Abstract
Hip hop sudah menjadi gaya hidup di Korea Selatan sejak awal kedatangannya di era 1990-an. Media massa berperan penting dalam mendorong publisitas dan popularitas hip hop dan musik rap di Korea Selatan yang biasa disebut Korean hip hop (KHH). Hip hop yang awalnya merupakan budaya underground kemudian menjadi budaya mainstream berkat media massa. Penelitian ini menganalisis bagaimana peranan media massa dalam publisitas KHH selama era 2010-an dengan metode kualitatif analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media penyiaran dan media digital menjadi dua jenis media yang paling berperan dalam publisitas KHH. Sedangkan, media cetak kurang berperan dalam publisitas KHH secara umum. Media penyiaran berperan dalam komersialisasi KHH, media digital berperan dalam memberikan ruang diskusi dan edukasi, sementara itu media cetak yang berupa buku pelajaran berperan dalam mengenalkan budaya yang terdapat dalam hip hop kepada remaja (pelajar).
References
About Hiphople. (n.d.). Hiphople. Diakses pada 10 Mei 2022 pukul 21.09, dari https://hiphople.com/about
Affandi, R. [Ratih Affandi]. (April 4 2021). Definisi & Dampak dari Teori Kultivasi - Part I [Video]. YouTube. Diakses pada 5 Maret 2022 pukul 23.01, dari https://www.youtube.com/watch?v=tubzsbroFLg&feature=youtu.be
Fendler, U. (2017). Roots and Routes: Hip-Hop from South Korea. Kritika Kultura, (29). https://doi.org/10.13185/kk2017.02909
Halik, A. (2013). Komunikasi Massa. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. Hanson, R. E. (2018). Mass Communication: Living in a Media World (7th ed.). SAGE Publications, Inc.
Hare, S., & Baker, A. (2017). Keepin’ It Real: Authenticity, Commercialization, and the Media in Korean Hip Hop. SAGE Open, 7(2), 1–12. https://doi.org/10.1177/2158244017710294
Harries, G., & Wahl-Jorgensen, K. (2007). The culture of arts journalists. Journalism, 8(6), 619–639. https://doi.org/10.1177/1464884907083115
Hebdige, D. (1979). Subculture: The Meaning of Style (New Accents) (1st ed.). London: Routledge.
Herman, C. K. O. (2009). “It’s Just Music. . . Right?” Exploring The Relationship Between Hip Hop Mass Media and African Americans Perception of Gender Roles. University of Louisville.
“High School Rapper” Returns For 3rd Season. (22 Februari 2019). Koreatimes. Diakses pada 22 April 2022, dari https://www.koreatimes.co.kr/www/art/2019/02/688_264231.html
Kim, T. R., & Kim, K. D. (2015). The Formative Process of Korean Underground Hiphop and Its Future Task. Journal of Multi-Cultural Contents Studies, 18. https://doi.org/10.15400/mccs.2015.04.18.299
KBS2 Come Back Home - Episode 7. (12 Mei 2021). [Video]. Kisstvshow.to. Diakses pada 11 Mei 2022 pukul 15.49, dari http://kisstvshow.to/Show/Come-Back-Home/Episode7?id=27425&s=beta&pfail=1
Korean Hiphop Awards 2022. (n.d.). KOREAN HIPHOP AWARDS. Diakses pada 8 Maret 2022 pukul 10.06, dari https://koreanhiphopawards.com/
Koreanization. (n.d.). Google Arts & Culture. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 12.07, dari https://artsandculture.google.com/entity/koreanization/g11j5hn1ghl?hl=en Koreanization: Examples and Strategies. (n.d.). Ebrary. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 12.09, dari https://ebrary.net/104638/economics/koreanization_examples_strategies
Lee, C., & Lee, J. W. (2021). Show Me the Monolingualism: Korean Hip-Hop and the Discourse of Difference. Inter-Asia Cultural Studies, 22(1). https://doi.org/10.1080/14649373.2021.1886475
Lee, M., Choi, H., Cho, D., & Lee, H. (2016). Cannibalizing or Complementing? The Impact of Online Streaming Services on Music Record Sales. Procedia Computer Science, 91. https://doi.org/10.1016/j.procs.2016.07.166
Lee, J. (2017). Broadcasting Media and Popular Music Institution, Technologies, and Power. In H. Shin & S. Lee (Eds.), Made in Korea: Studies in Popular Music (pp. 35–45). New York: Routledge.
