Abstract
Kosakata adalah pembawa makna utama dalam sebuah bahasa, sehingga pembelajaran kosakata sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Belanda. Bossers (2010) dalam bukunya memperkenalkan dua metode dalam pembelajaran kosakata, yaitu intentioneel leren (pembelajaran intensional) dan incidenteel leren (pembelajaran insidental). Ada tiga tahapan dari metode intentioneel leren, yaitu: semantiseren (semantisasi), consolideren (konsolidasi), dan controleren (pengecekan). Penelitian ini membahas bentuk latihan consolideren yang dilatih pada buku ajar Werkboek Contact! deel 1. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan apakah tahapan consolideren dilatih pada buku ajar Werkboek Contact! Deel 1. Penelitian diawali dengan mengumpulkan soal-soal latihan kosakata dari bab 1 sampai bab 12 pada werkboek, kemudian penulis mencari dan mengelompokkan soal-soal latihan yang termasuk ke dalam proses consolideren pada sebuah tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 254 soal latihan kosakata pada werkboek, 83,47% merupakan soal latihan consolideren, dengan bentuk latihan terbanyak yaitu invullen. Dengan demikian, dapat disimpulkan buku Werkboek Contact! Deel 1 memiliki proses consolideren dalam latihan soal kosakatanya.
References
BUKU
Becker, Angelika. (2005). The semantic knowledge base for the acquisition of negation and the acquisition of finiteness, in: Henriette Hendriks (Hg.): The Structure of Learner Varieties, Berlin: De Gruyter, S.
Bossers, B., Kuiken, F., & Vermeer, A. (2010). Handboek Nederlands als Tweede Taal in Het Volwassenenonderwijs. Bussum: Uitgevery Coutinho bv.
De Leeuw, Elisbeth., Roel, Petra., & Cornax, Annemarie. (2014). Contact! Nederlands voor anderstaligen Werkboek. Amsterdam: Intertaal.
Kushartanti, Untung Yuwono & Multamia RMT Lauder. (2009). Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Nation, P. (2001). Learning vocabulary in another language. Cambridge: Cambridge University Press.
Nulft, D. van den & Verhallen, M. (2009). Met woorden in de weer: Praktijkboek voor het basisonderwijs. Bussum: Coutinho.
Verhallen, M. (2001). Taalontwikkeling op school: handboek voor interactief taalonderwijs. Bussum: Coutinho.
JURNAL
Alemi, M. (2011). The Influence of Incidental and Intentional Vocabulary Acquisition and Vocabulary Strategy Use on Learning L2 Vocabularies. Journal of Language Teaching and Research, Vol. 2, No. 1, (p. 81-98). Iran: Sharif University of Technology. Dipublikasi Daring Januari 2011.
Basuki, I. A. (2019). Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca dalam Bahan Ajar BIPA Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan pembelajarannya, Vol. 3, No. 2, 2019. Dipublikasi Daring 31 Desember 2019.
Salehah, F. (2018). Analisis Soal Latihan Luistervaardigheid pada Buku Ajar Tekstboek dan Werkboek Contact! Deel 1. Depok: Universitas Indonesia.
Sasyita, S. R. (2022). Focus on Meaning dan Focus on Forms dalam Latihan Gramatika pada Tekstboek dan Werkboek Contact! Deel 2. Depok: Universitas Indonesia.
PUBLIKASI ELEKTRONIK
Digidact: “Woordenschat Theorie” Diakses pada 13 April 2022https://digidact.org/woorden_leren.html
Lesintaal: “Intentioneel Woordenschatonderwijs” Les in taal, kennisplatform taaldidactiek. Didactisch model woordenschatuitbreiding. Diakses pada 15 April 2022https://www.lesintaal.nl/platform_taaldidactiek/2_woordenschat/kennisbasis.htm
Bahasa Abstract
Kosakata adalah pembawa makna utama dalam sebuah bahasa, sehingga pembelajaran kosakata sangat penting dalam mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Belanda. Bossers (2010) dalam bukunya memperkenalkan dua metode dalam pembelajaran kosakata, yaitu intentioneel leren (pembelajaran intensional) dan incidenteel leren (pembelajaran insidental). Ada tiga tahapan dari metode intentioneel leren, yaitu: semantiseren (semantisasi), consolideren (konsolidasi), dan controleren (pengecekan). Penelitian ini membahas bentuk latihan consolideren yang dilatih pada buku ajar Werkboek Contact! deel 1. Tujuan dari penelitian ini yaitu menemukan apakah tahapan consolideren dilatih pada buku ajar Werkboek Contact! Deel 1. Penelitian diawali dengan mengumpulkan soal-soal latihan kosakata dari bab 1 sampai bab 12 pada werkboek, kemudian penulis mencari dan mengelompokkan soal-soal latihan yang termasuk ke dalam proses consolideren pada sebuah tabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 254 soal latihan kosakata pada werkboek, 83,47% merupakan soal latihan consolideren, dengan bentuk latihan terbanyak yaitu invullen. Dengan demikian, dapat disimpulkan buku Werkboek Contact! Deel 1 memiliki proses consolideren dalam latihan soal kosakatanya
Recommended Citation
Hutabarat, George William Douglas and Gustinelly, Eliza
(2025)
"PROSES CONSOLIDEREN DALAM LATIHAN KOSAKATA PADA BUKU AJAR WERKBOEK CONTACT! DEEL 1,"
Multikultura: Vol. 4:
No.
1, Article 4.
DOI: 10.7454/multikultura.v4i1.1126
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol4/iss1/4