Abstract
This study identifies the students’ reading interest of Sekolah Dasar Negeri 1 Depok Baru, West Java. This research uses a quantitative research approach with descriptive method. The data was collected by using survey. The results showed that students have their own reading interest. Their favorite genre of reading materials includes religious stories, comic, and short novels. The findings suggest that parents need to introduce another reading material variation such as newspapers. Parents are also encouraged to supervise their children while reading comic.
Bahasa Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi ketertarikan siswa sekolah dasar siswa kelas dua di Sekolah Dasar Negeri Anyelir 1 Depok Baru, Kota Depok, Jawa Barat terhadap bahan bacaan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 2 SDN Anyelir 1 Depok Baru memiliki ketertarikan sendiri terhadap bahan bacaan. Genre bacaan yang mereka sukai meliputi kisah-kisah agama hingga cerita fiksi berbentuk komik dan novel pendek. Hasil temuan memberikan saran bahwa orang tua perlu mengenalkan variasi bacaan lain seperti koran dan memberikan pendampingan kepada anak dalam membaca komik.
References
- Cahyono, Teguh Yudi. (2014). Peranan user education dalam memahami karakteristik dan kebutuhan pemustaka. Jurnal Pustakawan UPT Universitas Negeri Malang. http://digilib.um.ac.id/index.php/Artikel-Pustakawan/peranan-user-education.html (diakses pada tanggal 3 Maret 2017).
- Constantinou, Constantia. (1995). Destruction of knowledge: A study of journal mutilation at large university library. College & Research Libraries, 56 (6).
- Daryono. (2009). Pengembangan perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah surakarta. http://daryono.staff.uns.ac.id/2009/02/12/pengembangan/perpustakaan-umum-daerah-dan-perpustakaan-sekolah-kota-surakarta (diakses pada tanggal 9 Desember 2015).
- Dureau & Clement, D.W.G. (1990). Dasar-dasar pelestarian dan pengawetan bahan pustaka. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
- Harvey, Ross. (1993). Preservation in libraries: principles, strategies and practices for librarians. London: Bowker Saur.
- Indonesia. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
- Martoatmodjo, Karmidi. (1993). Pelestarian Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Olugbenga, Isaac & Adeolu, Samuel. (2008). Theft and Mutilation of Library Materials in Nigerian Academic Libraries. Nigeria: Library & Archival Security.
- Rachman, Yeni Budi. (2016). Dasar-dasar pelestarian. Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.
- Sevilla, Consuelo G dkk. (2006) Pengantar metode penelitian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI Press).
- Sinaga, Dian. (2004). Kejahatan terhadap Buku dan Perpustakaan. Visi Pustaka Vol. 6 No. 1.
- Stake, Robert, (1995). Case studies. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
- Sujatmiko, Eko. (2014) kamus ilmu pengetahuan sosial: Aksara Sinergi Media. Jakarta: Penerbit Balai Buku Ichtiar.
- Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar ilmu perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Susetyo-Salim, Tamara Adriani. (2011). Konservasi naskah Surakarta (laporan penelitian). Depok: Universitas Indonesia.
- Sutarno NS. (2008). Perpustakaan dan masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.
- Suwarno, Wiji. (2009). Psikologi perpustakaan. Jakarta: Agung Seto.
- Wahyudiati. (2008). Penyalahgunaan koleksi perpustakaan perguruan tinggi. http://pustaka.uns.ac.id/?menu=news&option=detail &nid=17# (diakses pada tanggal 15 Desember 2015).
Recommended Citation
Rachman, Yeni Budi; Rachman, Margareta Aulia; and Rachmawati, Yuliana Mukti
(2018)
"Ketertarikan Siswa terhadap Bahan Bacaan,"
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan: Vol. 20:
No.
1, Article 5.
DOI: 10.7454/JIPK.v20i1.005
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol20/iss1/5
Included in
Archival Science Commons, Collection Development and Management Commons, Information Literacy Commons