Abstract
In this growing digital era, it is crucial for companies to understand user experience (UX) and user interface (UI) to be able to manage and enhance customer satisfaction. This study aims to explore the UX and UI design process, from concept to research to design. UX is the user's experience when interacting with a product/service; is subjective because it is based on the user's perceptions and thoughts; and influenced by the UI display as a link between the user and the information system; which will have implications for the level of customer satisfaction. Eventually, UX and UI have a very important role in managing customer satisfaction, especially towards an application. The two are integrated and inseparable. The research was conducted qualitatively, by conducting participatory observation and unstructured observations methods towards aspects in the digital field. This research is expected to be a cutting-edge reference that is useful for digital media platforms, practitioners, institutions, and companies in maintaining their audience's satisfaction in the midst of the rapid digitalization era.
Bahasa Abstract
Di era digital yang semakin berkembang ini, penting bagi perusahaan memahami user experience (UX), dan user interface (UI) untuk dapat mengelola dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses perancangan UX dan UI, mulai dari konsep, riset, hingga desain. UX merupakan pengalaman pengguna saat berinteraksi dengan suatu produk atau jasa; bersifat subjektif karena berdasar pada persepsi dan pemikiran pengguna; dan dipengaruhi oleh tampilan UI sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem informasi; yang nantinya berimplikasi pada tinggi rendahnya kepuasan pelanggan. Pada akhirnya, UX dan UI memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola kepuasan pelanggan, khususnya terhadap sebuah aplikasi. Keduanya merupakan satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dengan melakukan metode observasi partisipasi dan observasi tidak terstruktur terhadap aspek-aspek di bidang digital. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi mutakhir yang bermanfaat bagi platform media digital, praktisi, institusi, hingga perusahaan dalam mempertahankan kepuasan audiens mereka di tengah pesatnya era digitalisasi.
Recommended Citation
Wiwesa, Ngurah Rangga
(2021)
"USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE UNTUK MENGELOLA KEPUASAN PELANGGAN,"
Jurnal Sosial Humaniora Terapan: Vol. 3:
Iss.
2, Article 2.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jsht/vol3/iss2/2