•  
  •  
 

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan kebersihan terhadap kepuasan tamu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu, untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan tamu dan untuk mengetahui pengaruh kebersihan terhadap kepuasan tamu selama pandemi Covid 19 di Messaging Agency Kalimantan Timur di Jakarta. . Metode yang digunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.7 yang menguji validitas, reliabilitas, uji model pengukuran, uji kesesuaian model struktural (solusi standar) dan uji model struktural (T-Value). Dalam penelitian tesis ini, Analisis SEM dengan Lisrel dilakukan mulai dari tahap prates dan penelitian inti berupa kuesioner dengan skala likert dan dilanjutkan pada tahap pengolahan data populasi inti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu, tidak ada pengaruh antara fasilitas terhadap kepuasan tamu, ada pengaruh antara kebersihan dan kepuasan tamu.

Bahasa Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh variabel kualitas pelayanan, fasilitas dan kebersihan terhadap kepuasan tamu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu, untuk mengetahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan tamu dan untuk mengetahui pengaruh kebersihan terhadap kepuasan tamu selama pandemi Covid 19 di Messaging Agency Kalimantan Timur di Jakarta. . Metode yang digunakan adalah metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan software LISREL 8.7 yang menguji validitas, reliabilitas, uji model pengukuran, uji kesesuaian model struktural (solusi standar) dan uji model struktural (T-Value). Dalam penelitian tesis ini, Analisis SEM dengan Lisrel dilakukan mulai dari tahap prates dan penelitian inti berupa kuesioner dengan skala likert dan dilanjutkan pada tahap pengolahan data populasi inti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu, tidak ada pengaruh antara fasilitas terhadap kepuasan tamu, ada pengaruh antara kebersihan dan kepuasan tamu.

References

Bröchner, J. (2017). Measuring the productivity of facilities management. Journal of Facilities Management, 15(3), 285–301. https://doi.org/10.1108/JFM-04-2016-0013

Chang, K. C. (2016). Effect of servicescape on customer behavioral intentions: Moderating roles of service climate and employee engagement. International Journal of Hospitality Management, 53, 116–128. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2015.12.003

Durna, U., Dedeoglu, B., & Balikcioglu, S. (2015). The role of servicescape and image percepction f costumers on behavioral intentions in hotel industry. Journal of Managerial Psychology, Vol. 30 No, 645–658.

Farooq, M. S., Salam, M., Fayolle, A., Jaafar, N., & Ayupp, K. (2018). Impact of service quality on customer satisfaction in Malaysia airlines: A PLS-SEM approach. Journal of Air Transport Management, 67(September 2017), 169–180. https://doi.org/10.1016/j.jairtraman.2017.12.008

Kasiri, L. A., Guan Cheng, K. T., Sambasivan, M., & Sidin, S. M. (2017). Integration of standardization and customization: Impact on service quality, customer satisfaction, and loyalty. Journal of Retailing and Consumer Services, 35(June 2016), 91–97. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2016.11.007

Line, N. D., & Hanks, L. (2019). The social servicescape: understanding the effects in the full-service hotel industry. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 31(2), 753–770. https://doi.org/10.1108/IJCHM-11-2017-0722

Share

COinS
 
 

To view the content in your browser, please download Adobe Reader or, alternately,
you may Download the file to your hard drive.

NOTE: The latest versions of Adobe Reader do not support viewing PDF files within Firefox on Mac OS and if you are using a modern (Intel) Mac, there is no official plugin for viewing PDF files within the browser window.