekam medis rawat jalan.
Recommended Citation
(2022)
"PENYEDIAAN BERKAS REKAM MEDIS RAWAT JALAN DI RS HERMINA DEPOK,"
Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 4:
Iss.
2, Article 4.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/4