Penerapan Lean Manajemen pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit Hermina Depok Tahun 2017
Abstract
The length of waiting time in the hospital outpatient service is important for efficient hospital service. Long waiting time leads to accumulating queue and inefficient service. This study was aimed to analyze the application of lean method on outpatient BPJS services at Hermina Depok Hospital in 2017. This qualitative research method investigated the time spent by BPJS outpatient patient by applying lean method and observing the outpatient service flow condition. The results showed that 90% service time was a non-value added activities and only 10% of value-added activities. After conducting future state analysis with the proposed improvement with simulative lean method (5S, Kanban Inventory, visual management), it was found that non value added activity became 78,30% and value added activity became 21,70%.
Bahasa Abstract
Lamanya waktu tunggu dalam proses pelayanan rawat jalan akan menghambat pelayanan, yang berdampak pada antrean yang menumpuk dan mengakibatkan pelayanan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode lean pada pelayanan rawat jalan pasien BPJS di rumah sakit Hermina Depok tahun 2017. Penelitian dengan metode kualitatif ini mengobservasi waktu yang digunakan oleh pasien rawat jalan BPJS selama berada di rumah sakit Hermina Depok dengan menggunakan penerapan metode lean untuk melihat dan memotret kondisi alur pelayanan pasien rawat jalan BPJS. Hasil penelitian menunjukkan 90 % waktu pelayanan merupakan kegiatan non value added dan hanya 10 % kegiatan yang value added. Setelah melakukan analisis future state dengan usulan perbaikan dengan metode lean secara simulatif yaitu 5S, Kanban Inventory, visual management menghasilkan kegiatan non value added menjadi 78,30 % dan kegiatan value added menjadi 21,70 %.
Recommended Citation
Noviani, Elisabeth Dyah
(2017)
"Penerapan Lean Manajemen pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit Hermina Depok Tahun 2017,"
Jurnal ARSI : Administrasi Rumah Sakit Indonesia: Vol. 3:
No.
3, Article 6.
DOI: 10.7454/arsi.v3i3.2226
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/arsi/vol3/iss3/6