Abstract
Pada tahun 2021 We Are Social mengumumkan bahwa YouTube telah menjadi media sosial teraktif di Indonesia. Pada platform YouTube, semua orang dapat mengakses dan membagikan berbagai informasi melalui unggahan dari kanal pilihan mereka. Penelitian ini memberikan gambaran tentang bagaimana pengaruh vlog perjalanan wisata Waseda Boys pada kanal YouTube Nihongo Mantappu terhadap para penontonnya. Kunci utamanya terletak pada kekuatan personal branding Waseda Boys sebagai Vlogger dan YouTuber di kanal YouTube Nihongo Mantappu yang memiliki ciri khas serta mampu mempegaruhi penonton dan pengikutnya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melalukan survei melalui kuesioner dan analisis tekstual dari data respon penonton vlog perjalanan Waseda Boys melalui kolom komentar pada unggahan vlog Waseda Boys di YouTube serta respon penonton yang dikemukakan di Twitter. Penelitian ini menemukan bahwa kuatnya personal branding Waseda Boys berhasil memancing keinginan penontonnya di YouTube untuk berwisata ke Jepang serta informasi yang disampaikan melalui unggahannya menjadi sumber informasi terkait wisata Jepang yang dapat diandalkan oleh calon wisatawan yang ingin berwisata ke Jepang.
References
Fatanti, M. N., & Suyadnya, I. W. 2015. Beyond User Gaze: How Instagram Creates a Tourism Destination Brand. Journal of Procedia-Social and Behavioral Sciences.
Gohil, N. 2015. Role and Impact of Social Media in Tourism: A Case Study on The Initiatives of Madhya Pradesh State Tourism. International Journal of Research in Economics and Social Sciences.
Gunelius, Susan.2011.30-Minute Social Media Marketing.United States (US): McGraw-Hill Companie
Hamzah, Y, I, 2013. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jakarta. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia.
James J. Spillane. 1989. Pariwisata Indonesia, Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius Kaplan, A. & Haenlein, M. 2010. User of The World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media, Business Horizons.
Knowledge, R. (2010). Video Blogging untuk Pemula. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Lundby, K. (2008). Introduction: Digital Storytelling, Mediatized Stories: Self Representation in New Media. New York: Peter Lang.
Malcolm Waters. 1995. Globalizations. London: Routledge
McNally, David and Speak, Karl D. 2002. Be Your Own Brand. San Francisco: Berrett Koehler Publisher.
Mill, Robert, dan Morrison. 1985. The Tourism System. New Jersey: Prentice hall International Nanayakkara, N.W.O. D.S.P. dan Dissanayake, D.M.R., 2020. Application of Social Media for Personal Branding: A Conceptual Review. Sri Lanka: The International Journal of Business & Management, Vol.08 Issue 1, P.153
O’Brien, Timothy P. 2007. The Power of Personal branding, Creating Celebrity Status with Your Target Audience. NJ: Medham Publishing
Pamuji, D.D., Yulianto E. dan Kusumawati, E. 2020. Conceptual Paper: Travel Vlog dalam menciptakan dan mempromosikan Destination Image. Jurnal Administrasi Bisnis Special Issue (Ekosistem Start Up) 2020
Pitana, I. dan Gayatri. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Penerbit Andi
Priansa, Donni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Reino, S. & Hay, B. 2011. The Use of YouTube as a Tourism Marketing Tool. Edinburgh. Proceedings of the 42nd Annual Travel & Tourism Research Association Conference, London, Ontario, Canada., vol. 42
Richardson, J. I & Fluker, M. 2004. Understanding and Managing Tourism. Australia: Pearson Education Australia, NSW Australia
Rutledge, T. (2013). Video Blogging. Morrisville: Lulu.com
Saputra, Joko Adi. 2012. Dampak Negatif Globalisasi Budaya Remaja Terhadap Perilaku Siswa Melanggar Norma-Norma Di Sma Negeri 1 Tulang Bawang Tengah. Bandar Lampung: Universitas Lampung
Sijabat, Jerome Polin. 2019. Mantappu Jiwa, Buku Latihan Soal. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Travel & Tourism Economic Impact 2016, World. London: World Travel & Tourism Council: 2016.
World Tourism Organization. 2007. A Practical Guide to Tourism Destination Management, Spanyol: World Tourism Organization
Yoeti, Oka.A. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: ANGKASA
Sumber Internet:
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Teknopreneur Indonesia. “Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2019-2020 Q2” Diakses pada Oktober, 2021 https://apjii.or.id/survei2019x https://www.kominfo.go.id/content/detail/30653/dirjen-ppi-survei-penetrasi-pengguna-internet- di-indonesia-bagian-penting-dari-transformasi-digital/0/berita_satker
Business Horizons. 2010. Andreas M. Kaplan, Michael Haenlein. “Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities on Social Media” Diakses pada Desember 2021 http://michaelhaenlein.eu/Publications/Kaplan,%20Andreas%20%20Users%20of%20the%20world,%20unite.pdf
Digital 2021: Indonesia by Simon Kemp. Diakses pada Oktober, 2021 dari Data Reportal: https://datareportal.com/reports/digital-2021-indonesia/
Google Trends “Pengguna Media Sosial YouTube, Instagram dan Facebook Tahun 2021” Google. Diakses pada Desember 2021 dari www.trends.google.com
Hiroshima Peace Memorial: Genbaku Dome. Diakses pada Desember 2021 dari UNESCO World Heritage Centre: https://whc.unesco.org/en/list/775/ https://www.unesco.org/archives/multimedia/document-4171
Kanal YouTube Nihongo Mantappu, Waseda Boys. Diakses pada Oktober hingga Desember 2021 https://www.youtube.com/c/nihongomantappu
Logo Media Sosial YouTube. Diakses pada November 2021 dari sumber:https://www.freepnglogos.com/pics/youtube-logo-png
Total Impresi dan Penilaian dari kanal YouTube Nihongo Mantappu. Diakses 4 Januari 2022 dari sumber: https://socialblade.com/youtube/c/nihongomantappu https://socialblade.com/youtube/c/nihongomantappu/videos/highestrated Universitas Waseda, Diakses pada Januari 2022 dari situs resmi https://www.waseda.jp/inst/whywaseda/id/
USA Today. Jim Hopkins. 2006. “Surprise! There’s a third Youtube co-founder” Diakses pada November 2021 dari https://usatoday30.usatoday.com/tech/news/2006-10-11-youtube-karim_x.html
Recommended Citation
Lessy, Galuh Nurfaizah Novriainiah and Subagio, Didit Dwi
(2022)
"WASEDA BOYS SEBAGAI AGEN PROMOSI PARIWISATA JEPANG MELALUI VLOG PERJALANAN WISATA PADA KANAL YOUTUBE NIHONGO MANTAPPU,"
Multikultura: Vol. 1:
No.
4, Article 6.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol1/iss4/6
Included in
Other Languages, Societies, and Cultures Commons, Philosophy Commons, South and Southeast Asian Languages and Societies Commons