Mnet TV. (22 Februari 2019). [ENG sub] schoolrapper 3 [1 회] 힙합이야? 아니야? 힙합감별사 고 1 들의 첫만남 190222 EP.1 [Video]. YouTube. Diakses pada 10 Juni 2022 pukul 15.17, dari https://www.youtube.com/watch?v=oIvyhZsqkaU&feature=youtu.be
Oh, I., & Lee, H. (2013). Mass Media Technologies and Popular Music Genres: K-pop and YouTube. Korea Journal, 53(4), 34–58. https://doi.org/10.25024/kj.2013.53.4.34
Persaud, E. J. (2011). The Signature of Hip Hop: A Sociological Perspective. International Journal of Criminology and Sociological Theory, 4(1).
Price, E. (2006). Hip Hop Culture. Santa Barbara: ABC-CLIO.
Park, T. K., & Kim, Y. (15 Januari 2019). A Brief History of Korean Hip-hop. Vulture. Diakses pada 8 Maret 2022 pukul 16.01, dari https://www.vulture.com/2019/01/a-brief-history-of-korean-hip-hop.html
Producer Timbaland Joins Judges Panel On “Show Me The Money 5” In LA. (28 Mei 2016).
Soompi. Diakses pada 3 Mei 2022 pukul 17.01, dari https://www.soompi.com/article/860787wpp/producer-timbaland-joins-judges- panel-on-show-me-the-money-5-in-la
Saefudin, A., & Venus, A. (2007). Cultivation Theory. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1). https://doi.org/10.29313/mediator.v8i1.1243
Show Me The Money 3. (18 Agustus 2015). [Video]. Myasiantv. Diakses pada 18 Juni 2022 pukul 21.55, dari https://www1.myasiantv.cc/kshow/show-me-the-money-3
“Show Me the Money 3” Had 3,000 Rappers Try Out For Preliminary Round. (21 Mei 2014). Soompi. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 16.08, dari https://www.soompi.com/article/611201wpp/show-me-the-money-3-had-3000-rappers- try-out-for-preliminary-round
Show Me The Money 4. (28 Juni 2015). [Video]. Myasiantv. Diakses pada 19 Juni 2022 pukul 18.07, dari https://www1.myasiantv.cc/kshow/show-me-the-money-4
Show Me The Money Season 6. (21 Agustus 2022). [Video]. Myasiantv. Diakses pada 20 Juni 2022 pukul 19.08, dari https://www1.myasiantv.cc/kshow/show-me-the-money- season-6 “Show Me The Money 6” Sees Return Of Contestants Double K, Junoflo, Microdot, And More For Auditions. (1 Mei 2017). Soompi. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 16.15, dari https://www.soompi.com/article/979349wpp/show-money-6-sees-return- contestants-double-k-junoflo-microdot-auditions
Show Me The Money 777 (2018). (17 September 2018). [Video]. Myasiantv. Diakses pada 21 Juni 2022 pukul 20.04, dari https://www1.myasiantv.cc/kshow/show-me-the- money-777
Song, M. S. (2019). Hanguk Hip Hop Global Rap in South Korea. New York: Springer Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thornton, S. (1996). Club Cultures: Music, Media, and Subcultural Capital (Music / Culture). Oxford: Wesleyan University Press.
Um, H. K. (2013). The Poetics of Resistance and The Politics of Crossing Borders: Korean Hip-Hop and ‘Cultural Reterritorialisation.’ Popular Music, 32(1), 51–64. https://doi.org/10.1017/s0261143012000542
Yang, J. (2017). Korean Black Music and Its Culture: Soul, Funk and Hip-Hop. Dalam H. Shin & S. Lee (Eds.), Made in Korea: Studies in Popular Music (pp. 95–106). New York: Routledge.
리드머 - 대한민국 힙합/알앤비 미디어. (n.d.). RHYTHMER. Diakses pada 12 Juni 2022 pukul 17.35, dari http://www.rhythmer.net/src/page.php?c=90&src=about&anchor=11
“쇼미 777” 최승준 CP ‘베팅 시스템, 청소년에 악영향? 예능일뿐.’ (7 September 2018). 뉴스 Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 17.46, dari https://www.news1.kr/articles/?3420434
‘쇼미더머니 4’ 스눕독, '깜짝 등장’. . ."어떻게 스눕독이 여기에?". (11 Juli 2015).
비즈엔터. Diakses pada 20 April 2022 pukul 15.28, dari http://enter.etoday.co.kr/view/news_view.php?varAtcId=49207
“쇼미더머니 4”, 역대급 흥행. . .이미 “쇼미 3” 훌쩍. (27 Juni 2015). 조선일보. Diakses
pada 10 Juni 2022 pukul 18.56, dari https://www.chosun.com/site/data/html_dir/2015/06/27/2015062700823.html
“쇼미더머니 4” 타블로·지누션‘ “랩보다 할배” 아니다’ 냉정한 독설 예고. (24 Juni 2016). 메트로신문. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 13.02, dari https://www.metroseoul.co.kr/article/2015062400174
“쇼미더머니 5” 국내 1 차예선 종료..지원자부터 프로듀서까지 “대박.” (14 Maret 2016).
