Abstract
This study discuses about strategies of fundraising conducted by Yayasan Dompet Dhuafa with the supports and obstacles. This study used qualitative method and descriptive approach. The result of study show that Dompet Dhuafa have some strategies of fundraising. First, retail fundraising includes counter, Gerakan Donasi, Jemput Zakat and direct mail. Second is partnership with companies, another institutions and public
Bahasa Abstract
Penelitian ini membahas strategi-strategi penggalangan dana yang dilakukan oleh Yayasan Dompet Dhuafa serta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Dompet Dhuafa memiliki strategi penggalangan dana berupa pertama, penggalangan dana retail termasuk diantaranya adalah counter, Gerakan Donasi, Jemput Zakat dan direct mail. Kedua, penggalangan dana dengan kemitraan yaitu menjalin kerjasama dengan perusahaan, lembaga lain serta tokoh masyarakat dan artis. Ketiga, kampanye dengan berbagai macam media komunikasi baik cetak maupun elektronik. Keempat, layanan personal. Penggalangan dana yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa didukung oleh kredibilitas organisasi, sumberdaya manusia yang loyal dan berjiwa kedermawanan sosial, kualitas program, komunikasi yang baik dnegan donatur dan media kampanye yang menarik. Sedangkan hambatannya adalah kesulitan menemukan gagasasan tema, terbatasnya biaya sosialisasi, kurangnya kemauan masyarakat untuk berdonasi, kesulitan mencari karyawan yang berdedikasi tinggi dan kebijakan pemerintah.
Recommended Citation
Fauzia, Herlin Rahma
(2014)
"Strategi Strategi Penggalangan Dana Pada Organisasi Kemanusiaan Berbasis Agama : Studi Deskriptif Penggalangan Dana Di Dompet Dhuafa,"
Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial: Vol. 14:
No.
1, Article 3.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/jiks/vol14/iss1/3