Peran Sistem Lingkungan Dalam Pembentukan Resilience Pada Anak Miskin (Role of Ecological System In Formation of Resilience of Poor Childrenon Child Poverty
Abstract
Previous studies showed that a person’s resilience is affected by many factors. Poverty is considered to be one of the factors that can interfere a person’s resilience. Resilience at every age is different, the resilience in adults and children is also different. Furthermore, it is interesting to explore resilience of poor children and the role of the system environment in which children live. This study used a qualitative approach with call life history method in 4 families of scavengers in Depok . Techniques used in data collection are in-depth interviews about child’s life from childhood to present, observations, and ecomaps to analyse data. Analysis showed that resilience of poor children was strongly
Bahasa Abstract
Studi-studi sebelumnya menunjukkan bahwa resilience pada setiap orang dipengaruhi oleh banyak faktor. Kemiskinan dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat mengganggu resilience seseorang. Resilience pada setiap rentang umur berbeda, resilience pada orang dewasa dengan anak pasti berbeda. Sehingga menarik untuk dikaji lebih lanjut bagaimana resilience pada anak miskin dan bagaimana peran sistem lingkungan dimana anak tinggal dalam membentuk resilience pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode call life history pada empat keluarga pemulung di Depok. Teknik pengumpulan yang dilakukan yaitu wawancara mendalam tentang kehidupan anak sejak kecil hingga sekarang dan observasi serta dianalisis menggunakan ecomap. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan resilience pada anak miskin sangat dipengaruhi oleh sistem lingkungan dimana anak tersebut berada. Sistem lingkungan memiliki pengaruh cukup besar terhadap perkembangan resilience pada anak dan sistem keluarga memiliki pengaruh paling kuat. Resilience memiliki korelasi positif dengan pencapaian prestasi akademik anak. Semakin baik resilience pada anak, semakin baik pula capaian prestasi akademik mereka. Temuan ini mengindikasikan bahwa anak dari keluarga miskin yang memiliki tingkat keberfungsian keluarga baik maka anak memiliki resilience yang baik pula sehingga pencapaian prestasi akademik juga baik.
Recommended Citation
Annisah, Annisah
(2014)
"Peran Sistem Lingkungan Dalam Pembentukan Resilience Pada Anak Miskin (Role of Ecological System In Formation of Resilience of Poor Childrenon Child Poverty,"
Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial: Vol. 14:
No.
2, Article 4.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jiks/vol14/iss2/4