•  
  •  
 

Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies

Abstract

Humans are social creatures who cannot live without other people around us. Humans also need to communicate with each other in order to become a basic need to share information with each other. Communication is also used as a measure of the effectiveness of a job. Communication is also divided into several meanings, one of which is interpersonal communication. Interpersonal communication is also used in the document division at PT. Antavaya Tour & Travel to support work effectiveness. Generally, the document division of PT. Antavaya Tour & Travel acts as a provider and service provider for making travel documents. Therefore, this final assignment discusses the role of client interpersonal communication in the document division to support the effectiveness of the document division. The purpose of this research is to find out how the role of communication is carried out by employees and clients, to find out how the effectiveness of the document division works. This study uses a type of qualitative research with data collection techniques, namely observation, interviews, and literature studies. The sources of this research are managers and supervisors from PT. Antavaya Tour & Travel. The results of this study indicate that the document division plays an important role for the continuity of making travel documents. It is hoped that the results of this research can provide useful information for readers, especially for those who want to know the process of making travel documents.

Bahasa Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa adanya orang lain di sekitar kita. Manusia pun juga perlu berkomunikasi dengan sesama guna menjadi kebutuhan dasar untuk saling berbagi informasi. Komunikasi pun digunakan sebagai tolak ukur keefektivitasan suatu pekerjaan. Komunikasi pun dibagi menjadi beberapa arti salah satunya adalah komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal pun digunakan pula di divisi dokumen pada PT. Antavaya Tour & Travel guna mendukung keefektivitasan kerja. Umumnya, divisi dokumen PT. Antavaya Tour & Travel berperan sebagai penyedia dan pemberi jasa pada pembuatan dokumen perjalanan. Oleh sebab itu, pada Tugas Karya Akhir ini membahas mengenai bagaimana peran komunikasi interpersonal klien pada divisi dokumen guna mendukung efektivitas kerja dari divisi dokumen. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi yang dilakukan oleh karyawan dan klien, untuk mengetahui bagaimana efektivitas kerja divisi dokumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi literatur. Narasumber dari penelitian ini adalah manager dan supervisor dari PT. Antavaya Tour & Travel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa divisi dokumen sangat berperan penting guna keberlangsungan pembuatan dokumen perjalanan. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi yang berguna bagi pembaca khususnya bagi yang ingin mengetahui bagaimana proses pembuatan dokumen perjalanan.

References

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Alyatalatthaf, M. D. M., & Putri, N. F. (2025). Monroe’s Oversexualization Through the Male Gaze in Blonde. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 41 (2). https://doi.org/10.17576/JKMJC-2025-4102-03

Alyatalatthaf, M., & Putri, N. (2022). Tempo’s Watchdog Journalism toward the Indonesian Government’s Policy on COVID-19. Jurnal ASPIKOM, 7(1), 44-60. doi:http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v7i1.1039

Darma, S., Giovani Sahri, Ms., Asnita Hasibuan, Ms., Wayan Wirta, Mp. I., Immanuel B Silitonga, Ms. D., Vina Merina Br Sianipar, Mp., Miftahul Khoiriah Sri Ayu Rayhaniah, Mp., Nancy Angelia Purba, Ms., Supriadi, Mp., Abwabul Jinan, Mh., Muhammad Hasyim, Sk., Editor, Ms., & Ali Mursid Alfathoni, M. (n.d.). PENGANTAR TEORI SEMIOTIKA. www.medsan.co.id

Dyah Eka Noviyanti, U., Nilzam Aly, M., Fiatiano, E., Studi DII Kepariwisataan, P., Wisata, B., Vokasi, F., & Srikana No, J. (2018). POTENSI PENGEMBANGAN KAMPUNG WISATA LAWAS MASPATI SEBAGAI DESTINASI WISATA BARU SURABAYA. In Jurnal Sains Terapan Pariwisata (Vol. 3, Issue 2). www.surabaya.go.id

Efendi, B. (n.d.). DINAMIKA KOMUNIKASI (Telaah atas Sejarah, Perkembangan dan Pengaruhnya terhadap Teknologi Kontemporer).

Firdhausa, F., & Apriani, R. (2021). Pengaruh Platform Media Sosial Terhadap Minat Generasi Milenial Dalam Berinvestasi Di Pasar Modal. Supremasi Hukum, 17(02), 96–103.

Liliweri, A. (2017). Komunikasi antar personal. Prenada Media.

Mahfud, M. H. (2020a). Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis swot. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113–125.

Mahfud, M. H. (2020b). Metode Penentuan Faktor-faktor Keberhasilan Penting dalam Analisis SWOT. AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian, 3(2), 113. https://doi.org/10.32585/ags.v3i2.546

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media.

Oka, A. Y., & Yoeti. (2013). Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa.

Permananingsih, E. Y. (2022). KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN MOTIVASI KERJA GURU SERTA DAMPAKNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN. Edum Journal, 5(2), 141–159. https://doi.org/10.31943/edumjournal.v5i2.119

Purwanti, S., Utami, S. W., & Latifah, L. (2022). Konseling Sebaya Pada Kesehatan Reproduksi Remaja Dalam Komunikasi Interpersonal. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(2), 47–55.

Puspitasari, D., & Putra Danaya, B. (2022). PENTINGNYA PERANAN KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI: LISAN, NON VERBAL, DAN TERTULIS (LITERATURE REVIEW MANAJEMEN). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 257–268. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.817

R. S. Damardjati. (2010). Istilah-Istilah Dunia Pariwisata.

Rachmadi, H. (2017). Dokumen Fasilitas Perjalanan. Deepublish.

Sari, A. F. (2020). ETIKA KOMUNIKASI. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i2.152

Steers, R. M., & Jamin, M. (1984). Efektivitas organisasi : kaidah perilaku. Erlangga. YUNIAWATI EKANINGRUM. (2022, October 26). DOKUMEN PERJALANAN (TRAVEL DOCUMENT). 1–1.

Share

COinS