Abstract
The increasing number of hospitals in Indonesia, as well as the increasing public demand for quality and affordable health facilities, has made competition in the hospital service industry so tight. In order to compete more effectively, hospitals need to implement marketing strategies. This research is a research in the field of hospital marketing management, especially regarding the analysis of segments, targets, market position and product differentiation of services at the general inpatient unit of RSHK Mataram. This study aims to find out empirical evidence about the effect of Segmentation, Targeting, and Positioning Strategies on the marketing strategy of MRI radiology modalities. RSHK is a hospital that has the most complete radiology technology in Lombok and one of them is MRI. however, the system and investment activities carried out have not run optimally in RSHK. This study is based on a condition where each patient requires an MRI examination for certain indications to establish a diagnosis.
Bahasa Abstract
Semakin banyaknya rumah sakit di Indonesia, serta semakin tingginya tuntutan masyarakat akan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan terjangkau, membuat persaingan industri layanan jasa rumah sakit menjadi sedemikian ketat. Agar dapat bersaing secara lebih efektif, rumah sakit perlu menerapkan strategi pemasaran. Penelitian ini merupakan suatu penelitian di bidang manajemen pemasaran rumah sakit, khususnya mengenai analisis segmen, target, posisi pasar dan diferensiasi produk layanan pada unit rawat inap umum RSHK Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris tentang pengaruh Strategi Segmentasi, Penargetan, dan Positioning Terhadap strategi pemasaran modalitas radiologi mri. RSHK merupakan rumah sakit memiliki teknologi radiologi paling lengkap di Lombok dan yang diunggulkan salah satunya MRI. namun dari sistem serta kegiatan investasi yang dilakukan belum berjalan secara maksimal di RSHK. Penelitian ini didasarkan pada kondisi dimana setiap pasien yang membutuhkan pemeriksaan penunjang MRI pada indikasi tertentu untuk menegakan diagnosa.
Recommended Citation
Wirawan, Handi
(2020)
"Strategi Pemasaran Modalitas Radiologi MRI dengan Metode Analisis Segmentasi,Target, dan Posisi di RS Harapan Keluarga Mataram,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 6:
No.
2, Article 7.
DOI: 10.7454/arsi.v6i2.3547
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol6/iss2/7