Abstract
The Covid-19 pandemic in Indonesia has forced all aspects of life to follow Covid-19 health protocols by reducing mobility so that physical contact can be minimized. Likewise, libraries must provide service innovations in order to reduce the physical contact and any risk to the virus transmission. The objective of this research is to identify trends and types of library service innovations in effort to confront Covid-19 pandemic in Indonesia. The method of this research is systematic literature review (SLR), which is a method that can be used to measure or identify a phenomenon or a question that involves and requires analysis of several literature resources. The results obtained from database search were found 24 literatures relevant to the topic of innovation trends in adjusting with the Covid-19 pandemic in Indonesia. Library innovation in the form of online library services dominates services in libraries and is also widely adapted. The types of library service innovations that are mostly carried out by libraries in Indonesia includes online circulation services with OPAC access through the website, the use of google forms, interaction of ask a Librarian with WhatsApp, Telegram, and Email. In the long term, this library innovation is expected to be able to serve and provide better library services, not only worthwhile during the pandemic.
Bahasa Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia telah memaksa semua lini kehidupan untuk menyesuaikan dengan protokol kesehatan dengan mengurangi mobilitas sehingga kontak fisik dapat diminimalisir. Demikian halnya dengan perpustakaan yang harus menyediakan inovasi layanan guna mengurangi kontak fisik dan segala risiko terhadap paparan virus tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi tren dan jenis inovasi layanan perpustakaan dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode dalam penelitian ini menggunakan tinjauan literatur sistematis, merupakan metode yang digunakan untuk mengukur atau mengidentifikasi sebuah fenomena atau sebuah pertanyaan dengan melibatkan dan memerlukan analisis dari beberapa sumber literatur. Hasil yang didapatkan dari penelusuran database yaitu ditemukan 24 literatur yang relevan dengan topik tren inovasi dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Indonesia. Inovasi perpustakaan berupa layanan daring perpustakaan mendominasi pelayanan di perpustakaan dan juga banyak diadaptasi. Jenis inovasi layanan perpustakaan yang banyak dilakukan perpustakaan di Indonesia meliputi layanan sirkulasi online dengan akses OPAC melalui website, pengisian google form, dan interaksi ask a Librarian dengan aplikasi WhatsApp, Telegram, dan Email. Dalam jangka panjang, inovasi perpustakaan tersebut diharapkan dapat memberikan layanan perpustakaan yang lebih baik, tidak hanya bermanfaat pada masa pandemi.
References
- Adrian, C., Abdullah, R., Atan, R., & Jusoh, Y. Y. (2016). Towards developing strategic assessment model for big data implementation: a systematic literature review. Int. J. Adv. Soft Compu. Appl, 8(3).
- Amanda, F. S. (2022). Layanan Daring Perpustakaan Perguruan Tinggi UPI Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid 19 (Sejak tahun 2019–2021). IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), 16(1), 127-142.
- Andriani, J. (2020). Adaptasi Dan Inovasi Layanan Perpustakaan Di Masa Pandemi Di Pusat Perpustakaan Dan Penyebaran Teknologi Pertanian.
- Batubara, A. K. (2009). Kepuasan Pengguna Terhadap Layanan Perpustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 3(1), 9-17.
- Fauzi, F., Prastiti, P. D., & Titiswari, G. (2021). Inovasi Layanan Perpustakaan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 6(1), 311-320.
- García-Feijoo, M., Eizaguirre, A., & Rica-Aspiunza, A. (2020). Systematic review of sustainable-development-goal deployment in business schools. Sustainability, 12(1), 440.
- Ghofilah, P. N. N. (2021). Inovasi Pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cianjur di Masa Pandemi Covid-19. Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(1), 89-106.
- Iskandar, Z. F., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Samson, C. M. S. (2021). Grab and go alternatif layanan peminjaman buku Pustakalana Children’s Library di masa pandemi. Informatio: Journal of Library and Information Science, 1(1), 83-98.
- Izprilla, S., & Latiar, H. (2021). Strategi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi pada Masa New Normal (Studi Kasus Upt Perpustakaan Universitas Riau). Jurnal Pustaka Budaya, 8(2), 111-118.
- Izzah, R. N., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta Dalam Mengembangkan Layanan Berbasis Inklusi Sosial Saat Pandemi Covid-19. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 8(1), 53-69.
- Maryani, Y., & Agustina, S. (2021). Inovasi Layanan Perpustakaan Nasional RI Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 6(2), 378-384.
- Nafilah, E., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Pelayanan Perpustakaan Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan, 3(1), 33-44.
- Petticrew, M. & Roberts, H. (2006). Systematic reviews in the social sciences: A practical guide. Blackwell Publishing.
- Putra, A. W., & Niswah, F. (2021). Inovasi Layanan Drivethru Perpustakaan untuk Meningkatkan Budaya Literasi (Studi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur). Publika, 25-38.
- Qisty, S. N., Damayani, N. A., Lusiana, E., Gemiharto, I., & Khadijah, U. L. S. (2021). Layanan Library and Knowledge Center (LKC) Bina Nusantara University di Era Pandemi Covid-19. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), 6(2), 149-168.
- Siswanto, S. (2010). Systematic review sebagai metode penelitian untuk mensintesis hasil-hasil penelitian (sebuah pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13(4), 21312. DOI: 10.22435/bpsk.v13i4 Okt.2766
- Sukirno, S. (2020). Dokter Pustaka Inovasi Layanan Masa Pandemi Covid-19 Di Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. Pustakaloka, 12(2), 171-185.
- Supriyatno, H. (2021). Inovasi Layanan Pada Masa Pandemi Covid-19, Studi Kasus Manajemen Layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 3(2), 44-52.
- Suwarno, Y. (2008). Inovasi di sektor publik.
- Utomo, E. P. (2021). Inovasi Layanan Perpustakaan di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Perpustakaan Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 5(2), 120-133.
Recommended Citation
Anggelia, Rikka Poerna and Irawati, Indira
(2022)
"Library Service Innovation Trends During Covid-19 in Indonesia: A Systematic Literature Review,"
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan: Vol. 24:
No.
2, Article 3.
DOI: 10.7454/JIPK.v24i2.003
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol24/iss2/3
Included in
Archival Science Commons, Collection Development and Management Commons, Information Literacy Commons