•  
  •  
 

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk meneliti tentang representasi nilai moral kemanusiaan yang terkandung dalam iklan Ramadhan - Month of Mercy – Almara’i Emotional Commercial yang dirilis pada 29 Juni 2015 lalu. Almara’i adalah salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Arab Saudi yang berdiri tahun 1977 mengiklankan produk-produknya, di antaranya melalui situs YouTube. Iklan yang sudah ditonton oleh lebih dari 70 ribu kali ini berisi nilai-nilai moral kemanusiaan baik yang tersurat maunpun yang tersirat. Melalui iklan ini, penulis akan menganalisis nilai-nilai moral kemanusiaan yang direpresentasikan melalui beberapa adegan dan cuplikan yang ditampilkan dalam iklan ini dengan pendekatan Semiotika beserta makna-makna denotasi dan konotasinya. Penulis menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan teori Semiotika dari Roland Barthes (2017). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori Semiotika tergambar dalam penyampaian pesan dan tujuan dalam iklan ini. Adapun nilai moral kemanusiaan yang tampak pada iklan ini adalah (1) kepedulian sosial terhadap sesama, (2) tolong menolong dalam berbagai situasi, (3) menempatkan kepentingan orang lain di atas kepentingan pribadi, (4) berbagi kepada yang membutuhkan, dan (5) kepekaan sosial tanpa memandang latar belakang.

References

Buku

Barthes, Roland 2017. Elemen-elemen Semiologi. Penerjemah, M. Ardiansyah. Yogyakarta: BASABASI.

Parera, Jos Daniel. 2004. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, R&D. Bandung. Alfabeta Hoed, Benny H. 2001. Kajian Semiotik Komunikasi Periklanan. Magelang.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu 2006. Semiotika; Aplikasi Praktis bagi Penelitian dan Penulisan Skripsi Ilmu Komunikasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas DR. Moestopo.

Hurlock, Elizabeth. 2000. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Skripsi

Imron, M. 2018. Semiotika dalam Lirik Lagu Arab Kun Anta. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Laowo, Enjelita & Nugroho, Catur 2017. Representasi Nilai Kemanusiaan Pada Film Indonesia (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Soegija) Represention Of Humanity Value In Indonesian Movie (Analysis Of Semiotic Roland Barthes In Soegija Movie). Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Telkom.

A’la, Tazkiyatul, F. (2011). “A Semiotic Analysis on the A-Milds Advertisement Using Roland Barthes’s Theory”. Thesis, English Letters Department. Jakarta: Faculty of Adab and Humanities UIN. 27 October 2016.

Situs & Artikel

Arif Budi Semiotik Sumber Tanda dan Konstruksi Makna. (http://arifbudi.lecture.ub.ac.id/2014/03/semiotik-simbol-tanda-dan-konstruksi-makna/), diakses pada 10 Februari 2020, pukul 09.10 WIB.

Youtube

pada Diakses .المراعي رمضان 2015 – النسخة الكاملة Channel. YouTube Official Almara’i10

Februari 2020, pukul 09.00 WIB.

Share

COinS