•  
  •  
 

Antropologi Indonesia

Abstract

Penelitian etnografi lekat dengan studi kasus. Seiring dengan perkembangannya, pandangan dan cara melakukan etnografi mengalami perubahan. Semula etnografi merupakan gambaran mengenai suku bangsa sebagai sebuah kasus studi yang dilakukan dengan membuat deskripsi yang detail dan obyektif. Belakangan ia menjadi deskripsi sebuah komuniti yang di dalamnya terekam pengalaman subyektif peneliti dalam melakukan pencarian data di lapangan. Ada kesadaran bahwa kasus yang ditampilkan dalam etnografi merupakan pilihan peneliti baik secara sengaja, tidak sengaja maupun kompromi dengan informan. Isu representasi dari sebuah etnografi menguat. Selain munculnya kesadaran mengenai representasi dan otoritas dalam melukiskan sebuah komuniti, diskusi mengenai etnografi masa kini juga diwarnai dengan pilihan kasus yang lebih pribadi. Beberapa ahli menawarkan kemungkinan otoetnografi sebagai salah satu pilihan dalam menulis etnografi. Bagi para pengusungnya, etnografi mampu mengangkat kasus-kasus yang selama ini tidak terungkap oleh peneliti yang berasal dari luar komuniti yang dikaji. Otoetnografi menjadi sarana untuk menyuarakan deskripsi dari komuniti yang selama ini terpinggirkan. Dalam konteks Indenesia, saya melihat otoetnografi dapat dijadikan sebagai tawaran untuk lahirnya klaim antropologi Indonesia.

References

Beattie, John. 1964 Other Culture: Aims, Methods, and Achievement in Social Anthropology. New York: Free Press. Bochner, Arthur P. and Carolyn Ellis, (peny.) 2002 Ethnographically Speaking; Authoethnography, Literature, and Aesthetics. Walnut Creek, CA: Alta Mira Press. Buzard, James. 2003 “On Auto-ethnographic Authority”, dalam The Yale Journal of Criticism; Spring 2003; 16, 1. hlm. 61–91. Chiu, Jeannie. 2004 “I Salute the Spirit of My Communities: Autoethnographic Innovations in Hmong American Literature”, dalam College Literature; Summer 2004; 31, 3. hlm. 43–69. Clair, R. B. 2003 “The Changing Story of Ethnography”, dalam Expression of Ethnography. Novel Approach to Qualitative Methods. R. P. Clair, (peny.). Albany: State University of New York Press. hlm. 3–28. Clifford, James. 1986a “Introduction: Partial Truth”, dalam Writing Culture. The Poetics and Politics of Ethno- graphy. Clifford J. & G. E. Marcus, (peny.). Berkeley: Univ. of California Press. hlm. 1–26. 1986b “On Ethnographic Allegory”, dalam Writing Culture. The Poetics and Politics of Ethno- graphy. Clifford J. & G. E. Marcus, (peny.). Berkeley: Univ. of California Press. hlm. 98–121. 1988 The Predicament of Culture. Twentieth-century Ethnography, Literature and Art. Cam- bridge: Harvard University Press. Crane, J.G & M. V. Angrosino 1992 Field projects in anthropology. A student handbook, 3rd ed. Prospect Heights, Illinois: Waveland Press Inc. Deck, Alice A. 1990 “Authoethnography: Zora Neale Hurston, Noni Jabavu, and Cross Disciplinary Ciscourse”, dalam Black American Literature Forum; Summer 1990; 24, 2. hlm. 237–256. Denzin, Norman 2004 “The Art and Politics of Interpretation”, dalam Approach to Qualitative Research. A Re- ader on Theory and Practice S. N. Hesse-Biber & P. Leavy, (peny.). New York: Oxford University Press. hlm. 447–472. Ellis, Carolyn 2004 The Ethnographic I: A Methodological Novel about Authoethnography. Walnut Creek, CA: Alta Mira Press. Ellis, Carolyn & A. P. Bochner. 2000 “Authoethnography, Personal Narative, Reflexivity: Researcher as Subject”, dalam Handbo- ok of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 733 –768. Ettorre, Elizabeth. 2006 “Making Sense of My Illness Journey from Thyrotoxicosis to Health: an Authoethno- graphy”, dalam Auto/Biography 2006; 14. hlm. 153–175. Hefner, Robert W. 1999 Geger Tengger. Perubahan Sosial dan Perkelahian Politik. Yogyakarta: LKIS. Fay, Brian 1996 Contemporary Philosophy of Social Science. A Multicultural Approach. Oxford: Blackwell Publ. Fetterman, David M. 1989 Ethnography: Step by Step. Newburry Park: Sage Publication. Geertz, Clifford. 