Abstract
Marketing mix, medical tourism, 7P marketing
Bahasa Abstract
Pertumbuhan pariwisata medis secara global dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 17,9% pada tahun 2013-2019 mendorong negara-negara untuk mengembangkan layanan pariwisata medis di rumah sakit mereka. Salah satu konsep pemasaran yang efektif adalah bauran pemasaran. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dalam pariwisata medis. Artikel ini menggunakan tinjauan sistematis, dengan mengumpulkan artikel menggunakan Protokol PRISMA melalui ProQuest dan Google Scholar, dengan kriteria pembatasan artikel adalah jurnal ilmiah teks penuh dalam sepuluh tahun terakhir yang menggunakan studi kuantitatif dan berbahasa Inggris. Kata kunci yang digunakan untuk mencari artikel adalah bauran pemasaran, pemasaran 7P, 7P, pemasaran 7P, bauran pemasaran, pariwisata medis, dan pariwisata kesehatan. Ada 5 artikel teks penuh yang dihasilkan dari proses pencarian dan penyaringan. Setelah itu, variabel-variabel yang signifikan pada pariwisata medis dianalisis. Lima artikel yang ditinjau diadakan di Thailand, Shiraz, dan Iran. Semua variabel 7P digunakan dalam 4 artikel, meskipun ada satu artikel yang menggunakan istilah berbeda seperti layanan, lokasi, fasilitas, akomodasi, aktivitas, nilai waktu, penyedia layanan, hubungan masyarakat dan iklan, keselamatan, dan manajemen. Semua artikel menunjukkan bahwa bauran pemasaran mempengaruhi pariwisata medis. Bauran pemasaran 7P dapat mempengaruhi pariwisata medis. Empat artikel menemukan bahwa Orang adalah faktor yang memberikan pengaruh paling besar dari semua elemen bauran pemasaran. Tiga artikel menemukan bahwa bukti fisik adalah faktor yang memberikan pengaruh paling rendah dari semua elemen bauran pemasaran. Studi ini menyarankan untuk membangun strategi pemasaran dengan pendekatan bauran pemasaran, terutama untuk elemen orang.
Recommended Citation
Rahmawati, Heppi Kartika
(2020)
"The Influence of Marketing Mix in Medical Tourism,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 6:
No.
3, Article 7.
DOI: 10.7454/arsi.v6i3.3672
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol6/iss3/7