스타뉴스. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 13.06, dari https://star.mt.co.kr/stview.php?no=2016031415211446535&type=1&outlink=1
[쇼미더머니]가 만든 ‘힙합 카스트.’ (2 Agustus 2017). 시사 IN. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 13.17, dari https://www.sisain.co.kr/news/articleView.html?idxno=29724
’슈퍼스타 K’부터 ’프로듀스 101’까지 오디션 프로그램 역사서 ver.2017. (5 Maret 2017). 매일경제. Diakses pada 2 Juni 2022 pukul 14.37, dari https://www.mk.co.kr/news/culture/view/2017/05/298506/
언프리티 랩스타 3 고익조 CP, 걸그룹 참가자 증가? 힙합 실상 반영. (29 Juli 2016). 텐아시아 연예뉴스. Diakses pada 28 April 2022 diakses pada 20.09, dari https://tenasia.hankyung.com/topic/article/2016072944054
자퇴생→힙합신의 미래. . .’고등래퍼 2’ 김하온·이로한·이병재란 떡잎. (24 April 2018). 한경연예. Diakses pada 7 April 2022 pukul 23.19, dari https://www.hankyung.com/entertainment/article/201804243710H
절었는데도 다음 라운드 진출권 받은 쇼미 8 윤훼이 평소 실력 (영상). (27 Juli 2019). 위키트리. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 00.17, dari https://www.wikitree.co.kr/articles/449131
평론가들 “‘쇼미더머니’, 힙합=대세 만든 일등공신.” (20 Juni 2017). 조선일보. Diakses pada 2 Mei 2022 pukul 00.34, dari https://www.chosun.com/site/data/html_dir/2017/06/20/2017062001245.html
(현장)고등래퍼 PD 가 밝히는 성공한 콘텐츠의 비결. (31 Mei 2018). 플래텀. Diakses pada 20 April 2022 pukul 10.46, dari https://platum.kr/archives/101156
“힙합이니까 용서하라고? 쇼미더머니가 힙합을 망쳤다.” (25 Agustus 2015).
미디어오늘. Diakses pada 12 Juni 2022 pukul 01.23, dari http://www.mediatoday.co.kr/news/articleView.html?mod=news&act=articleView&idxn o=124667
힙합플레이야 소개. (12 Oktober 2016). HIPHOPPLAYA. Diakses pada 10 Mei 2022 pukul 10.08, dari https://hiphopplaya.com/g2/bbs/board.php?bo_table=site_introduction
역대 쇼미더머니 제작진들과 시청률. (2018, October 27). 더쿠. Diakses pada 19 Juni 2022 pukul 12.04, dari https://theqoo.net/hiphop/903753526
쇼미더머니 777 시청률. (21 Januari 2015). NAVER. Diakses pada 19 Juni 2022 pukul 12.05, dari https://search.naver.com/search.naver?where=nexearch&sm=top_hty&fbm=0&ie=utf8& query=%EC%87%BC%EB%AF%B8%EB%8D%94%EB%A8%B8%EB%8B%88+777+
쇼미더머니 8 시청률. (21 Januari 2015). NAVER. Diakses pada 19 Juni 2022 pukul 12.07, dari https://search.naver.com/search.naver?where=nexearch&sm=top_hty&fbm=1&ie=utf8& query=%EC%87%BC%EB%AF%B8%EB%8D%94%EB%A8%B8%EB%8B%88+8+%EC%8B%9C%EC%B2%AD%EB%A5%A0
[팝업★]’쇼미 6’ 최연소 TOP6 조우찬, 초등래퍼의 반란. (22 Agustus 2017). ZUM 뉴스.
Diakses pada 8 Juli 2022 pukul 18.07, dari https://m.news.zum.com/articles/39867680
The K Originals. (4 Februari 2020). 윤비 주먹을 본 양홍원의 솔직심정? |
양홍원(Young B) _ The End | 본인등판 | Look Me Up [Video]. YouTube. Diaksespada 8 Juli 2022, dari https://youtu.be/BmlQ9ag9x04
Recommended Citation
Felda, Irene Halimah and Sulastri, Euis
(2022)
"PERAN MEDIA MASSA DALAM PUBLISITAS MUSIK KOREAN HIP HOP PADA ERA 2010-AN,"
Multikultura: Vol. 1:
No.
3, Article 7.
DOI: 10.7454/multikultura.v1i3.1104
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol1/iss3/7
Included in
Other Languages, Societies, and Cultures Commons, Philosophy Commons, South and Southeast Asian Languages and Societies Commons