1983 The Interpretation of Culture. New York: Basic Book. 1992 Santri, Abangan, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya. Goodall Jr, H. L. 2003 “What is Interpretive Ethnography? An Eclectic’s Tale”, dalam Expression of Ethnography. Novel Approaches to Qualitative Methods. R. B. Clair, (peny.). Albany: SUNY Press. hlm. 55 –64. Hilfrich, Carola 2006 “The Self is a People: Autoethnographic Poetics in Hélène Cixous’s Fictions?”, dalam New Literary History; Winter 2006; 37, 1. hlm. 217–264. Jones, Stacy H. 2005 “Autoethnography. Making the Personal Political”, dalam Handbook of Qualitative Re- search. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 763–791. Jovanovic, Spoma 2003 “Difficult Conversations as Moral Imperative: Negotiating Ethnic Identities During War”, dalam Communication Quarterly; Winter 2003; 51, 1. hlm. 57–72. Kraver, Jeraldine R. 2005 “The Ethnographic I: A Methodological Novel About Authoethnography”, dalam Biogra- phy; Spring 2005; 28, 2. hlm. 316–319. Krizek, R. L. 2003 ‘Ethnography as the Excavation of Personal Narative’, dalam Expression of Rthnography. Novel Approach to Qualitative Methods. R. P. Clair, (peny.). Albany: State University of New York Press. hlm. 141–151. Koentjaraningrat 1983 Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat. 1985 The Javanese Culture. Singapore: Oxford University Press. Li, Tania M. 2002 Proses Transformasi Daerah Pedalaman di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Loebis, Parlindungan 2006 Orang Indonesia di Kamp Konsentrasi Nazi. Autobiografi Parlindungan Loebis. Jakarta: Komunitas Bambu. van Maanen, J. 2004 “An End to Innocence: The Ethnography of Ethnography”, dalam Approach to Qualitative Research. A Reader on Theory and Practice. S. N. Hesse-Biber & P. Leavy, (peny.). New York: Oxford University Press. hlm. 427–446. Malinowski, B. 1961 The Argonauts of Western Pacivic. New York: E. P. Dalton and Co. Marcus, G. E. 1998 “Introduction; Anthropology on the Move”, dalam Ethnographic Through Thick and Thin. New Jersey: Princeton Univ Press. hlm. 4 –30. Martineau, Joel 2001 “Authoethnography and Material Culture: The Case of Bill Reid”, dalam Biography; Winter 2001; 24, 1. hlm. 242–258. Murav, Harriet 2003 “Fictions of Jewish Self-writing in the Post-Soviet Era”, dalam Symposium; Fall 2003; 57, 3. hlm. 175–185. Narayan, Kirin 2006 “Review on The Ethnographic I: A Methodological Novel about Authoethnography”, dalam American Anthropologist; Mar 2006; 108, 1. hlm. 241–242. Neuman, W. Lawrence 1997 Social Research Methods. Qualitative and Quantitative Approaches. 3rd ed. Boston: Allyn & Bacon. Oldani, Michael J. 2004 ‘Thick Prescriptions: Toward an Interpretation of Pharmaceutical Sales Practices”, dalam Medical Anthropology Quarterly; Sep 2004; 18, 3. hlm. 325–356. Olson, Loreen N.2004 “The Role of Voice in the (Re)Construction of a Battered Woman’s Identity: An Autoe- thonography of Oone Woman’s Experiences of Abuse”, dalam Women’s Studies in Com- munication; Spring 2004; 27, 1. hlm. 1–33. Patton, Tracey Owens. 2004 “In the Guise of Civility: The Complicitous Maintenance of Inferential Forms of Sexism and Racism in Higher Education”, dalam Women’s Studies in Communication; Spring 2004; 27, 1. hlm. 60–87. Pelto, P. J & G. H. Pelto 1978 Anthropological Research. The Structure of Inquiry. Cambridge: Cambridge University Press. Peluso, N. L. 1992 Rich Forests, Poor People. Resource Control and Resistence in Java. California: University of California Press. Pratt, Mary Louise 1992 Imperial Eyes. Travel Writing and Transculturation. London & New York: Routledge. Romo, Jaime J. 2004 “Experience and Context in the Making of a Chicano Activist”, dalam The High School Journal; Apr/May 2004; 87, 4. hlm. 95–111. Salih, Sara 2004 “A Gallant Heart to the Empire. Otoetnografi and Imperial Identity in Mary Seacole’s Wonderful Adventures”, dalam Philological Quarterly; Spring 2004; 83, 2. hlm. 171–195. Stake, Robert E. 2000 “Case study”, dalam Handbook of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 435–454. Stake, Robert E. 2005 “Qualitative Case Study”, dalam Handbook of Qualitative Research. