•  
  •  
 

Abstract

Hospitals as health service institutions are essential for society. However, in Indonesia, hospitals are not always available in areas far from regional or city government centers. Floating hospitals are an alternative that plays a significant role in island countries such as Indonesia. Even though the number of floating hospitals is very limited, marketing strategies through a marketing mix are still needed for their development, whether assessed from a business or non-business perspective. This study used a descriptive-analytical approach by collecting data from observations and collecting literature as the discussion material. As a result of simple observations and analysis, this study found that the Nusa Waluya 2 Floating Hospital had implemented marketing mix principles by various existing theories. However, the Nusa Waluya 2 Floating Hospital still needs to redesign and plan a more mature marketing strategy. The strategy focuses explicitly on its healthcare product mix. By applying the principles of a better marketing mix, it is hoped that the vision and mission of Nusa Waluya 2 Floating Hospital can be realized.

References

Eavani, F. and Nazari, K. (2012) ‘Marketing mix: a critical review of the concept’, Elixir International Journal, 49.

Fatmasari, E.Y. (2013) Analisis Pengaruh Promotional Mix (Bauran Komunikasi Pemasaran) terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Obstetri dan Ginekologi Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ibu dan Anak Kurnia Cilegon Tahun 2013. Universitas Diponegoro.

Hariyanti, E. and Rosyidah (2010) ‘ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PELAYANAN SKIN MEDICAL CENTER DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA’, 4(2), pp. 76–143.

Kafa, R. (2013) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pasien Dalam Memilih Jasa Rumah Sakit (Studi Pada Pasien Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kotagede)’, EKBISI, VIII(1).

Kementerian Kesehatan. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 30 tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

Kementerian Kesehatan RI. (2023). Sosialisasi PMK 33 Tahun 2023 Tentang RS Kapal. Diterbitkan pada Rabu, 01 November 2023. Dapat diakses melalui: https://yankes.kemkes.go.id/read/1453/sosialisasi-pmk-33-tahun-2023-tentang-rs-kapal

Kotler, P. and Armstrong, G. (2018) Principles of Marketing. 17th edn. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kusumo, M.P. and Susanto (2016) ‘Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul’, Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 12(1).

Lupiyoadi, R. (2014) Manajemen pemasaran jasa: Berbasis kompetensi. Salemba Empat.

Manap, A. (2016) Revolusi Manajemen Pemasaran. Indonesia: Mitra Wacana Media.

Perry, A. and Hammond, N. (2002) ‘Systematic Reviews: The Experiences of a PhD Student’, Psychology Learning & Teaching, 2(1), pp. 32–35. Available at: https://doi.org/10.2304/plat.2002.2.1.32.

Prabowo, Bachtiar. (2018). Model Mitra Government dan Private Partnership dalam Meningkatkan Service Quality pada Rumah Sakit di Jawa Timur. Jurnal Program Studi Ekonomi Pembangunan (Develop) Vol. 02 No.02 (2018). https://doi.org/10.25139/dev.v2i2.1344

Putri, P.S., Fajar, N.A. and Misnaniarti (2011) ‘Penerapan Marketing Mix melalui Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Poliklinik Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit AR Bunda Prabumulih’, Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 2(1).

Rifai, M.I. and Susanto (2016) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit’, Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 10(1).

Sabarguna, B.S. (2005) Analisis Pemasaran Rumah Sakit. Yogyakarta: Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY.

Saragih, M., Pardede, J.A. and Sijabat, F. (2017) ‘FAKTOR-FAKTOR BAURAN PEMASARAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN’, Nursing Journal, VIII(2). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.52199/inj.v8i2.8829.

Sawitri, D., Martaleni, M. and Febry KD., A.B. (2016) ‘Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Variabel Intervening Kepuasan pada Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat’, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 4(1), pp. 67–86. Available at: https://doi.org/10.31843/jmbi.v4i1.103.

Sudarto, T. (2011) ‘ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT KELAS VIP (Studi Kasus Pasien di Kota Jember)’, Balance, 08(1). Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30651/blc.v8i01.679.

Sya’idah, E.H. and Jauhari, T. (2018) ‘PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN’, Ekonika, 3(1).

Ulfah, M., Rachmi, A.T. and Yuniarinto, A. (2013) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Rawat Jalan di Rumah Sakit Bina Sehat Jember’, Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(3).

Bahasa Abstract

Rumah sakit sebagai suatu institusi pelayanan jasa kesehatan sangat penting keberadaannya bagi masyarakat. Namun, di Indonesia, rumah sakit tidak selalu tersedia pada wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan daerah atau kota. Keberadaan rumah sakit apung merupakan alternatif yang berperan signifikan di negara kepulauan seperti negara ini. Meskipun jumlah rumah sakit apung sangat terbatas akan tetapi strategi pemasaran melalui bauran pemasaran tetap diperlukan untuk perkembangannya, baik dinilai dari sisi bisnis ataupun nonbisnis. Studi ini dibangun dengan pendekatan analitik deskriptif dengan cara pengumpulan data berupa observasi serta pengumpulan literatur sebagai bahan diskusi. Hasil observasi dan analisis sederhana, studi ini mendapati RS Apung Nusa Waluya 2 telah melaksanakan prinsip bauran pemasaran sesuai dengan berbagai teori yang ada. Hanya saja, RS Apung Nusa Waluya 2 masih perlu melakukan desain ulang serta perencanaan strategi pemasaran yang lebih matang. Strategi tersebut secara khusus menitikberatkan pada bauran produk layanan kesehatannya. Dengan menerapkan prinsip bauran pemasaran yang lebih baik diharapkan visi dan misi RS Apung Nusa Waluya 2 dapat terwujud.

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.