•  
  •  
 

Abstract

This study aims to identify and analyze the availability collections of Library Center of IAIN Surakarta, and the factors that influence the availability of materials teaching for Islamic Counseling and Guidance Study Programme. This research is a qualitative and quantitative methode. Data analysis was carried out using the checklist and interview. Based on the research, 49,5% availability collections for institute level courses, and 44.7% for departement level. Based on the findings research, Library Center of IAIN Surakarta collections has not fulfilled the need for compulsory teaching materials. This is caused by several factors: the procurement of library materials is carried out only once a year; low provision of funds for library; and the lack of coordination and cooperation between Library Center of IAIN Surakarta managers and study programs in the determination of proposed titles book.

Bahasa Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis ketersediaan koleksi Perpustakaan IAIN Surakarta serta faktor yang memengaruhi ketersediaan bahan ajar sesuai dengan silabus mata kuliah wajib program studi Bimbingan Konseling Islam. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode checklist dan didukung dengan wawancara untuk melengkapi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi sebesar 49,5% untuk mata kuliah tingkat institut dan 44,7% untuk mata kuliah berbasis program studi. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa koleksi Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta belum memenuhi kebutuhan bahan ajar wajib Program Studi Bimbingan Konseling Islam. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: pengadaan bahan pustaka dilakukan hanya setahun sekali; rendahnya penyediaan dana pengadaan bahan pustaka oleh pihak institut yang berakibat pada minimnya alokasi untuk setiap program studi; dan kurangnya koordinasi dan kerjasama antara pengelola Pusat Perpustakaan IAIN Surakarta dengan program studi dalam penetapan judul-judul yang diusulkan kepada rekanan sehingga pengadaan tidak sesuai dengan kebutuhan program studi.

References

  1. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2002) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  2. Evans, Edward. (2000). Developing Library and Information Collection. Colorado: Libraries Unlimited Inc.
  3. FN Kerlinger. (1990). Asas-asas Penelitian Behavioral (3rd ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
  4. G. Edward Evans, Margaret Zarnosky Saponaro. (2005). Developing Library and Information Center Collection. London: Libraries Unlimited.
  5. Halliday, Blane. (2000). Identifying Library Policy Issues with List Checking. Dalam Danny P. Wallace, Connie Van Fleet (Eds.), Library Evaluation: a Casebook and Cando Guide. Englewood: Libraries Unlimited, Inc.
  6. Nugraha, Satria. (2010). Kurikulum Perguruan Tinggi Harus Berdasarkan Kompetensi. Diambil dari Okezone News, Suara Kampus. https://news.okezone.com/read/2010/03/15/65/312658/kurikulum-perguruan-tinggi-harus-berdasarkan-kompetensi
  7. Perpustakaan Nasional RI. (2005). Pedoman Umum Pengelolaan Koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
  8. Setiawan, Heri. (2011). Analisis Ketersediaan Koleksi Bahan Ajar Berbasis Silabus Jurusan Bahasa dan Sastra di Perpustakaan UIN SGD Bandung. Tesis. Tidak Diterbitkan. Program Studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.
  9. IAIN Surakarta. (2010). Statistik. Diambil dari Sistem Akademik Fakultas Ushuluddin dan Dakwah: http://administrasi.iain-surakarta.ac.id/baa
  10. Soetimah. (1992). Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.
  11. Spiller, David. (2000). Providing Materials for Library Users. London: Library Association Publishing.
  12. Suharsimi Arikunto. (2003). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  13. Sujana, Janti G. (3 Oktober 2006). Mengoptimumkan Pengembangan Koleksi. Buletin Perpustakaan dan Informasi Bogor. Diambil dari http://bpibart.blogspot.com
  14. Sulistyo-Basuki. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Wedatama Widya Sastra bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI.
  15. Zulaikha, Rohyanti, S., Dwiyanto, A. & Septiyantono, T. (2003). Evaluasi Pemanfaatan Koleksi dengan Menggunakan Analisis Sitasi: Studi Analisis Sitasi Skripsi di Perpustakaan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 1(1), 28-35.

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.