Abstract
This study discusses the user attitudes in handling library materials. The study was conducted at the library of University of Indonesia. This research uses qualitative approach with case study. The data was collected by conducting observation, interview, and document analysis. The finding shows there are some of book mutilation and vandalism activities caused by users. This study suggests that the library needs to conduct a user preservation education program to prevent vandalism.
Bahasa Abstract
Penelitian ini membahas tentang perilaku pemustaka dalam memperlakukan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai bentuk perilaku pemanfaatan koleksi disertai pula dengan upaya baik yang telah dilakukan maupun yang dapat dilakukan kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa bentuk perilaku pemustaka dalam pemanfaatan koleksi di Perpustakaan Universitas Indonesia antara lain meliputi mutilasi, vandalisme, hingga terkena air hujan. Upaya yang tengah dilakukan Perpustakaan Universitas Indonesia dilakukan melalui kegiatan sirkulasi, shelving hingga preservasi dan konservasi. Penelitian ini menyarankan agar pihak perpustakaan dapat mempertimbangkan pengadaan pendidikan preservasi/pelestarian bahan pustaka untuk para pemustaka.
References
- Cahyono, Teguh Yudi. (2014). Peranan User Education Dalam Memahami Karakteristik dan Kebutuhan Pemustaka. Jurnal Pustakawan UPT Universitas Negeri Malang. http://digilib.um.ac.id/index.php/Artikel-Pustakawan/peranan-user-education.html (diakses pada tanggal 3 Maret 2017).
- Constantinou, Constantia. (1995). Destruction of knowledge: A stude of journal mutilation at large university library constantia. College & Research Libraries, 56 (6).
- Daryono. (2009). Pengembangan perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah surakarta. http://daryono.staff.uns.ac.id/2009/02/12/pengembangan/perpustakaan-umum-daerah-dan-perpustakaansekolah-kota-surakarta (diakses pada tanggal 9 Desember 2015).
- Dureau & Clement, D.W.G. (1990). Dasar-dasar pelestarian dan pengawetan bahan pustaka. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
- Harvey, Ross. (1993). Preservation in libraries: principles, strategies and practices for librarians. London: Bowker Saur.
- Indonesia. Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan.
- Martoatmodjo, Karmidi. (1993). Pelestarian Bahan Pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Olugbenga, Isaac & Adeolu, Samuel. (2008). Theft and Mutilation of Library Materials in Nigerian Academic Libraries. Nigeria: Library & Archival Security.
- Rachman, Yeni Budi. (2016). Dasar-dasar Pelestarian. Depok: Departemen Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.
- Sevilla, Consuelo G dkk. (2006) Pengantar metode Penelitian. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI Press).
- Sinaga, Dian. (2004). Kejahatan terhadap Buku dan Perpustakaan. Visi Pustaka Vol. 6 No. 1.
- Stake, Robert, (1995). Case Studies. Handbook of Qualitative Research. London: Sage Publication.
- Sujatmiko, Eko. (2014) Kamus Ilmu Pengetahuan Sosial: Aksara Sinergi Media. Jakarta: Penerbit Balai Buku Ichtiar.
- Sulistyo-Basuki. (1993). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
- Susetyo-Salim, Tamara Adriani. (2011). Konservasi Naskah Surakarta (Laporan Penelitian). Depok: Universitas Indonesia.
- Sutarno NS. (2008). Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta: Sagung Seto.
- Suwarno, Wiji. (2009). Psikologi Perpustakaan. Jakarta: Agung Seto.
- Wahyudiati. (2008). Penyalahgunaan koleksi perpustakaan perguruan tinggi. http://pustaka.uns.ac.id/?menu=news&option=detail&nid=17# (diakses pada tanggal 15 Desember 2015).
Recommended Citation
Suhaila, Suhaila and Rachman, Yeni Budi
(2017)
"Perilaku Pemustaka dalam Memperlakukan Koleksi Perpustakaan: Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Indonesia,"
Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan: Vol. 19:
No.
2, Article 5.
DOI: 10.7454/JIPK.v19i2.005
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol19/iss2/5
Included in
Archival Science Commons, Collection Development and Management Commons, Information Literacy Commons