Abstract
Digital transformation in healthcare is implemented through a technology-based approach to improve patient-centered care. In relation to marketing strategic planning, digital transformation is included within the marketing mix of product, promotion, and place. Assessment of healthcare technology development can be based on seven major areas, which are 1) Integrated management of information technology in health; 2) Medical images; 3) Electronic Medical Record; 4) Information technology and portable devices in health; 5) Access to e-Health; 6) Telemedicine; and 7) Privacy of medical data. Digital transformation in Siloam Hospitals Palangka Raya has shown to improve cost efficiency and work process flow, although its adoption rate is not satisfactory enough. This is related to the understanding of society regarding technology. However, digital transformation can be used as part of marketing strategy to increase hospital visits.
Bahasa Abstract
Transformasi digital dalam bidang pelayanan kesehatan diterapkan melalui pendekatan berbasis teknologi demi meningkatkan pelayanan kesehatan yang terpusat pada pasien. Dalam kaitannya dengan rencana strategis pemasaran, maka transformasi digital tercakup di dalam bauran pemasaran produk, promosi, dan tempat/distribusi. Penilaian pengembangan teknologi pelayanan kesehatan bisa didasarkan pada tujuh area besar, yaitu 1) Manajemen teknologi informasi kesehatan terintegrasi; 2) Citra medis (medical images); 3) Rekam medis elektronik; 4) Teknologi informasi dan gawai yang bersifat portable; 5) Akses terhadap e-Health; 6) Telemedicine; serta 7) Kerahasiaan data medis. Transformasi digital di Rumah Sakit Siloam Palangka Raya menunjukkan dampak perbaikan dalam hal efisiensi biaya dan alur proses, namun belum mampu menunjukkan cakupan adopsi pemanfaatan yang memuaskan berkaitan dengan latar belakang pemahaman masyarakat akan teknologi. Meskipun demikian, transformasi digital dapat dijadikan sebagai bagian dari strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah kunjungan pasien ke rumah sakit.
Recommended Citation
Budiyatno, Kevin Chrisanta
(2022)
"TRANSFORMASI DIGITAL SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI PEMASARAN DI RUMAH SAKIT SILOAM PALANGKA RAYA TAHUN 2020,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 8:
No.
2, Article 4.
DOI: 10.7454/arsi.v8i2.5547
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol8/iss2/4