"Proses Perencanaan, Implementasi dan Hasil Program Perubahan Perilaku " by Getar Hati and Isbandi Rukminto Adi
  •  
  •  
 

Proses Perencanaan, Implementasi dan Hasil Program Perubahan Perilaku Komunitas Ibu Dalam Pemberian Makanan Sehat dan Bervariasi Bagi Anak : (Studi Penelitian Tindakan Terhadap 10 Ibu Yang Berasal Dari Keluarga Miskin Di Kelurahan Semper Barat, Jakarta Utara

DOI

https://doi.org/10.7454/jurnalkessos.v17i1.1092

Abstract

This article discusses about the process of community development included in planning, program implementation, and evaluation of behavior change program in women community in child feeding. The application of these processes were based on the result of community problems, needs, and capitals through participatory planning. It mapped on quality of life assessment scheme which related on malnourished children of 6-24 months old in urban poor families. This research conducted by action research method which based on analysis result of look 1 phase. This article discusses about think, act, and look 2 phases. Think phase describes planning process included formulating the aim, strategy, and intervention program. Act phase describes the implementation of social marketing program. Look 2 phase describes the results of community behavior change in 3 (three) behavior variations, i.e. continued adoption, process of adoption, and continued rejection related to the supporting and inhibiting factors within them.

Bahasa Abstract

Artikel ini membahas mengenai proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi program perubahan perilaku komunitas ibu dalam pemberian makanan sehat dan bervariasi bagi anak. Proses ini merupakan penerapan dari hasil identifikasi masalah, kebutuhan, dan potensi komunitas yang didasarkan melalui perencanaan partisipatoris dengan memetakan alur asesmen kualitas hidup terkait dengan kondisi anak-anak pada usia 6-24 bulan dari keluarga miskin perkotaan tidak memiliki kecukupan gizi. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan dari hasil analisis tahap look 1. Artikel ini dibahas mengenai tahapan think, act, dan look 2. Hasil penelitian menggambarkan tahapan think yang mencakup proses perencanaan mencakup kegiatan merumuskan tujuan, strategi, dan program intervensi. Tahap act menggambarkan implementasi kegiatan sebagai program intervensi berupa program pemasaran sosial. Sedangkan tahap look 2 menggambarkan hasil perubahan perilaku komunitas sasaran yang menunjukkan adanya 3 (tiga) varian perilaku yaitu continued adoption, proses adoption berlanjut, dan continued rejection

This document is currently not available here.

Share

COinS