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 443 –465. Tedlock, B. 2000 “Ethnography and Ethnographic Representation”, dalam Handbook of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 455–486. 2005 “The Observation of Participation and the Emergence of Public Ethnography”, dalam Handbook of Qualitative Research. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (peny.). Thousand Oaks: Sage Publ. hlm. 467–482. Tellis, Winston 1997 “Application of a Case Study Methodology”, dalam The Qualitative Report, Volume 3, Number 3, September. Trujillo, N. 2003 “In Search of Naunny’s Ethnicity: an (Auto)Ethnographic Study of a Family’s Ethnic Identity’, dalam Expression of Ethnography. Novel Approach to Qualitative Methods (R. P. Clair, ed). Albany: State University of New York Press. hlm. 257–270. Tsing, A. 1994 In the Realm of the Diamond Queen. Princeton, N.J: Princeton University Press. Vicars, Mark 2006 “Queer Goings-on’: An Autoethnographic Account of the Experiences and Practice of Performing a Queer Pedagogy”, dalam Auto/Biography 2006; 14. hlm. 21–40. Watson, Julia 1997 “Unruly Bodies: Autoethnography and Authorization in Nafissatou Diallo’s De Tilene au Plateau (A Dakkar Childhood)”, dalam Research in African Literatures; Summer 1997; 28, 2. hlm. 34. Waterston, Alisse 2005 “The Story of My Story: An Anthropology of Violence, Dispossession, and Diaspora”, dalam Anthropological Quarterly; Winter 2005; 78, 1. hlm. 43–61. Weil, Ann Marie 2001 The Best of Times: an Authoethnography of a Cerebraal Vascular Accident. Unpublished Ph.D Thesis submitted to Drexel University. Whitaker, Mark 2004 “Tamilnet.com: Some Reflections on Popular Anthropology, Nationalism, and the Inter- net”, dalam Anthropological Quarterly; Summer 2004; 77, 3. hlm. 469–498. Winarto, Y. T. & D. Sulistyowati. 2006 Luka Sebuah Negeri. Puisi Etnografi M. Junus Melalatoa. Jakarta: Yayasan Obor Indo- nesia. Wong, Hertha Dawn 1992 Sending My Heart Back Across the Years; Tradition and Innovation in Native American Autobiography. New York: Oxford University Press.

Bibliografi Beranotasi

Beattie, John. 1964 Other Culture: Aims, Methods, and Achievement in Social Anthropology. New York: Free Press. Sebuah buku klasik tentang pengantar antropologi. Membicarakan ruang lingkup dan konsep-konsep dasar antropologi. Beberapa bab membicarakan aspek metodologi secara mendalam, khususnya dalam hal penelitian lapangan. Bochner, Arthur P. and Carolyn Ellis, (Eds.) 2002 Ethnographically Speaking; Authoethnography, Literature and Aesthetics. Walnut Creek, CA: Alta Mira Press. Kumpulan tulisan mengenai argumen Bochner dan Ellis yang mendiskusikan posisi otoetnografi serta contoh-contohnya. Keduanya berargumen bahwa otoetnografi merupakan batas yang kabur antara genre fiksi dan etnografi, antara sastra dan sains. Buzard, James 2003 “On Auto-ethnographic Authority”, dalam The Yale Journal of Criticism; Spring 2003; 16, 1. p. 61–91. Membahas metode otoetnografi secara mendasar, baik premis yang mendukung maupun kelemahannya. Secara khusus mengulas genre otoetnografi yang dikembangkan M. L. Pratt untuk memahami batas-batas persentuhan budaya Barat dengan non-Barat. Juga ulasan J. Clifford tentang travelling culture yang menyatakan bahwa tidak seorang pun mampu menguasai keseluruhan aspek budaya pada komunitasnya. Kedua penulis berhenti pada pada titik siapa yang berhak menggambarkan budaya, otoetnografi muncul sebagai tawaran. Chiu, Jeannie 2004 “I Salute the Spirit of My Communities: Autoethnographic Innovations in Hmong American Literature”, dalam College Literature; Summer 2004; 31, 3. p. 43–69. Menggambarkan proses pembentukan identitas orang Amerika keturunan Hmong yang merupakan pengungsi Vietnam. Chiu melukiskan bahwa beberapa karya sastra dan etnografi orang Hmong muncul sebagai gugatan