Abstract
Fashion trends are an inseparable part of one's daily appearance and style by dressing in a new, up to date, and up-to-date fashion. This study aims to reveal the factors behind and the impact of the consumptive lifestyle of management students majoring in economics at the Islamic University of Lamongan in fashion trends. This study uses the theory of consumption society from Jean Paul Baudrillard. The type of research used in this research is descriptive qualitative with a single case study research type. The subjects of this study were determined by purposive sampling technique and the subjects in this study were students majoring in management who were still active starting from the 2019-2021 class. The results of this study indicate that the background factors are 2 of them, internal factors and external factors. Internal factors come from within the student, namely desire. While external factors consist of social factors, the demands of the times, advertisements with attractive promos and online shops. The impact that occurs is that students are late in paying tuition fees and even being in arrears at the appointed time. With this research, it is hoped that the Chancellor of the Lamongan Islamic University can make new policies fairly and firmly for female students who are late in paying the Education Development Contribution (SPP).
Bahasa Abstract
Trend fashion menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian seseorang dengan cara berpakaian yang baru, up to date, dan mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap faktor-faktor yang melatarbelakangi dan dampak dari gaya hidup konsumtif mahasiswi manajemen jurusan ekonomi universitas islam lamongan dalam trend fashion. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumsi dari Jean Paul Baudrillard. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus tunggal. Subjek penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dan subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi jurusan manajemen yang masih aktif mulai dari angkatan 2019-2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi ada 2 diantaranya, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri mahasiswi yaitu keinginan. Sedangkan faktor eksternal terdiri atas faktor pergaulan, tuntutan zaman, iklan dengan promo-promo yang menarik dan online shop. Dampak yang terjadi adalah mahasiswi terlambat membayar uang SPP bahkan sampai menunggak pada waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya penelitian ini diharapkan pihak Rektor Universitas Islam Lamongan dapat membuat kebijakan baru secara adil dan tegas bagi mahasiswi yang telat membayar Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP).
Recommended Citation
(2022)
"Gaya Hidup Konsumtif Mahasiswi Dalam Trend Fashion (Studi Kasus Mahasiswi Jurusan Manajemen Universitas Islam Lamongan),"
Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 4:
Iss.
2, Article 3.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol4/iss2/3