Abstract
The food industry (culinary business) is an industry that is always in demand by the public. During the current COVID-19 pandemic, public awareness of adopting a healthy lifestyle is increasing. Choosing a healthier diet is one way. Izza Hospital is one of the private hospitals in the Cikampek area, which has its Nutrition Installation Unit. As a hospital where most patients are BPJS, there has never been any development of new service products related to patient nutrition. The research conducted is descriptive. The primary data is collected by distributing questionnaires to 100 patients receiving treatment at outpatient care. The results of the customer segment analysis at Izza Hospital come from Karawang Regency (89%), travel time is less than <30 minutes (63%), and use private vehicles (89%). In terms of demographic factors, most of them are > 50 (39%), with female sex (64%), working as housewives (51%). Target customers are potential patients aged 20-39 years domiciled around hospitals with middle to lower economic class and female gender. The catering menu offered is balanced nutrition menu packages, healthy diet menu packages, and special diet menu packages.
Bahasa Abstract
Industri makanan (bisnis kuliner) merupakan industri yang selalu diminati oleh masyarakat. Ditengah kondisi pandemic COVID-19 seperti saat ini, kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat semakin tinggi. Memilih menu makanan yang lebih sehat merupakan salah satu caranya. Rumah sakit Izza sebagai salah satu rumah sakit swasta di daerah Cikampek yang memiliki Unit Instalasi Gizi yang dikelola sendiri. Sebagai rumah sakit yang mayoritas pasiennya adalah BPJS sampai saat ini tidak pernah dilakukan pengembangan produk layanan baru yang berhubungan dengan Gizi pasien. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dengan membagikan kuesioner kepada pasien yang sedang berobat ke Rawat Jalan sebanyak 100 orang sampel. Hasil analisis segmen pelanggan RS Izza berasal dari Kabupaten Karawang (89%), Lama Perjalanan Kurang dari <30 Menit (63%), dan menggunakan kendaraan pribadi (89%).Pada faktor demografi sebagian besar usia > 50 (39%), dengan kelamin Perempuan (64%), pekerjaan sebagai Ibu Rumah Tangga (51%). Target pelanggan yang dianggap potensial adalah pasien dengan usia 20-39 tahun berdomisili sekitar rumah sakit dengan kelas ekonomi menengah kebawah dan Berjenis kelamin perempuan dengan menu katerting yang ditawarkan adalah Paket menu gizi seimbang, Paket menu diet sehat dan Paket menu diet khusus.
Recommended Citation
Agustian, Helmi
(2022)
"ANALISIS PRODUK KATERING SEHAT DI RUMAH SAKIT IZZA MENGGUNAKAN ST (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DAN 4P (PRODUCT, PRICE, PLACE, PROMOTION),"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 8:
No.
2, Article 2.
DOI: 10.7454/arsi.v8i2.4715
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol8/iss2/2