Abstract
People nowadays with different characteristics are very selective when choosing medical services. Hospitals as service providers are expected to have a good brand image which is the patient's perception of a brand. It is built by trust in care and knowledge about the hospital. The hospital's brand image makes patients recognize and differentiate them from others. Patient selection of health care facilities is a complex process. The brand image expected to had a direct effect on hospital selection. This article explains the influence of hospital brand image on patients' decisions to choose a hospital. The method used is a literature review study and sources from online academic media such as Mendeley. Studies related to the field of health services and searched for using valid keywords. We found 48 articles, and after evaluation, eight selected articles were included in this study. From various studies, we found that brand image positively impacts patients' decisions in choosing a hospital. A hospital's brand image will influence patient perceptions of service quality. The social aspect and marketing communication strategy have proven to be excellent induction processes for establishing a brand image in the minds of consumers.
Bahasa Abstract
Masyarakat dengan karakteristik yang berbeda-beda saat ini sangat selektif dalam memilih pelayanan kesehatan. Rumah Sakit sebagai penyedia layanan diharapkan memiliki citra merek yang baik yang merupakan persepsi pasien terhadap suatu merek. Hal ini dibangun oleh kepercayaan terhadap perawatan dan pengetahuan tentang rumah sakit. Citra merek rumah sakit membuat pasien mengenali dan membedakannya dengan rumah sakit lain. Pemilihan pasien terhadap fasilitas pelayanan kesehatan merupakan proses yang kompleks. Citra merek diharapkan mempunyai pengaruh langsung terhadap pemilihan rumah sakit. Artikel ini menjelaskan pengaruh citra merek rumah sakit terhadap keputusan pasien memilih rumah sakit. Metode yang digunakan adalah studi tinjauan literatur dan sumber dari media akademik online seperti Mendeley. Kajian yang berhubungan dengan bidang pelayanan kesehatan dan dicari dengan menggunakan kata kunci yang valid. Kami menemukan 48 artikel dan kemudian setelah evaluasi, total delapan artikel terpilih dimasukkan dalam penelitian ini. Dari berbagai penelitian, kami menemukan bahwa citra merek mempunyai dampak positif terhadap keputusan pasien dalam memilih rumah sakit. Citra merek suatu rumah sakit akan mempengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Aspek sosial dan strategi komunikasi pemasaran terbukti menjadi proses induksi yang sangat baik untuk membentuk citra merek di benak konsumen.
Recommended Citation
Maulana, Akhada and Ayuningtyas, Dumilah
(2023)
"THE INFLUENCE OF HOSPITAL BRAND IMAGE ON PATIENT'S DECISION TO CHOOSE HOSPITAL: LITERATURE REVIEW,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 9:
No.
3, Article 2.
DOI: 10.7454/arsi.v9i3.7284
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol9/iss3/2