Abstract
Taman Baca Masyarakat (TBM) is a non-formal education service that is present in the midst of society to provide benefits and positive influence for the community. This non-profit-oriented institution has a big role in the empowerment process of the surrounding community. TBM Matahari Indonesia is one of the TBM established to provide free book reading services that can be used by the Kediri community for educational purposes. TBM also seeks to improve community welfare through various literacy activities. Based on this, this study seeks to reveal the community empowerment process through literacy-based activities at TBM Matahari Indonesia Kediri. This research needs to be done to determine the roles and obstacles felt by TBM Matahari Indonesia in empowering the community through literacy. In the compilation process, this research uses a case study method with a qualitative approach. While the steps in analyzing the research data are through the analysis stage, the data presentation stage, and the conclusion stage. The results and discussion in this study is TBM Matahari Indonesia plays an important role in providing a forum for creativity and exploring the hidden talents possessed by children who live around TBM. Meanwhile, the obstacles experienced by TBM Matahari in empowering the community are limited collections, lack of human resources and the lack of funding for TBM development.
Bahasa Abstract
Taman Baca Masyarakat (TBM) merupakan layanan pendidikan non formal yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan manfaat dan pengaruh positif untuk masyarakat. Lembaga yang berorientasi non profit tersebut memiliki andil besar dalam proses pemberdayaan masyarakat di sekitarnya. TBM Matahari Indonesia adalah salah satu TBM yang berdiri untuk memberikan layanan baca buku gratis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Kediri untuk keperluan pendidikan. TBM ini juga berupaya meningkatkan kapabilitas masyarakat melalui berbagai kegiatan literasi. Berdasarkan hal tersebut, penulis berusaha untuk mengungkapkan proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatankegiatan berbasis literasi di TBM Matahari Indonesia Kediri. Penelitian ini perlu dilakukan untuk mengetahui peran dan hambatan yang dirasakan TBM Matahari Indonesia dalam memberdayakan masyarakat melalui literasi. Dalam proses penyusunannya, penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan langkahlangkah dalam menganalisis data penelitian ini yaitu melalui tahap analisis, tahap penyajian data, dan tahap penarikan kesimpulan. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini yaitu TBM Matahari Indonesia berperan penting dalam memberi wadah kreatifitas dan menggali bakat terpendam yang dimiliki oleh anak-anak yang bermukim di sekitar TBM. Sedangkan hambatan yang dialami oleh TBM Matahari dalam memberdayakan masyarakat yaitu keterbatasan koleksi, kurangnya tenaga SDM serta minimnya dana pengembangan TBM.
References
- Agustino, H. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gerakan Literasi di Taman Baca Masyarakat Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara. Jurnal Sosial Politik, 5(1), 142. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i1.7890
- Bahri, S. (2013). Peran TBM Cakruk Pintar dalam Pemberdayaan Masyarakat Nologaten Sleman Yogyakarta. skripsi Sunan Kalijaga.
- Hastari, G. R. (2015). Kesuksesaan taman bacaan masyarakat Rumah Dunia dalam pemberdayaan masyarakat melalui Program Literasi Informasi. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29114
- Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian Studi Kasus Single Case, Instrumental Case, Multicase & Multisite. Malang: Penerbit Literasi Nusantara.
- Indonesia. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Daftar TBM. (2016, September 8). Retrieved Agustus 22, 2020, from Donasi Buku: https://donasibuku.kemdikbud.go.id/tbm
- Kalida, M. dan M. M. (2014). Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Cakruk Publishing.
- Maani, K. D. (2011). Teori ACTORS dalam pemberdayaan Masyarakat. demokrasi, 10 no.1.
- Maskurotunitsa, R. S., & Rohmiyati, Y. (2016). Peran Perpustakaan Desa “Mutiara” Dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat.
- Nasiruddin, S. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Industri Kreatif. Prosiding SeminarNasional Dies Natalis UNM ke 57. Makassar
- Retno, S. S., Rohmiyati, Y., & Husna, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan: Studi Kasus di Rumah Pintar “Sasana Ngudi Kawruh” Kelurahan Bandarharjo-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 157–166. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9518/0
- Riawan, Y. (2016). Perbedaan Kemandirian Remaja Ditinjau Dari Data Demografi (Urutan Kelahiran Dan Jenis Kelamin). UIN Suska Riau. http://repository.uinsuska.ac.id/2500/
- Rohmiyati, R. S. M. dan Y. (2016). Peran Perpustakaan Desa “MUTIARA” dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalisidi Kec. Ungaran Barat Kab. Semarang. 5 no. 4.
- Septiana, R. I. (2007). Perkembangan Perpustakaan berbasis Komunitas: Studi Kasus pada Rumah Cahaya, Melati Taman Baca dan Kedai Baca Sanggar Barudak. Skripsi Universitas Indonesia.
- Solihin, dkk (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan Dan Kebudayaan Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2019.
- Yuliyanto, Y., & Irhandayaningsih, A. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Taman Baca Masyarakat (TBM): Studi Kasus di Desa Pledokan Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang. 3(4), 377–386.
Recommended Citation
Agustiani, Dilla Hardina and Wicaksono, M. Fikriansyah
(2021)
"Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi: Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia Kediri,"
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan: Vol. 23:
No.
1, Article 5.
DOI: 10.7454/JIPK.v23i1.005
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol23/iss1/5
Included in
Archival Science Commons, Collection Development and Management Commons, Information Literacy Commons