•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana informasi terkait layanan perpustakaan saat pandemi covid-19 disampaikan kepada pemustaka dan masyarakat secara umum, sehingga dalam pelaksanaan layanan yang diberikan efektif dan efisien, dan menjadi salah satu indikator tata kelola yang baik ketika informasi penting disampaikan kepada pemustaka dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur sistematis (Systematic Literature Review), Pada metode SLR ini terdapat tiga tahapan dalam penelitian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan pembuatan laporan. Proses pemilihan didasarkan pada judul, yang menghasilkan total 9 entri, artikel-artikel tersebut 7 menggunakan metode kualitatif, dan 1 merupakan penelitian rancang bangun aplikasi, 1 merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuisioner. Pada penelitian yang menggunakan penelitian kualitatif, 6 artikel merupakan literature review, sedangkan satu artikel menggunakan metode observasi dokumentasi serta wawancara daring. Sebagian besar artikel dari IOS dan GARUDA membahas dampak dan Perubahan akibat pandemi Covid-19 berimbas juga pada layanan perpustakaan. Dengan kondisi ini memaksa layanan perpustakaan lebih banyak berjalan dengan teknologi informasi dan komunikasi, tanpa ada tatap muka karena adanya pembatasan jarak. Dengan menggunakan metode ini bisa menjadi salah satu metode dalam pengambilan keputusan. Perubahan layanan perpustakaan yang terjadi beberapa artikel menyoroti informasi yang harus dibagikan kepada masyarakat, pemustakanya terkait perubahan layanan perpustakaan karena pandemi covid-19, Informasi layanan perpustakaan tersebut merupakan bentuk keterbukaan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat dan sangat membantu perpustakaan dalam mempromosikan layanannya.

References

Adrian, C., Abdullah, R., Atan, R., & Jusoh, Y. Y. (2016). Model for Big Data Implementation : A Systematic Literature Review. International Journal of Advances in Soft Computing and Its Applications, 8(3), 175–192.

Arlan. (2020). Inovasi Pustakawan Menghadapi Perubahan Di Masa Pandemi Covid-19. Almaktabah, 5(2). http://dx.doi.org/10.29300/mkt.v5i2.3620

Aulia, F. (2020). Promosi Jasa Layanan Perpustakaan pada Generasi Milenial di Masa Pandemi. Repository.Uinsu.Ac.Id.

Buana, R. D. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 7(3), 217–226. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15082

Hapsari, R. D., Pambayun, K. G., & Santoso, H. I. (2020). LIBRARY SERVICES FROM HOME ( LSFH ): A Library Policy to Fight Covid-19 in Governance Institute of Home Affairs. Indonesian Journal of Librarianship, 1(1), 1–15.

Husna, J. (2020). Perubahan dan Problematika Perpustakaan Menghadapi Normal Baru. Anuva, 4(3), 309–316.

Johan, R. C., Margana, H. H., Damayanty, Santika, S., Wulandari, T. A., & Yayu, Y. (2020). Optimalisasi Layanan Dalam Jejaring Perpustakaan Upi Masa Bencana Covid-19. Edulib,10(1), 84–99. https://doi.org/10.17509/edulib.v10i1.24288

KBBI online. (2020). Hasil Pencarian - KBBI Daring. Badan Pengembangan Dan Pembinaan

Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/pandemi

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman pencegahan dan pengendalian coronavirus disease (covid-19) (L. Aziza, A. Aqmarina, & M. Ihsan (Eds.); rev. 5). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://doi.org/10.33654/math.v4i0.299

Maisonah. (2020). Auto Whatsapp Sebagai Alternatif Layanan Perpustakaan pada Masa Pandemi Covid-19 di IAIN Curup. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 195– 210.

Nasrullah, Tawakkal, & Nuristiqamah. (2020). Penerapan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur. N-JILS: Nusantara Journal of Information and Library Studies, 3(2), 253–265.

Penerapan Pembelajaran di saat Pandemi Covid-19. (n.d.). Retrieved April 22, 2021, from https://www.kabarpendidikan.id/2021/04/penerapan-pembelajaran-di-saat-pandemi.html

Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. In Systematic Reviews in the Social Sciences: A Practical Guide. https://doi.org/10.1002/9780470754887

Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=G- FiDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=layanan+perpustakaan&ots=- LaMmrKQKl&sig=O4aPZokAsTgZHz4DltHj5_Av8r4&redir_esc=y#v=onepage&q=layan an perpustakaan&f=false

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, (2008).

Rosiyan, N. R., & Maha, R. N. (2020). Layanan perpustakaan di era pandemi sebagai implementasi industri 4.0 : studi kasus pddi lipi. JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi), 5(2), 118–131.

Suharso, P., Arifiyana, I. P., & Wasdiana, M. D. (2020). Layanan perpustakaan perguruan tinggi dalam menghadapi pandemi covid-19. Anuva, 4(2), 271–286.

Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Yois, N. P., & Marlini. (2020). Sumber Daya Akses Perpustakaan Digital Pada Masa Pandemi Corona. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 218–222.

Share

COinS