tentang siapa yang sebenarnya paling berhak menyuarakan kebudayaan kelompok tertentu. Clair, R. B. 2003 “The Changing Story of Ethnography”, dalam Expression of Ethnography. Novel Approach to Qualitative Methods. R. P. Clair, (Ed.). Albany: State University of New York Press. p. 3–28. Memaparkan pandangan tentang perubahan orientasi etnografi dari catatan peneliti yang bersifat kolonialis. Kemudian muncul pertanyaan tentang representasi dan akhirnya pertanyaan mengenai legitimasi etnografi itu sendiri. Penulis memberikan sejumlah bentuk etnografi alternatif yang lebih reflektif. Clifford, James 1986a “Introduction: Partial Truth”, dalam Writing Culture. The Poetics and Politics of Ethnog- raphy. Clifford J. & G. E. Marcus, (Eds.). Berkeley: Univ. of California Press. p. 1–26. Penulisan etnografi harus dapat menjelaskan objek yang diteliti oleh etnografer dalam konteks yang disadari betul subjektivitasnya. Kebenaran tentang apa yang ditelitinya dengan demikian merupakan kebenaran reflektif, di dalamnya bercampur-aduk pendapat peneliti dan informasi yang dia peroleh. Clifford, James. 1986b “On Ethnographic Allegory”, dalam Writing Culture. The Poetics and Politics of Ethnog- raphy. Clifford J. & G. E. Marcus, (Eds.). Berkeley: Univ. of California Press. p. 98–121. Etnografi sebagai teks tidak akan luput dari kiasan atau metafora dan karenanya penulisan etnografi sama halnya dengan cara mengubah membaca etnografi. Clifford berargumen bahwa etnografi yang ditulis harus lebih menampakkan unsur dialogis dan polyponic voices. Clifford, James. 1988 The Predicament of Culture. Twentieth-century Ethnography, Literature and Art. Cam- bridge: Harvard University Press. Sebuah kajian kritis tentang etnografi terutama berkaitan dengan konsep budaya, cara meneliti, dan cara penyampaiannya. Etnografi menurut Clifford harus mampu mendudukkan masalah wacana yang berkembang pada objek yang ditelitinya. Selain itu, etnografi juga harus mampu menggambarkan elemen pengalaman, penafsiran, dialog, dan proses poliponik yang terjadi. Crane, J. G. & M. V. Angrosino 1992 Field Projects in Anthropology. A Student Handbook, 3rd ed. Prospect Heights, Illinois: Waveland Press Inc. Sebuah panduan sederhana untuk melakukan penelitian etnografi bagi mahasiswa antropologi. Di antaranya adalah berlatih melakukan wawancara dan analisis life history, juga menggunakan dokumentasi pribadi informan untuk dianalisis. Davies, Charlotte A. 1999 “Researching Selves: The Uses of Autobiography”, dalam Reflexive Ethnography. A Guide To Researching Selves and Others. London and New York: Routledge. p. 178–190. Kumpulan tulisan ini membicarakan pentingnya kesadaran peneliti atas keterlibatannya pada topik yang diteliti. Di sini, Davies menuliskan kegunaan otobiografi. Catatan seseorang tentang kehidupannya bisa dijadikan data untuk menggambarkan proses kontruksi dan rekonstruksi kebudayaan secara lebih personal. Menurut Davies, salah satu hal baru dari refleksi antropologi adalah mengeksplorasi otobiografi etnografer. Kajian semacam ini bisa terjadi ketika the native yang akan diteliti adalah etnografer yang berasal dari negara berkembang atau dari kelompok marginal di negara maju. Deck, Alice A. 1990 “Authoethnography: Zora Neale Hurston, Noni Jabavu, and Cross Cisciplinary Ciscourse”, dalam Black American Literature Forum; Summer 1990; 24, 2. p. 237–256. Sebuah kajian otobiografi Zora Hurston, seorang black American yang tidak pernah menganggap dirinya korban diskriminasi. Dalam teks, dia mendefinisikan diri sebagai pejuang atau aktivis kulit hitam. Otobiografi Hurston menjadi penting karena menunjukkan bagaimana penindasan kulit putih atas kulit hitam dapat dianalisis melalui sudut pandang yang positif bagi kulit hitam. Denzin, Norman 2004 “The Art and Politics of Interpretation”, dalam Approach to Qualitative Research. A Reader on Theory and Practice S. N. Hesse-Biber & P. Leavy, (Eds.). New York: Oxford University Press. p. 447–472. Esai yang menyajikan pendapat