•  
  •  
 

Abstract

Employee Assistance Programs (EAP) merupakan suatu program yang di berikan oleh organisasi/perusahaan kepada pekerjanya, guna mengatasi permasalahan pekerja yang berdampak pada kinerja pekerja. Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan Employee Assistance Programs (EAP) yang dilakukan oleh Iradat Konsultan (IK) sebagai salah satu penyedia jasa layanan EAP di Indonesia. Sifat Penelitian ini penelitian daskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang, yang terdiri satu orang manajer EAP, satu orang koordinator EAP, dan tiga orang psikolog atau praktisi EAP. Seluruh proses penelitian dilakukan sejak September 2020 sampai dengan Juli 2021. Selama jangka waktu tersebut, pengambilan data dilakukan dengan wawancara secara online menggunakan google meeting dan WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IK sebagai salah satu penyedia jasa layanan EAP melaksanakan program EAP dengan baik. Dalam melaksanakan program EAP, IK memberikan layanan kepada pekerja yang memiliki permasalahan terkait dengan keluarga, pekerjaan, dan masalah yang bersumber dari dalam diri pekerja. Layanan EAP yang diberikan berupa konseling kepada klien dengan menerapkan model EAP komprehensif. Pelaksanaan program EAP di IK mampu menghasilkan layanan yang dapat membantu pekerja menyelesaikan masalah yang dialami pekerja, seperti meningkatnya stabilitas emosi dan meningkatnya performa pekerja. Namun demikian dalam pelaksanaannya terdapat kendala, seperti: masalah yang menyangkut administrasi, permasalahan klien yang terus berkembang dari waktu ke waktu, klien yang menutup diri, serta adanya kesalahan pandangan terhadap EAP.

Share

COinS