Abstract
Pefilman Rusia mendapatkan tempat tersendiri karena pengaruhnya dalam dunia film dunia, selain Amerika, Inggris, Prancis, Tiongkok, dan India. Akan tetapi, film-film di Rusia tidak sebebas counterpart-nya di negara Barat yang dapat mengekspresikan visual maupun pesan instrinsik dan ekstrinsik secara bebas. Penyampaian kritik melalui film harus dilakukan dengan cara negosiasi yang halus melalui penggambaran adegan. Penelitian ini membahas film Kalashnikovkarya Konstantin Buslov yang menggunakan senjata AK-47 sebagai cara untuk mengungkapkan kritik, pujian, dan sanggahan terhadap pemerintahan Rusia secara halus agar dapat tayang di Rusia. Penelitian ini dilakukan dengan teori representasi milik Stuart Hall. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kritik terhadap pemerintah dapat diungkapkan dengan memasukkan pemujaan terhadap unsur-unsur patriotisme.
References
Almira, A., & Aviandy, M. (2022). Representasi Difabel di Rusia dalam film Класс Коррекции (Klass Korrektsii)Karya Ivan Tverdovsky. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 6(1), 49–68. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.3397
Apriliany, L. & Hermiati. (2021). Peran Media Dalam Pembelajaran Sebagai Pembentuk Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 15-16 Januari 2021, 191-199. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5605/4861
Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-86. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JAISS/article/download/462/396
Burrows, G. (2006). Trigger Issues: Kalashnikov AK 47. New Internationalist.
Cardullo, R.J. (2020). The Idea and the Image On Sergei Eisenstein's Battleship Potemkin. Hermeneia, no. 24, 77-91. https://hermeneia.ro/wp-content/uploads/2020/05/06_Cardullo.pdf
Hall, Stuart. (2005). Culture, Media, Language. CCCS: Birmingham.
Hall, Stuart. 1997. Representation: Cultural Representations and Signifying Practices. London: Sage Publications.
Isakava, V. (2009). The body in the dark: body, sexuality and trauma in perestroika cinema. Studies in Russian and Soviet Cinema, 3(2), 201-214. https://remote-lib.ui.ac.id:2216/share/KMX7Q6RDSJM6CRNPAERW?target=10.1386/srsc.3.2.201_1
Krippendorff, K. (2018). Content Analysis: An Introduction to its Methodology. New York: SAGE Publications.
Rottman, G. L. (2011). The AK-47: Kalashnikov-Series Assault Rifles. Osprey Pub.
Bahasa Abstract
Perfilman Rusia mendapatkan tempat tersendiri karena pengaruhnya dalam dunia film dunia, selain Amerika, Inggris, Prancis, Tiongkok, dan India. Akan tetapi, film-film di Rusia tidak sebebas counterpart-nya di negara Barat yang dapat mengekspresikan visual maupun pesan instrinsik dan ekstrinsik secara bebas. Penyampaian kritik melalui film harus dilakukan dengan cara negosiasi yang halus melalui penggambaran adegan. Penelitian ini membahas film Kalashnikovkarya Konstantin Buslov yang menggunakan senjata AK-47 sebagai cara untuk mengungkapkan kritik, pujian, dan sanggahan terhadap pemerintahan Rusia secara halus agar dapat tayang di Rusia. Penelitian ini dilakukan dengan teori representasi milik Stuart Hall. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa kritik terhadap pemerintah dapat diungkapkan dengan memasukkan pemujaan terhadap unsur-unsur patriotisme.
Recommended Citation
Aviandy, Mochamad; Widiandityo, Bhiandra; Vermanda, Diva; Shanneva Raynadi, Muhammad; Kallandika Mozave, Rhandy; and Mahaquisha, Sachini
(2024)
"REPRESENTASI PEMERINTAH RUSIA DALAM FILM Калашников (Kalashnikov) KARYA KONSTANTIN BUSLOV,"
Multikultura: Vol. 3:
No.
4, Article 9.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol3/iss4/9
Included in
Film and Media Studies Commons, Other Languages, Societies, and Cultures Commons, Philosophy Commons, South and Southeast Asian Languages and Societies Commons