Denzin mengenai hakikat dari karya etnografi. Cara mencari data, analisis, terutama cara penulisan menurutnya tidak lepas dari faktor alasan penulis untuk mengangkat data. Alasan selalu bersifat politis, sehingga selain merupakan sebuah seni bertutur, etnografi juga mempunyai muatan ideologi penulis. Ellis, Carolyn 2004 The Ethnographic I: A Methodological Novel about Authoethnography. Walnut Creek, CA: Alta Mira Press. Sebuah buku pengantar metode pembuatan otoetnografi dari Ellis. Berisi sejumlah contoh otoetnografi yang dibuat dalam konteks pendidikan tinggi, pengalaman para mahasiswa dan guru/ dosen, serta kegiatan pendidikan di Amerika. Ellis, Carolyn & A. P. Bochner. 2000 “Authoethnography, Personal Narative, Reflexivity: Researcher as Subject”, dalam Hand- book of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 733 –768. Memperkenalkan genre etnografi yang mereka namakan otoetnografi. Genre ini merupakan narasi dan refleksi dari partisipan dalam sebuah komunitas atau satuan budaya tertentu ketika menceritakan kembali pengalaman hidupnya. Merupakan contoh bagaimana kasus yang dialami sendiri oleh peneliti dapat diangkat sebagai kasus. Ettorre, Elizabeth. 2006 “Making Sense of My Illness Journey from Thyrotoxicosis to Health: an Authoethnogra- phy”, dalam Auto/Biography 2006; 14. p. 153–175. Sebuah otoetnografi mengenai pengalaman menderita hipertiroid. Ettore berpendapat bahwa menampilkan refleksi tentang suatu penyakit akan membantu proses penyembuhan dan tentunya akan menyumbangkan sesuatu yang baru bagi profesi medis. Otoetnografinya menghubungkan berbagai isu tentang tubuh, gender, sakit, kesehatan, dan proses penyembuhan. Hefner, Robert W. 1999 Geger Tengger. Perubahan Sosial dan Perkelahian Politik. Yogyakarta: LKIS. Hefner melihat masyarakat dataran tinggi Jawa dari kacamata antropologi serta menghiraukan sejarah. Dinamika masyarakat Tengger dilihatnya sebagai sebuah interaksi antara budaya orang Tengger, perubahan konstelasi politik, dinamika sosial-ekonomi, dan relevansi agama dalam kehidupan sehari-hari. Sejarah perkembangan ekonomi (pertanian) dan masyarakat (kelas sosial) adalah respons terhadap setiap perubahan yang terjadi akibat kebijakan negara yang selalu mengesampingkan masyarakat di kawasan pegunungan. Fay, Brian 1996 Contemporary Philosophy of Social Science. A Multicultural Approach. Oxford: Blackwell Publ. Sebagai etnografer, to know atau ‘mengetahui’ sebaiknya melampaui batas-batas identifikasi dan eksplanasi. Selain itu, juga harus sampai pada kemampuan mendapatkan sense dan experience sebagaimana yang diceritakan oleh informan. Di sisi lain, pengalaman sangat ditentukan oleh interpretive assumptions yang dibawa seseorang, termasuk harapan, memories, keyakinan, keinganan dsb. Aspek subjektif peneliti ketika memilih kasus dengan demikian menjadi sangat personal sesuai dengan pengalaman multikulturalnya. Fetterman, David M. 1989 Ethnography: Step by Step. Newburry Park: Sage Publication. Sebuah panduan singkat untuk melakukan penelitian etnografi bagi pemula. Salah satunya adalah cara meneliti kasus life history. Geertz, Clifford 1983 The Interpretation of Culture. New York: Basic Book. Kumpulan tulisan Geertz yang menjadi bacaan dasar bagi peminat antropologi untuk mempelajari hermeneutika dan interpretif simbolik yang dikembangkannya. Dalam beberapa tulisannya, pendapat Geertz mengenai kebudayaan sangat erat kaitannya dengan data yang ia dapat. Padahal, data disadarinya sebagai sebuah konsekuensi metodologis. Di tingkat akhir, analisis atau interpretasi mestinya mampu memberikan gambaran yang lebih menyeluruh. Geertz, Clifford 1992 Santri, Abangan, Priyayi dalam Masyarakat Jawa. Jakarta: Pustaka Jaya. Karya etnografi tentang Jawa yang sangat terkenal, menumbuhkan diskusi dan praksis yang panjang mengenai kategorisasi masyarakat Jawa. Dibuat dengan metode klasik antropologi, yaitu observasi berpartisipasi, buku ini menjadi contoh bagaimana Geertz menjelaskan masyarakat dan budaya