Abstract
This study aims to explain the social marketing of Mother Support Group Program in Rawa Buaya as the way to improve breast feeding practice for pregnant mothers and to describe the obstacle of the program. The qualitative data were collected by conducting in-depth interview and direct observation. Based on the result of this study, social marketing of Mother Support Group Program has done various social marketing steps and it is one of the way to achieve the change of pregnant mother’s behavior in order to implement breast feeding practice for the further life. This social marketing is implemented with education and participation for community development.
Bahasa Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang mendalam terkait upaya pemasaran sosial yang dilakukan dalam program Kelompok Pendukung Ibu Kelurahan Rawa Buaya sebagai usaha untuk meningkatkan praktek pemberian ASI Eksklusif bagi ibu hamil serta untuk mendeskripsikan hambatan yang terjadi dalam pengupayaan program tersebut. Pengumpulan data kualitatif didapatkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa upaya pemasaran sosial dalam program Kelompok Pendukung Ibu dilakukan melalui berbagai tahapan manajemen pemasaran sosial sebagai salah satu cara untuk mencapai perubahan perilaku ibu hamil agar dapat mengimplementasikan praktek pemberian ASI Eksklusif kedepannya. Upaya pemasaran sosial yang dilakukan juga sarat akan unsur edukasi dan partisipasi dalam pengembangan masyarakat.
Recommended Citation
Intani, Amalia Reza and Hati, Getar
(2015)
"Pemasaran Sosial Sebagai Upaya Meningkatkan Praktek Pemberian Asi Esklusif Bagi Ibu Hamil : (Studi Deskriptif Pada Pelaksanaan Program Kelompok Pendukung Ibu Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat),"
Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial: Vol. 16:
No.
2, Article 5.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jiks/vol16/iss2/5