"The Implementation of Digital Marketing Strategy at the INACRAFT 2023" by Ranisya Yasfiani Syafira
  •  
  •  
 

Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies

Abstract

Digital marketing or digital marketing is needed by companies to market a product or service using digital media or platforms so that they can cover a wider market with the internet. The use of digital marketing strategies is carried out by many companies, one of the companies that uses digital marketing strategies is PT Mediatama Binakreasi. The final work entitled Digital Marketing Strategy at the Inacraft 2023 Event at PT Mediatama Binakreasi discusses five aspects of strategy including customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, and online community, which are implemented by the Marketing Communication division at PT Mediatama Binacreation. The purpose of this study is to understand the relationship with the five existing aspects, find out the strategy of digital marketing at the INACRAFT event, the effectiveness of digital marketing and how to create content on INACRAFT social media, and also to find out the obstacles in the digital marketing process at the INACRAFT 2023 event. Task Research This Final Work (TKA) uses a qualitative description method, namely by collecting data from direct observation, interviews, and literature studies. The results of the study show that marketing from INACRAFT 2023 uses social media such as Instagram, Facebook, Tiktok, then Websites and also the Paid Ads feature, which is very influential in increasing brand awareness for the INACRAFT 2023 event. It is hoped that this research can help and provide useful information for readers in the field of digital marketing who use social media and Ads features in marketing an event.

Bahasa Abstract

Digital marketing atau pemasaran digital diperlukan perusahaan guna untuk memasarkan suatu produk atau jasa menggunakan media atau platform digital sehingga dapat mencakup pasar yang lebih luas dengan internet. Penggunaan strategi dari digital marketing dilakukan banyak perusahaan, salah satu perusahaan yang menggunakan strategi menggunakan pemasaran digital atau digital marketing ialah PT Mediatama Binakreasi. Tugas Karya Akhir yang berjudul Strategi Pemasaran Digital Pada Event Inacraft 2023 Di PT Mediatama Binakreasi membahas lima aspek strategi termasuk customer engagement, viral marketing, buzz marketing, peer influence, dan online community, yang diterapkan oleh divisi Marketing Communication di PT Mediatama Binakreasi. Tujuan dari penelitian ini untuk memahami keterkaitan dengan lima aspek yang ada, mengetahui strategi dari pemasaran digital pada event INACRAFT, efektivitas pemasaran digital serta cara pembuatan konten pada media sosial INACRAFT, dan juga untuk mengetahui kendala dalam proses digital marketing di event INACRAFT 2023. Penelitian Tugas Karya Akhir (TKA) ini menggunakan metode deskripsi kualitatif, yakni dengan dikumpulkannya data dari observasi secara langsung, wawancara, serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran dari INACRAFT 2023 menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Tiktok, kemudian Website dan juga fitur Paid Ads, yang dimana sangat berpengaruh dalam meningkatkan brand awareness kepada event INACRAFT 2023. Diharapkan penelitian ini dapat membantu dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca di bidang pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan fitur Ads dalam memasarkan sebuah event.

References

Affandi, Z. (2018). Strategi Pengembangan Kota Pekanbaru menjadi Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exhibution) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Alyatalatthaf, MDM. (2022). Pelatihan Basic Skills Menjadi Vlogger untuk Siswa-siswi SMA Santu Petrus Pontianak. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 16-24.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi.

Chakti, G. (2019). The Book Of Digital Marketing: Buku Pemasaran Digital (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Daniel Laksana And Diah Dharmayanti, “Pengaruh Digital Marketing terhdap Organizational Performance Dengan intellectual capital Dan perceived Quality Sebagai Variabel Intervening Pada Industri Hotel Bintang Empat Di Jawa Timur”, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, No.1 April (2018):13

Haque-Fawzi, M. G., Iskandar, A. S., Erlangga, H., & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori, dan Implementasi. Pascal Books.

Fandy Tjiptono dan Gregorius, Pemasaran Strategik Mengupas Pemasaran Startegik, Branding Starategy, Cusoemer Satisfaction, Stategi Kompetitif Hingga E- Marketing Edisi 3, 445

Irawan, A. (2020, July 9). Kegitan Nasional Di Ibu Kota Tahun 2017 - 2019. Portal Statistik Sektoral Provinsi DKI Jakarta. https://statistik.jakarta.go.id/kegiatan- nasional-di-ibu-kota-tahun-2017-2019/ diakses pada 20 Maret 2023

Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.

Khairani, Z., Kamilah, F., & Soviyanti, E. (2022). Peran Periklanan Media Cetak, Digital Marketing, Dan Kelompok Referensi Terhadap Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 19(2), 211-217.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130

Napitupulu, D., & Hutabarat, Y. P. (2022). Manajemen Pemasaran Digital (Perpaduan Teori dan Aplikasi) (S. A. Putra & E. Rahayu, Eds.). Yayasan Kita Menulis.

Naurah, N. (2023, Feb 14) Daftar Platform Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan 2023, Facebook Juaranya. https://goodstats.id/article/daftar-platform-media- sosial-yang-paling-banyak-digunakan-2023-facebook-juaranya-BHY8q diakses pada 20 Maret 2023

Poluan, F. M., Mandey, S., & Ogi, I. W. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3).

Purnama, Cynthia (2020) Analisis Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram Pada Kegiatan Syncronize Festival. bachelor thesis, Podomoro University.

Putra, E. G. (2019). Analisa TEARS untuk Pemasaran dalam Hotel Bintang Lima Studi Kasus di Hotel BVLGARI Bali, Indonesia (Doctoral dissertation, Podomoro University).

Putri, A. W. (2018). Penggunaan Instagram Stories Sebagai Personal Branding (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2014) (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Rachmadi, T., & Kom, S. (2020). The Power Of Digital Marketing (Vol. 1). Tiga Ebook. Visi Misi INACRAFT (2022) https://inacraft.co.id

Wiridjati, W., & Roesman, R. R. (2018). Fenomena Penggunaan Media Sosial Dan Pengaruh Teman Sebaya Pada Generasi Milenial Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 11(2), 275-290.

Yoyo Sudaryo dkk, Digital Marketing dan Fine Tech di Indonesia, (Yogyakarta: Andi OFFSET, 2020) 36-37.

Share

COinS