•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mono no awareness yang terdapat dalam film “Kono Sekai no Katasumi ni” atau “In This Corner of the World” dengan bantuan teori mise en scène. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metode analisis deskriptif. Lima adegan dengan empat belas foto terlampir dari film ini digunakan sebagai sampel data untuk analisis. Hasil analisis yang diperoleh menunjukkan bahwa seluruh data yang diambil dari film tersebut mengandung mono no awareness di dalamnya. Mise en scène yang terdapat dalam adegan tersebut sebagian besar memiliki pencahayaan lembut (matahari) yang memberikan kesan lembut dan sedih pada adegan tersebut. Secara setting, seluruh adegan yang dianalisis menggambarkan kondisi Jepang dalam peperangan. Adapun properti yang digunakan, seperti buku gambar dan pensil, oleh karakter Suzu Hojō (Urano) menjadi aspek penting dalam penceritaan film ini. Berbagai jenis mise en scène seperti properti lain, kostum, warna, dan ekspresi, serta dialog atau monolog yang tidak termasuk dalam mise en scène juga memiliki peran yang cukup membantu analisis mono no awareness dalam film. . Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis mise en scène, terdapat sejumlah refleksi konsep mono no awareness yang ditemukan dan dideskripsikan dalam film ini.

References

Jurnal

Bordwell, D., Thompson, K., & Smith, J. (1993). Film art: An introduction (Vol. 7). New York: McGraw-Hill.

Chambers, Garcia. (2013). The 'Mono no Aware' in Hanami: Re-reading its Festive,Aesthetic, and Contemporary Value. Journal Kiyō, (5), 1 - 14.

Ichijo, A. (2020). Kokugaku and an alternative account of the emergence of nationalismof Japan. Nations and Nationalism, 26(1), 263-282.

Janti, Ilma Sawindra. (2007). “Mono no Aware” Dalam Pemikiran Ahli Kokugaku ~ Motoori

Norinaga. Nikken Vol 7. No.2. Bagian Penelitian Program Studi Jepang, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Jun’itsu, H. (1963). Motoori Norinaga (Mono no Ahare) Ron no Hattenkatei. Kokugo Kyōiku Kenkyū, 8, 155 - 167, . 純逸浜本 、『本居宣長「もののあはれ」論の発展過程』、広島大学教育学部光代会、広島、1963

Kato, K. (1962). Some Notes on Mono no Aware. Journal of the American Oriental Society, 82(4), 558-559.

Lathrop, G., & Sutton, D. O. (2014). Elements of mise-en-scene. Diambil pada tanggal 3Januari. Syaifullah, M. Ali. (2013). Konsep Mono No Aware Yang Tercermin Dalam Film“Hotaru No Haka” Karya Sato Toya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB, 1(6).

Zodiak, Y. (2013). Mono No Aware Pada Peribahasa Jepang Yang Menggunakan Kata Sakura. Japanology, 1(2), 184–193.

Website

Lengsfield, Michael. Dialogue and character voice. Diakses dari https://www.futurelearn.com/info/courses/screenwriting/0/steps/10501 (16 April 2021)

Myanimelist. Kono Sekai no Katasumi ni. Diakses dari https://myanimelist.net/anime/15227/Kono_Sekai_no_Katasumi_ni/characters (15 April 2021)

Theschooloflife. Mono no Aware. Diakses dari https://www.theschooloflife.com/thebookoflife/mono-no-aware/ (15 April 2021).

TranscriptDB. In This Corner of the World (2016) Script. Diakses dari https://transcripts.thedealr.net/script.php/in-this-corner-of-the-world-2016-K0qe (15 April 2021)

Share

COinS