•  
  •  
 

Abstract

The funding for patient care of participants of the Social Security Administering Body (BPJS) Health in hospitals is carried out through a claim mechanism. This study aims to design a strategy to optimize the claims for patient care costs for BPJS participants at Hospital "X" in Blitar. The study is conducted with a descriptive qualitative approach, and data collection is done through interviews and Focus Group Discussions (FGD). The informants consist of a doctor and four coders in the casemix unit. The study begins with an analysis of the claim service system situation, focusing on strengths, weaknesses, opportunities, and threats (SWOT). From the collected SWOT, an assessment of alternative strategies is carried out to avoid issues in the claims process, based on the interaction between internal and external elements. The study found that the informants prioritized strategies derived from the strengths and opportunities (SO), including enhancing the integration of the hospital's information system with BPJS, effectively implementing BPJS guidelines in the coding and claim process, and leveraging BPJS responsiveness to expedite claim resolution to improve the speed of the claims process.

References

EP Antonius Artanto, 2018, ‘Faktor-faktor penyebab klaim tertunda BPJS kesehatan RSUD dr. kanujoso djatiwibowo periode Januari–Maret 2016’, Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 4(2).

Heltiani, N., Asroni, N. & Suryani, T.E., 2023, ‘Analisis Ketepatan Kode Diagnosa Obstetri Terhadap Kelancaran Klaim Bpjs Rs. X Kota Bengkulu’, Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 9(1), 1–11.

Herman, L.N., Farlinda, S., Ardianto, E.T. & Abdurachman, A.S., 2020, ‘Tinjauan keterlambatan klaim berkas BPJS rawat inap di RSUP dr. Hasan Sadikin’, J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 1(4), 575–581.

I Dewa Ayu, R.J. & Lutfan Lazuardi, 2023, ‘Evaluasi Implementasi Dan Tingkat Digital Maturity Rekam Medis Elektronik Di Rsud Kota Mataram’, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan (The Indonesian Journal of Health Service Management), 26(3).

Junaedi, F.A., Suryani, D.L. & Fadly, F., 2024, ‘Perancangan Rekam Medis Elektronik Berbasis Web Dengan Platform Indonesia Health Service (Ihc) Di Puskesmas Tarogong Garut’, Jurnal Kesehatan Bakti Tunas Husada: Jurnal Ilmu-ilmu Keperawatan, Analis Kesehatan dan Farmasi, 24(1).

Kementrian Kesehatan RI, 2016, Permenkes No. 76 Tahun 2016 tentang Pedoman INA-CBG dalam Pelaksanaan JKN.

Lewiani Nia, Lisnawaty & Akifah, 2017, ‘Proses Pengelolaan Klaim Pasien Bpjs Unit Rawat Inap Rumah Sakit Dr. R. Ismoyo Kota Kendari Tahun 2016 ’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat , 2.

Maulida, E Safa dan Djunawan, Achmad. 2022. Analisis Penyebab Pending Claim Berkas BPJS Kesehatan Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Universitas Airlangga. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. DOI : 10.14710/mkmi.21.6.374-379

Menteri Kesehatan RI, 2014, Peraturan Menteri Kesehatan no 27 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Sistem Indonesian Case Base Groups (INA–CBGs).

Menteri Kesehatan RI, 2020, Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor: HK.01.07/MENKES/312/2020 Tentang Standar Profesi Perekam Medis dan Informasi Kesehatan .

Menteri Kesehatan RI, 2022, Permenkes RI No. 18 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Satu Data Bidang Kesehatan Melalui Sistem Informasi Kesehatan.

Mubarak, Z.Y., Destyanto, F., Mustofa, M.I., Arif, A.M., Noor, E. & Nugroho, K.T., 2016, ‘Perancangan Sistem Informasi Layanan Kesehatan Masyarakat Desa Jangrana Kabupaten Cilacap’, Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 17(4), 50–55.

Pratama, A., Fauzi, H., Nur Indira, Z. & Purnama Adi, P., 2023, ‘Analisis Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap Akibat Koding Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soedirman Kebumen’, Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda (JIPIKI), 8(1), 124–134.

Rahayu, N. & Sari, I., 2023, ‘Pengaruh Kelengkapan Pengisian Resume Medis Pasien Terhadap Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung’, Health Information: Jurnal Penelitian, e1105–e1105.

Ramayani, N., Rosyidah, R. & Hidayat, M.S., 2024, Implementasi Clinical Pathway Terhadap Mutu, Biaya dan Varians Pelayanan: Suatu Studi Literatur, Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, vol. 9, 32–40.

Republik Indonesia, 2022, Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2022, Jakarta.

Rosita, N.P.I., Wijaya, I.W.S. & Mutiarahati, N.L.A.C., 2023, ‘Strategi Manajemen Rumah Sakit Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pasien’, Jurnal Abdi Mahosada, 1(2), 28–35.

Santiasih, W.A., Simanjorang, A. & Satria, B., 2022, ‘Analisis penyebab pending klaim BPJS Kesehatan rawat inap di RSUD Dr. RM Djoelham Binjai’, Journal of Healthcare Technology and Medicine, 7(2), 1381–1394.

Triatmaja, A.B., Wijayanti, R.A. & Nuraini, N., 2022, ‘Tinjauan Penyebab Klaim Pending Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSU Haji Surabaya’, J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 3(2), 131–138.

Wijayati, H., 2019, Panduan Analisis SWOT Untuk Kesuksesan Bisnis , Anak Hebat Indonesia.

Yastori, Y., Khumaira, N.F. & Amazan, H.M., 2023, ‘Optimalisasi Kemampuan Koder Dalam Implementasi Rekam Medis Elektronik Di Rsi. Ibnu Sina’yarsi’bukittinggi’, Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 676–682.

Bahasa Abstract

Pembiayaan perawatan bagi pasien peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di rumah sakit oleh BPJS Kesehatan dilakukan melalui mekanisme klaim. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi sehingga dapat mengoptimalisasi klaim biaya perawatan pasien peserta BPJS di rumah sakit "X" di Blitar. Penelitian ini dibangun dengan pendekatan kualitatif deksriptif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Informan terdiri dari seorang dokter dan empat coder di unit casemix. Studi ini diawali dengan melakukan analisis situasi sistem klaim pelayanan antara lain pada aspek kelebihan (strength), kekurangan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threat) atau SWOT. Dari SWOT yang telah dikumpulkan, dilakukan pengkajian strategi alternatif dalam menghindari masalah-masalah dalam kegiatan klaim didasarkan pada hubungan atau interaksi antara unsur-unsur internal terhadap unsur-unsur eksternal. Studi ini menemukan bahwa strategi yang diprioritaskan informan adalah strategi yang berasal dari SO (strength, opportunity), meliputi peningkatan integrasi sistem informasi rumah sakit dengan BPJS, penerapan juknis BPJS secara efektif dalam proses pengkodean dan klaim, serta memanfaatkan responsivitas BPJS untuk mempercepat penyelesaian klaim untuk meningkatkan kecepatan proses klaim.

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.