•  
  •  
 

Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies

Abstract

This research aims to analyze the strategy of Telkomsel Siaga RAFI annual event organized by Senusa Indonesia in order to improve Telkomsel's brand image. Through this activity, Telkomsel seeks to strengthen relationships with customers and expand its social reach, especially during Ramadan and Idul Fitri 2025. The main focus of this final report is to explore the role of event management strategies in influencing the brand image of Telkomsel. Using brand image theory and direct observation techniques, this research also identifies the steps taken by Senusa Indonesia in designing and implementing events that include knowledge sharing and donations. The results showed that the event not only improved Telkomsel's image as a socially conscious brand, but also strengthened customer loyalty through their active involvement in social campaigns.

Bahasa Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi acara tahunan Telkomsel Siaga RAFI yang diselenggarakan oleh Senusa Indonesia guna meningkatkan citra merek Telkomsel. Melalui kegiatan ini, Telkomsel berupaya memperkuat hubungan dengan pelanggan dan memperluas jangkauan sosialnya, terutama selama Ramadan dan Idul Fitri 2025. Fokus utama laporan akhir ini adalah untuk mengeksplorasi peran strategi manajemen acara dalam mempengaruhi citra merek Telkomsel. Menggunakan teori citra merek dan teknik pengamatan langsung, penelitian ini juga mengidentifikasi langkah-langkah yang diambil oleh Senusa Indonesia dalam merancang dan melaksanakan acara yang mencakup berbagi pengetahuan dan donasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa acara tersebut tidak hanya meningkatkan citra Telkomsel sebagai merek yang peduli sosial, tetapi juga memperkuat loyalitas pelanggan melalui partisipasi aktif mereka dalam kampanye sosial.

References

Books:

Wijaya, S., Kristanti, M., Thio, S., & Jokom, R. (2023). Manajemen Event. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Wirata, I. N., & SE, M. P. (2023). Pengelolaan Event. PT. RajaGrafindo Persada- Rajawali Pers.

Kardini, N. L., Sudomo, A., GS, A. D., Arifin, Z., & Sallu, S. (2023). Manajemen Public Relation. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Lukman, N. P. S. D. F., Sari, A. M. S. W. P., & Evadianti, A. K. M. Y. (2023). Manajemen Humas. CV. Azka Pustaka.

Candra, K. Y. A., SE, M., Yasa, N. N. K., & SE, M. (2023). Event Marketing, E- WOM, Citra Merek terhadap Niat Beli: Konsep dan Aplikasi. CV. Intelektual Manifes Media.

Journals:

Alyatalatthaf, MDM., (2022). Tempo's watchdog journalism toward the indonesian goverment's policy on covid-19. Jurnal ASPIKOM, 7(1), 44-60.

Hamsinah, H., Yolanda, A., & Toruan, R. R. M. L. (2021). Penyelenggaraan Event “BRI RUN” Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Jurnal Cyber PR, 1(1), 22-31.

Ismail, M. (2023). Strategi Komunikasi Event Management Prolog Ecosystem Studi Kasus Prolog Fest 2021 Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Era New Normal= Communication Strategy of Event Management Prolog Fest 2021 in Increasing Visitor Interest in the New Normal Era (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Muarif, A., Syarifudin, A., & Hamandia, M. R. (2024). Analisis Faktor Keberhasilan Event Organizer Dalam Menyelenggarakan Acara (Studi Kasus Cv Soundtrack Indonesia). Journal of Business and Halal Industry, 1(4), 8-8.

Aprilia, A. P., & Anisa, R. (2023). Strategi efektif dalam manajemen event venue Timezone di Mall Margocity Depok. Comdent: Communication Student Journal, 1(2), 306-321.

Nafi, A. A. A. (2024, November). The Event Management Analysis at the 6th UMSurabaya National Silat Championship 2024: English. In International Management Conference and Progressive Papers (Vol. 2, No. 1, pp. 69-81).

Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 5(1), 8-16.

Wibowo, K., Nadya Fransisca, Checilia Regitha, & Fransiscus Xaverius. (2024). Peran Public Relations dalam Membangun Citra Positif Perusahaan di Era Digital. DIGICATION; Vol. 1 No. 1 (2024): Perspektif Perdana; 70-79.

Risnawati, A., Zuraini, Z., Asian, A., & Haryati, H. (2023). STRATEGI HUMAS (PUBLIC RELATION) DALAM MEMBENTUK CITRA ORGANISASI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4139-4143.

Muhammad Reza Fikri Rachman, R. (2022). Pengaruh Kampanye Public Relations Erigo “Stop Asian Hate” Terhadap Citra Perusahaan (Doctoral dissertation, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta).

Rahmi, R., Dalimunthe, S., & Susita, D. (2021). Analisis SWOT sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan Kompetitif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 3(2), 87-95.

Zulfiningrum, R. (2023). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Pada Hotel Aruss Semarang. Ekspresi dan Persepsi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 250-263.

Websites:

https://www.telkom.co.id/sites/berita/id_ID/news/telkomgroup-siaga-rafi- 2025-menghubungkan-nusantara,-satukan-hati-nan-fitri-2899

https://www.liputan6.com/tekno/read/5824728/target-ambisius-telkomsel- punya-128-juta-pelanggan-5g-pada-2025?page=3

https://www.antaranews.com/berita/4741077/perluas-cakupantelkomsel-nantikan- peningkatan-pengguna-5g-di-lebaran

Share

COinS