Jawa dengan perspektif etnografi. Goodall Jr, H. L. 2003 “What is Interpretive Ethnography? An Eclectic’s Tale”, dalam Expression of Ethnography. Novel Approaches to Qualitative Methods. R. B. Clair, (Eds.). Albany: SUNY Press. p. 55 –64. Tulisan tentang cara etnografer berhadapan dengan perkara “realitas”, khususnya apa dan bagaimana realitas menjadi bermakna untuk sesorang. Goodall mengajukan berbagai hal berkaitan dengan interpretive ethnography sebagai metode untuk lebih dapat menceritakan kembali objek yang sedang diteliti. Persoalan memilih kasus harus dipahami dalam konteks realitas yang sedang diperbincangkan dengan subjektivitas peneliti termasuk di dalamnya. Hilfrich, Carola. 2006 “The Self is a People: Autoethnographic Poetics in Hélène Cixous’s Fictions?”, dalam New Literary History; Winter 2006; 37, 1. p. 217–264. Sebuah kajian otoetnografi atas karya Helene Cixous. Hilfrich mengungkapkan bagaimana konsep tentang “orang lain” dapat dimunculkan, antara lain melalui pemaparan tentang “kejadian” atau event-ness. Dalam puisi, selain unsur estetik juga muncul refleksi pengarang mengenai motif kehidupan. Jones, Stacy H. 2005 “Autoethnography. Making the Personal Political”, dalam Handbook of Qualitative Re- search. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 763–791. Sebuah artikel yang memperkenalkan otoetnografi secara provokatif. Otoetnografi bukan sekadar tulisan untuk dibaca, melainkan juga alat untuk menyampaikan gagasan dan mengajak pembaca berdialog dengan topik yang dibicarakan. Pesan yang ditampilkan adalah mengenai gerak atau dinamika budaya yang ditangkap oleh pelaku untuk disampaikan kepada publik. Jovanovic, Spoma 2003 “Difficult Conversations as Moral Imperative: Negotiating Ethnic Identities During War”, dalam Communication Quarterly; Winter 2003; 51, 1. p. 57–72. Otoetnografi mengenai bagaimana orang yang hidup dalam dua dunia, dua lingkungan budaya yang berbeda, menanggapi peperangan yang melibatkan kedua budaya tersebut. Bagi Jovanovic (2003), warga Amerika keturunan Serbia, menulis adalah kewajiban moral untuk mengangkat kasus peperangan antar bekas negara Yugoslavia yang melibatkan intervensi Amerika. Apa yang ditulisnya merupakan eksplorasi etika dan komunikasi perasaannya dalam proses pembentukan identitas pada masa peperangan. Kraver, Jeraldine R. 2005 “The Ethnographic I: A Methodological Novel About Authoethnography”, dalam Biography; Spring 2005; 28, 2. p. 316–319. Review buku metodologi yang menjelaskan langkah-langkah dan argumen utama munculnya otoetnografi yang ditulis C. Ellis. Kraver menyoroti bagaiman otoetnografi mampu menjembatani perbedaan antara karya sastra dan etnografi. Krizek, R. L. 2003 “Ethnography as the Excavation of Personal Narative”, dalam Expression of Rthnography. Novel Approach to Qualitative Methods. R. P. Clair, (Eds.). Albany: State University of New York Press. p. 141–151. Bagi Krizek, penulisan etnografi makin ke arah reflektif, ditandai dengan lebih seringnya penggunaan personal narative. Ide ini mengedepankan pengalaman etnografer sebagai pelaku yang juga memengaruhi cerita tentang komunitas yang ditelitinya. Koentjaraningrat 1983 Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat. Buku pengantar antropologi sosial yang memberikan kerangka penulisan etnografi. Kerangka itu harus memiliki segala unsur yang dibutuhkan untuk merekonstruksi kebudayaan suatu kelompok sosial yang diteliti. