Abstract
Penelitian ini membahas peran anggota keluarga di Belanda yang terdapat pada iklan natal supermarket PLUS (2018), JUMBO (2019), dan Albert Heijn (2019). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran ayah, ibu, dan anak dalam keluarga Belanda. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Roland Barthes. Agar fokus penelitian ini terjaga, maka adegan pada iklan yang dianalisis hanya yang menunjukkan sosok ayah, ibu, dan anak. Untuk mengidentifikasi mitos yang terdapat pada adegan mengenai peran ayah, ibu, dan anak, adegan-adegan tersebut melewati proses analisis makna denotasi dan konotasi. Hasil dari penelitian ini adalah ketiga iklan tersebut mencerminkan keadaan keluarga Belanda saat ini. Ayah dan ibu berperan sebagai sosok yang hadir dalam ruang domestik maupun publik. Sementara itu, peran anak tidak terlepas dari kehadiran sosok orang tuanya sehingga anak dapat menjadi sosok yang mandiri dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan mengurus rumah tangga.
References
Baxter, S., Kulczynski, A., dan Ilicic, J. (2016). Ads aimed at dads: exploring consumers’ reactions towards advertising that conforms and challenges traditional gender role, ideologies. International Journal of Advertising, 35(6). DOI: 10.1080/02650487.2015.1077605
Evans, J. R. (2015). Defining Dad: Media Depiction of the Modern Father in Print Advertising. LSU Master’s Theses.
Mudafiuddin, B. (2020). Representasi Peran Ibu dalam Iklan (Analisis Semiotika pada Iklan Bertema Hari Ibu. Jurnal Common, 4(1), 1-18. https://doi.org/10.34010/common.v4i1.2253
Nugraha, F.M. (2015, February). Islam as a Symbol of Conflict in the Netherlands. [Conference Paper]. 45 Tahun Studi Belanda di Indonesia, Universitas Indonesia.
Pranata, B. (2019). A Multimodal Analysis of H&M Video Commercial "A Magical Holiday". Kata Kita, 7(3), 337-345. https://doi.org/10.9744/katakita.7.3.337-345
Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1-18. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037
Robinson, B. K. dan Hunter. (2008). Is mom still doing it all? Re-examining depictions of family work in popular advertising. Journal of Family Issues, 29(4).
Sharma, S. dan Bumb, A. (2020). Portrayal of Women and Children in Advertising. [Conference Paper]. 04th International Conference of Marketing, Technology & Society 2020, Indian Institute of Management Kozhikode.
Zuhdi, S. (2018). Membincang Peran Ganda Perempuan dalam Masyarakat Industri. Jurnal Hukum Jurisprudence, 8(2). https://doi.org/10.23917/jurisprudence.v8i2.7327
Situs Internet
Acosta, R. M. (2019). This popular parenting trend in the Netherlands reveals a key to raising the world’s happiest kids. Diakses pada 19 April 2021 jam 19.00, dari https://www.cnbc.com/2019/08/29/dutch-fathers-play-a-big-role-in-raising-the-happies-kids-in-the-world.html
Albert Heijn. (n.d.). Geschiedenis van Albert Heijn. Diakses pada 16 April 2021 jam 18:51, dari https://www.ah.nl/over-ah/geschiedenis
Childrensdayton.org. (2014). Why kids feel closer to mom over dad. Diakses pada 6 Mei 2021 jam 20.00, dari https://www.childrensdayton.org/the-hub/why-kids-feel-closer-mom-over-dad
Clarke, B. (2014). Who does the dishes? Dutch gender roles in 2014. Diakses pada 18 April 2021 jam 15:23, dari https://www.iamexpat.nl/expat-info/dutch-expat-news/who-does-dishes-dutch-gender-roles-2014
Cultural Atlas. (n.d.). Dutch Culture: Family. Diakses pada 15 April 2021 jam 21:02, dari https://culturalatlas.sbs.com.au/dutch-culture/dutch-culture-family
Wunderman Thompson Commerce. (n.d.). Jumbo Supermarkten: The Netherlands' top online supermarket. Diakses pada 16 April 2021 jam 19:50, dari https://www.wundermanthompsoncommerce.com/en/what-we-think/case-studies/jumbo-supermarkten/
Korpus
Albert Heijn. (2019, December 6). Een onvergetelijke kerst met de favoriete gerechten van Nederland [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=mK_pli-r5s8&t=1s
PLUS Supermarkt. (2018, December 6). Familietradities zijn er om te geven – PLUS Kerstcommercial 2018 [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=xNtPeEY9wi4&t=28s
Reclameregister - TV reclames. (2019, December 6). Jumbo Kerst Reclame 2019 - Reclameregister [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=q4KD8CbSJPA
Recommended Citation
Nurityasari, Gabrielle Ratri and Muhammad Nugraha, Fajar Muhammad
(2022)
"ANALISIS SEMIOTIKA ANGGOTA KELUARGA DALAM IKLAN NATAL SUPERMARKET DI BELANDA: PLUS (2018), JUMBO (2019), DAN ALBERT HEIJN (2019),"
Multikultura: Vol. 1:
No.
1, Article 5.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/multikultura/vol1/iss1/5
Included in
Other Languages, Societies, and Cultures Commons, Philosophy Commons, South and Southeast Asian Languages and Societies Commons