Abstract
Efforts to satisfy consumer needs are carried out by every company with various strategies and methods with the hope that consumers will be satisfied and will make repeat purchases. If a consumer has turned into a loyal customer because his satisfaction is fulfilled, then the consumer will not switch to other similar company products or services. In the context of a hospital as well, people will selectively choose a hospital that they consider satisfied with hospital services and the impact on loyalty obtained from increased patient visits. This article aims to determine the effect of the marketing mix on patient satisfaction obtained from the level of hospital patient visits. This study uses a literature review method through the Google Schoolar database source. Search literature from the Google Scholar database source using the keywords "marketing mix" AND "Patient Visits" AND "Hospitals". Initial identification found 14 articles on Google Scholar. Then we did a screening related to relevance, after being screened according to the inclusion criteria, only 9. Then after going through the full article screening process and the eligibility of the 6 articles there were 6 articles that matched. From the six articles reviewed, four articles (83%) stated that the marketing mix had a significant effect on patient satisfaction obtained from patient visits to the hospital.
Bahasa Abstract
Upaya-upaya untuk memuaskan kebutuhan konsumen dilakukan oleh setiap perusahaan dengan berbagai strategi dan cara dengan harapan konsumen merasa puas dan akan melakukan pembelian ulang. Apabila seorang konsumen telah berubah menjadi pelanggan yang loyal karena kepuasannya terpenuhi, maka konsumen tersebut tidak akan beralih ke produk atau jasa perusahaan lain yang sejenis. Dalam konteks perumah sakitan pun juga demikian, orang akan selektif memilih rumah sakit yang mereka anggap puas dengan pelayanan rumah sakit dan berdampak pada loyalitas diperoleh dari kunjungan pasien meningkat. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasaan pasien yang didiperoleh dari tingkat kunjungan pasien pasien Rumah Sakit. Studi ini menggunakan metode literature review melalui sumber basis data Google Schoolar.Pencarian literatur dari sumber basis data Google Scholar menggunakan kata kunci “marketing mix” DAN “Kunjungan Pasien” DAN “Rumah Sakit”.Identifikasi awal ditemukan 14 artikel di Google Scholar. Kemudian kami melakukan skrining terkait relevansinya, setelah diskrining sesuai kriteria inklusi yang masuk hanya 9. Kemudian setelah melalui prosesskrining full artikelnya dan eliglibility dari 6 artikeltersebutterdapat 6 artikel yang sesuai. Dari enam artikel yang direview selanjutnya didapatkan empat artikel (83%) yang menyebutkan bahwa bauran pemasaran memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien yang yang diperoleh dari kunjungan pasien ke rumah sakit. Hanya satu artikel saja (17%) yang menyebutkan bahwa bauran pemasaran tidak berpengaruh signifikan yaitu pada RSUD. Adapun kesimpulan pada penelitian ini yaitu terdapat hubungan antara bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, process, physical evidence) terhadap kepuasan pasien yang diperoleh dari tingkat kunjungan pasien ke rumah sakit.
Recommended Citation
Safi’i, Akhmad and Sulistiadi, Wahyu
(2020)
"Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien yang diperoleh dari Tingkat Kunjungan Pasien ke Rumah Sakit: Literature Review,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 7:
No.
1, Article 1.
DOI: 10.7454/arsi.v7i1.3675
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol7/iss1/1