Abstract
This article focuses on library learning activities at Madania Primary School. This journal also explains about the activities carried out by the National Library of Indonesia in introducing libraries. The purpose of this journal is to find out the library learning activities at Madania Primary School and the obstacles they face. This research was conducted with qualitative methods. Data collection is done by interviewing, observing and documents studying. The conclusion of this study is that Madania Primary School library does not provide classroom supporting education in general. Moreover, the library provides library education so students are encouraged to be independent in learning, explore information, and maintain collections. Library learning is not in the form of learning to read or help class material in class. The lessons provided are knowledge about libraries covering four main topics, namely library values, library skills, literature skills, and research skills. The obstacle faced by the library staff is the difficulty of class management. Library staff who does not have a background in library science are also an obstacle in teaching.
Bahasa Abstract
Artikel ini berfokus pada kegiatan pelajaran perpustakaan di SD Madania. Jurnal ini juga menjelaskan kegiatan yang dilakukan Perpustakaan Madania dalam mengenalkan perpustakaan pada siswa. Tujuan jurnal ini untuk mengetahui peran kegiatan pembelajaran perpustakaan di SD Madania dan kendala apa saja yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Kesimpulan penelitian ini dapat diketahui bahwa perpustakaan SD Madania tidak memberikan pendidikan penunjang pelajaran kelas pada umumnya. Lebih dari itu, perpustakaan memberikan pendidikan tentang perpustakaan seperti klasifikasi, penelusuran, dan preservasi sehingga siswa didorong untuk mandiri dalam belajar, mengeksplor informasi, dan menjaga koleksi. Pelajaran perpustakaan bukan berbentuk belajar membaca atau membantu materi pelajaran di kelas. Pelajaran yang diberikan adalah pengetahuan tentang perpustakaan meliputi empat topik utama yaitu nilai kepustakaan, kemampuan kepustakaan, kemampuan literatur, dan kemampuan riset. Kendala yang dihadapi staf perpustakaan adalah sulitnya manajemen kelas. Staf perpustakaan yang tidak memiliki latar belakang ilmu perpustakaan juga menjadi kendala dalam pengajaran.
References
- Barrett, Y., Green, G., & Tilke, A. (2011). Between the pages. 27 Agustus 2018. International Baccalaureate. https://www.ibo.org/ib-world-archive/may-2011-issue-62/between-the-pages/
- Darmono. (2012). Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Grolier Incorporated. (2000). The encyclopedia Americana. Connecticut: Grolier.
- Gwinn, R. P. (1990). The new encyclopaedia britannica. Chicago: University of Chicago.
- Haycock, K.(1990). Program advocacy. Englewood: Libraries Unlimited.
- Ibrahim B. (2006). Pengelolaan perpustakaan sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
- Indonesia. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
- Indonesia. Undang-undang Republik Indonesia nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.
- Indonesia. Peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2014 tentang pelaksanaan undang-undang no. 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.
- International Baccalaureate Organization. (2012). The ib primary years programe. Geneva: International Baccalaureate Organization
- Muhammad Idrus. (2009). Metode penelitian ilmu sosial: pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jakarta: Erlangga
- Pawit M. Yusuf & Yaya Suhendar. (2005). Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Bandung: Kencana
- Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar nasional perpustakaan. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
- Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
- Wahid N. (2014). Perkembangan pendidikan ilmu perpustakaan indonesia: dari masa ke masa. Jurnal Pustakawan Indonesia, 13(1), 41-52.
- Yaya S. (2014). Panduan petugas perpustakaan: Cara mengelola perpustakaan sekolah dasar. Jakarta: Prenada
Recommended Citation
Ghassani, Felisha
(2018)
"Peran Pelajaran Perpustakaan dalam Pengenalan Kepustakaan: Studi Kasus SD Madania,"
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan: Vol. 20:
No.
2, Article 1.
DOI: 10.7454/JIPK.v20i2.001
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol20/iss2/1
Included in
Archival Science Commons, Collection Development and Management Commons, Information Literacy Commons