Abstract
Hospitals as health services must make strategies in developing marketing activities so that they get a good response from the community. Oral and Dental Hospital (RSGM) is a health service that provides dental and oral health services in the form of prevention, treatment and recovery as well as providing emergency, outpatient, and inpatient services. The growing number of RSGM has forced health service management to plan the right marketing strategy to increase and maintain interest in patient visits. In addition, RSGM must also pay attention to service quality and cost efficiency. The benefits of lean in marketing can improve service quality and productivity by determining useful value and eliminating waste so that it can maximize its potential and marketing can be in accordance with the target market. This study was conducted descriptively, and the search results will be associated with Lean in the discussion as a method to help identify the right marketing strategy based on available resources. The benefits of lean in marketing strategy are that it can help identify the right marketing mix using several types of tools, for example fishbone diagrams, and reduce unnecessary waste in RSGM marketing efforts Dental and oral hospital, Marketing strategy, Lean
Bahasa Abstract
Rumah sakit sebagai pelayanan kesehatan harus membuat strategi dalam mengembangkan kegiatan pemasaran supaya mendapat respon yang baik oleh masyarakat. Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) merupakan pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan gigi dan mulut berupa pencegahan, pengobatan, dan pemulihan serta menyelenggarakan pelayanan gawat darurat, rawat jalan, dan rawat inap. Berkembangnya jumlah RSGM membuat manajemen pelayanan kesehatan harus membuat perencanaan strategi pemasaran yang tepat supaya dapat meningkatkan dan mempertahankan minat kunjungan pasien. Selain itu, RSGM juga harus memperhatikan kualitas pelayanan dan efisiensi biaya. Manfaat lean dalam pemasaran dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan produktivitas dengan menentukan nilai yang bermanfaat serta menghilangkan pemborosan sehingga dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki dan pemasaran dapat sesuai dengan target pasar. Studi ini dilakukan secara deskriptif dan hasil pencarian akan dikaitkan dengan Lean di pembahasan sebagai metode untuk membantu mengidentifikasi strategi pemasaran yang tepat berdasarkan sumber daya yang dimiliki. Manfaat lean dalam strategi pemasaran yaitu dapat membantu mengidentifikasi bauran pemasaran yang tepat menggunakan beberapa jenis tools, contohnya adalah fishbone diagram, dan mengurangi waste yang tidak diperlukan dalam upaya pemasaran RSGM.
Recommended Citation
Prastiwi, Arini Cyndwiana and Ayuningtyas, Dumilah
(2023)
"IMPLEMENTASI LEAN DALAM STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT: TINJAUAN LITERATUR,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 9:
No.
2, Article 2.
DOI: 10.7454/arsi.v9i2.6576
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol9/iss2/2