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran utuh mengenai kelompok sosial sebagai kasus yang ditampilkan. Koentjaraningrat 1985 The Javanese Culture. Singapore: Oxford University Press. Sebuah tulisan yang menggambarkan budaya Jawa. Kombinasi antara studi lapangan di desa-desa di Jawa, penelusuran literatur, dan pengalaman pribadi sebagai pendukung kebudayaan Jawa. Pilihan untuk mengangkat beberapa isu seperti kesenian dan organisasi sosial menunjukkan sisi subjektif penulis mengenai kebudayaannya. Pendapatnya mengenai kesenian yang high culture, misalnya, melibatkan pengalaman sebagai “orang dalam” di lingkungan elite bangsawan memperlihatkan aspek otoetnografi. Li, Tania M. 2002 Proses Transformasi Daerah Pedalaman di Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Kumpulan tulisan yang menampilkan kehidupan masyarakat pedalaman di Indonesia yang terpinggirkan oleh pembangunan dan modernisasi. Para penulisnya menyampaikan laporan hasil penelitian dan analisis tentang kondisi marginal yang dialami masyarakat berikut strategi yang mereka lakukan. Simpati para penulis dan ideologi yang menyerta ketika menulis laporan sangat kentara dalam karya tulis mereka. Loebis, Parlindungan 2006 Orang Indonesia di Kamp Konsentrasi Nazi. Autobiografi Parlindungan Loebis. Jakarta: Komunitas Bambu. Sebuah otobiografi yang diangkat dari memoir seorang dokter dalam kamp konsentrasi Nazi Jerman. Loebis datang sebagai mahasiswa kedokteran di Negeri Belanda, menyelesaikan studi, kemudian bekerja sebagai dokter sambil menunggu waktu pulang. Ketika Jerman menduduki Belanda, dia termasuk di antara orang Belanda yang diambil dan ditempatkan di sebuah kamp konsentrasi. van Maanen, J. 2004 “An End to Innocence: The Ethnography of Ethnography”, dalam Approach to Qualitative Research. A Reader on Theory and Practice. S. N. Hesse-Biber & P. Leavy, (Eds.). New York: Oxford University Press. p. 427–446. Kajian mengenai studi etnografi yang dilakukan para ahli antropologi. Menurut penulis, etnografi seolah berhenti pada proses metodologi dan tidak banyak berubah dari waktu ke waktu. Dia menyarankan untuk mencoba menuliskan etnogarfi sedemikian rupa sehingga aspek tekstual dan faktual dari data etnografi dapat tercapai. Malinowski, B. 1961 The Argonauts of Western Pacivic. New York: E. P. Dalton and Co. Karya klasik dalam antropologi. Menjadi model bagaimana etnografi tentang suatu kelompok sosial, tepatnya kelompok etnik, diangkat sebagai sebuah kasus untuk menjelaskan persoalan-persoalan ekonomi, politik, agama, dan kebudayaan. Marcus, G. E. 1998 “Introduction; Anthropology on the Move”, dalam Ethnographic Through Thick and Thin. New Jersey: Princeton Univ Press. p. 4 –30. Buku ini meneruskan ide mengenai krisis representasi etnografi yang pernah dilontarkan Marcus. Pada bagian awal, Marcus menekankan kemampuan melakukan refleksi, komplesitas suara atau sudut pandang, dan posisi peneliti dalam melakukan riset atau analisis etnografi.

Martineau, Joel 2001 “Authoethnography and Material Culture: The Case of Bill Reid”, dalam Biography; Winter 2001; 24, 1. p. 242–258. Sebuah kajian tentang otoetnografi yang mampu mengangkat karya seni rupa menjadi media untuk melihat pemikiran seseorang atas lingkungannya. Martineau menganalisis patung-patung karya Bill Reid yang mampu menceritakan perubahan identitas, sekaligus sebuah bentuk perlawanan atas hegemoni kelompok tertentu di Kanada. Dia menentang praktik manajemen hutan yang dinilainya destruktif dan mengingkari hak masyarakat adat. Murav, Harriet 2003 “Fictions of Jewish Self-writing in the Post-Soviet Era”, dalam Symposium; Fall 2003; 57, 3. p. 175–185. Karya-karya novel sastrawan Yahudi dan Rusia dapat dilihat sebagai refleksi atas kehidupan yang mereka lalui. Karya sastra kontekstual ini juga merepresentasikan cara pandang mereka atas kehidupan sosial. Otobiografi pengarang Yahudi dan Rusia ditinjau oleh Murav sebagai contoh dari otoetnografi yang menggambarkan identitas kultural. Narayan, Kirin 2006 “Review on The Ethnographic I: A Methodological Novel about Authoethnography”, dalam American Anthropologist; Mar 2006; 108, 1. p. 241–242. Review buku metodologi yang menjelaskan langkah-langkah dan argumen utama munculnya otoetnografi yang ditulis C. Ellis. walaupun tawaran metodologi dari Ellis mengenai otoetnografi untuk merepresentasikan budaya yang ditawarkan demikian menarik perhatian, pertanyaan tetap saja muncul: bagaimana kita dapat menempatkan metode tersebut dalam teks-teks lain yang bersifat sangat longgar. Neuman, W. Lawrence 1997 Social Research Methods. Qualitative and Quantitative Approaches. 