•  
  •  
 
Jurnal Kebijakan Ekonomi

Abstract

everal studies have found that consumer in Indonesia has shifted their preference from traditional to modern market, due to a better service provided by modern market retailer for its consumer. Focusing on consumer perceptions, this research tries to see the consumer assessment for traditional market's service and infrastructures using the gualitative approach in Pasar Perumnas Klender. Finally, this research found that improvements in infrastructure is necessary in order to meet the consumer needs.

Bahasa Abstract

Beberapa studi telah mengemukakan bahwa konsumen di Indonesia telah menggeser preferensi mereka dari pasar tradisional ke pasar modern, karena layanan yang lebih baik yang disediakan oleh peritel pasar modern untuk konsumen. Dengan memfokuskan diri pada persepsi konsumen, penelitian ini mencoba untuk melihat penilaian konsumen terhadap layanan dan infrastruktur pasar tradisional menggunakan pendekatan kualitatif di Pasar Perumnas Klender. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perbaikan infrastruktur yang diperlukan dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

References

Dajan, Anto. (1996). Pengantar Metode Statistik. Jakarta: LP3ES

Nugroho, Bhuono. (2005). Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kementrian Perdagangan. (2008). Buku Putih Pasar Tradisionak — Pasar Tradisional Yang Modern (Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Pasar Tradisional). Jakarta: Kementrian Perdagangan.

Lembaga Penelitian SMERU (2007) Dampak Supermarket Terhadap Pasar dan Pedagang Ritel Tradisional di Daerah Perkotaan di Indonesia. Jakarta: SMERU

House of Commons Communities and Local Government Committee. (2009). Market Failure?: Can the traditional market survive? Ninth Report of Session 2008-09. London: The Stationery Office Limited

Hidayat, Usman. (2008.) Ouarterly Review of the Indonesian Economy. Jakarta: Persepsi Konsumen Terhadap Prioritas Perbaikan Infrastruktur. Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Mahendra, Made $. (2008). Analisis SWOT dan SMART Keragaman Fasilitas dan Utilitas Pasar di Indonesia. Denpasar: Universitas Udayana Manurung, Mandala. (2010). Teori Ekonomi Mikro: Suatu Pengantar. Jakarta: Lembaga Penerbit Universitas Indonesia

PD Pasar Jaya. (2005). PD Pasar Jaya Dalam Angka 2005. Jakarta: PD Pasar Jaya

Poesoro, Adri. (2008) Ouarterly Review of the Indonesian Economy. Jakarta: Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ghozali, Imam (2001) Aplikasi Anadlisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perdagangan dalam Negeri Departemen Perdagangan RI dan PT. Indef Eramadani (INDEF) (2007) Kajian Dampak Ekonomi Keberadaan Hypermarket terhadap Ritel/Pasar Tradisional. Jakarta

Kasali, Rhenald. (2006). Mungkinkah Pasar Tradisional Hidup Kembali, dan Bersaing dengan Retail Modern? Jakarta: Magister Manajemen Universitas Indonesia

Pulungan, Thamrin (1996). Transformasi Pengelolaan Pasar Tradisional Perusahaan Daerah Pasar Jaya di DKI Jakarta. Jakarta: FISIP Universitas Indonesia

Dompak, Timbul. (2002). Analisis Balance Scorecard Pada PD Pasar Jaya. Jakarta: Ilmu Administrasi Universitas Indonesia. www.jakarta.go.id.

Share

COinS