Abstract
Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong uses the Asmaul Husna calligraphy design that decorates every outer wall of the mosque using Arabic calligraphy. This study aims to analyze the characteristics of the calligraphy used and the aesthetics and symbolic meanings contained in the calligraphy at the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong. This study uses a descriptive qualitative approach from data through printed and digital books, journals, newspapers, video documentation of the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong on certain platforms, as well as interviews with mosque administrators directly or indirectly as sources to maximize the results of research observations. The results of the study show that the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong has a unique design concept, namely the use of calligraphy with the words Asmaul Husna on every outer wall of the mosque. The Asmaul Husna calligraphy used at the Asmaul Husna Mosque in Gading Serpong is a Kufi Musattar calligraphy with stiff and angular characteristics. This design shows how elements of Islamic calligraphy art are integrated into the architecture of the mosque as a form of symbolism, Islamic identity of the place of worship, and cultural arts.
References
Cholilawati. (2021). Teori Warna - Penerapan Dalam Fashion. Bandung: Pantera Publishing.
Habash, H. Q. (2016). الخط العربي الكوفي. Beirut, Lebanon: Daar Al-Qalam.
Ismail, A. (2019). Semua Bisa Menulis Kaligrafi. Semarang.
Musri, M. (2023). Teks Klasik Dan Kaligrafi Islam. Indramayu: Penerbit Adab.
Sirojuddin, D. (2016). Seni Kaligrafi Islam. Jakarta: Amzah.
Sukanto. (2024). Ayat-Ayat Penyeru Allah SWT. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Tim Dekanat FIB UI. (2023). Buku Pedoman Program Sarjana Fakultas Ilmu Pengatahuan Budaya Universitas Indonesia Tahun Akademik 2023/2024. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.
Yulika, F. (2016). Jejak Seni Dalam Sejarah Islam. Padang Panjang: Institut Seni Indonesia Padangpanjang.
JURNAL
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 36.
Hanifa, S. (2019). Penerapan Konsep Islam Pada Perancangan Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong. Universitas Mercu Buana Jakarta.
Ima Siti Latifah, ,. C. (2021). Penerapan Ornamen Motif Kaligrafi Khuffi Pada Masjid Jami Al-Irsyad. DIVAGATRA:: Jurnal Mahasiswa Fakultas Desain Universitas Komputer Indonesia, 1-9.
Khotimah, M. H. (2023). Sejarah Seni Kaligrafi Dalam Islam Dan Perkembangannya di Indonesia. Hai'ah Nusratul Islam: Jurnal Ekonomi, Syariah dan Studi Islam, 6.
Nurbayani, N. (2022). Analisis Kerajinan Sulaman Dalam Estetika Monroe Beardsley. Hastagina: Jurnal Kriya Dan Industri Kreatif, 8.
Somad, A. (2006). Sejarah Perkembangan Seni Kaligrafi Islam di Indonesia: Studi Kasus Kaligrafi Dekorasi di Dinding Masjid Agung Al-Azhar Kebayoran Baru Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suryandari, P. (2023). Islamic And Western Hybrid Symbols In Contemporary Mosque Architecture In Indonesia's Reform Era. Journal Of Islamic Architecture, 693.
Ziad Baydoun, T. N. (2024). Placement Principles of Islamic Calligraphy in Architecture. Buildings, 2-3.
Zuhdiyah, N. A. (2023). Cabang-Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khattil Qur'an Dan Jenis Khat Yang Digunakan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 6.
INTERNET
25 Contoh Kaligrafi Diwani Terbaik. (2015, November 25). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/11/25-contoh-kaligrafi-diwani-terbaik.html
25 Contoh Kaligrafi Farisi Nastaliq. (2015, Desember 25). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/12/25-contoh-kaligrafi-farisi-nastaliq.html
25 Contoh Kaligrafi Kufi. (2015, Oktober 25). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/10/25-contoh-kaligrafi-kufi.html
25 Contoh Kaligrafi Naskhi Terbaik. (2015, November 25). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/11/25-contoh-kaligrafi-naskhi-terbaik.html
25 Contoh Kaligrafi Tsuluts Terbaik. (2015, November 25). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/11/25-contoh-kaligrafi-tsuluts-terbaik.html
Mengenal Kaligrafi Ruq'ah Atau Riq'ah. (2015, Mei). Retrieved from https://kaligrafi--islam.blogspot.com/2015/05/kaligrafi-riqah.html
Tria Sutrisna, N. S. (2021, April 23). Pesona Masjid Asmaul Husna, Rumah Ibadah Berselimut Kaligrafi Kufi di Tangerang. Retrieved from https://megapolitan.kompas.com/read/2021/04/23/04000001/pesona-masjid-asmaul-husna-rumah-ibadah-berselimut-kaligrafi-kufi-di?page=all
INTERVIEW
Hasby, R. (2024, November 20). Masjid Asmaul Husna Gading Serpong. (A. S. Aprilyza, Interviewer)
Bahasa Abstract
Masjid Asmaul Husna di Gading Serpong menggunakan desain kaligrafi Asmaul Husna yang menghiasi setiap dinding luar masjid menggunakan tulisan kaligrafi Arab. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana karakteristik kaligrafi yang digunakan dan bagaimana estetika serta makna simbolis yang terdapat pada kaligrafi di Masjid Asmaul Husna Gading Serpong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dari data melalui buku cetak maupun digital, jurnal-jurnal, surat kabar, video dokumentasi Masjid Asmaul Husna Gading Serpong di platform tertentu, serta wawancara kepada pengurus masjid secara langsung atau tidak langsung sebagai narasumber untuk memaksimalkan hasil observasi penelitian. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Masjid Asmaul Husna Gading Serpong memiliki keunikan dalam konsep desainnya, yaitu penggunaan kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna pada setiap dinding luar masjid. Kaligrafi Asmaul Husna yang digunakan pada Masjid Asmaul Husna Gading Serpong merupakan kaligrafi khat Kufi Musattar dengan karakteristik kaku dan bersiku. Desain ini menunjukkan bagaimana elemen seni kaligrafi Islam diintegrasikan ke dalam arsitektur masjid sebagai bentuk simbolisme, identitas keislaman tempat ibadah, dan seni budaya.
Recommended Citation
Aprilyza, Aura Shifa and Rahman, Suranta Abdul
(2025)
"KARAKTERISTIK KALIGRAFI ARAB PADA MASJID ASMAUL HUSNA GADING SERPONG,"
Multikultura: Vol. 4:
No.
2, Article 2.
DOI: 10.7454/multikultura.v4i2.1155
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol4/iss2/2
Included in
Arabic Studies Commons, Other Languages, Societies, and Cultures Commons, Philosophy Commons, South and Southeast Asian Languages and Societies Commons