3rd ed. Boston: Allyn & Bacon. Sebuah pengantar metodologi riset sosial yang menyajikan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara komprehensif. Pada bagian kualitatif, disebutkan bagaimana studi kasus saat ini menjadi karakteristik penelitian kualitatif. Oldani, Michael J. 2004 “Thick Prescriptions: Toward an Interpretation of Pharmaceutical Sales Practices”, dalam Medical Anthropology Quarterly; Sep 2004; 18, 3. p. 325–356. Etnografi kehidupan seorang detailer obat-obatan yang terlibat lingkaran pemasaran obat, meliputi dokter-pasien-detailer. Lingkaran itu membentuk struktur pemberian hadiah dari detailer kepada dokter. Hadiah diberikan jika dokter menulis resep obat tertentu yang ditawarkan detailer dan pasien membeli obat yang diresepkan. Demikian rumit dan privatnya lingkaran ini sehingga Oldani berargumen bahwa hanya autoetnografi yang dapat menjelaskannya. Olson, Loreen N. 2004 “The Role of Voice in the (Re)Construction of a Battered Woman’s Identity: An Au- toethonography of Oone Woman’s Experiences of Abuse”, dalam Women’s Studies in Communication; Spring 2004; 27, 1. p. 1–33. Otoetnografi yang mengupas kekerasan dalam rumah tangga, menceritakan pengalaman dan refleksi seorang istri yang menjadi korban kekerasan suami. Dengan otoetnografi, yang mengupas life history secara lebih personal, Olson berargumen bahwa kasus-kasus yang tersembunyi selama ini dapat terekam dan diceritakan dengan lebih baik. Termasuk di dalamnya bagaimana perubahan identitas terjadi akibat tindak kekerasan. Patton, Tracey Owens 2004 “In the Guise of Civility: The Complicitous Maintenance of Inferential Forms of Sexism and Racism in Higher Education”, dalam Women’s Studies in Communication; Spring 2004; 27, 1. p. 60–87. Otoetnografi yang menceritakan pengalaman diskriminasi seorang pengajar wanita di universitas di Amerika baik dari sisi gender maupun ras. Patton berpendapat bahwa kondisi diskriminatif tersebut seakan-akan merupakan suatu hal yang biasa dalam tradisi perguruan tinggi. Tradisi itu susah diidentifikasi, alami, dan diterima sebagai sebuah kewajaran. Otoetnografi cocok untuk mengungkapkan sisi yang susah diungkap dengan penelitian konvensional. Pelto, P. J & G. H. Pelto 1978 Anthropological Research. The Structure of Inquiry. Cambridge: Cambridge University Press. Sebuah pengantar mengenai metodologi penelitian sosial yang mendudukkan persoalan teori dan data yang akan diolah dengan pendekatan tertentu. Metodologi dilihat sebagai struktur dari prosedur dan aturan transformasi yang memungkinkan seorang peneliti/ilmuwan mengangkat serta membumikan data dalam sebuah tangga abstrasi. Dalam bagian tentang objek kajian antropologi ada tulisan tentang perspektif emik dan etik yang digunakan peneliti. Peluso, N. L. 1992 Rich Forests, Poor People. Resource Control and Resistence in Java. California: University of California Press. Peluso menggambarkan sejarah kebijakan kehutanan yang dirancang untuk mengontrol lahan hutan, jenis pohon, tenaga kerja, dan ideologi di Jawa. Studi tentang masyarakat Jawa dilakukan secara kontinyu sejak kehadirannya pada pertengahan 70-an. Selain itu, pengalaman penelitian masyarakat desa hutan Kalimantan, telah membawa Peluso ke konteks masyarakat desa hutan Jawa. Argumen yang ditampilkan adalah cara masyarakat sekitar hutan di Jawa, yang termarginalisasi oleh manajemen hutan modern, melakukan perlawanan atas ketimpangan yang mereka alami. Pratt, Mary Louise 1992 Imperial Eyes. Travel Writing and Transculturation. London & New York: Routledge. Memuat ide dan konsep otoetnografi yang banyak dirujuk para penulis. Bertutur mengenai kajian travel writing, suatu catatan yang dibuat oleh para pengelana pada masa penjelajahan samudra 4–5 abad yang lalu, ekspansi orang-orang Eropa ke wilayah temuan baru, dan dinamika pemberian “makna” pada batas-batas imperialisasi. Merupakan contoh konkret bagaimana persoalan memilih kasus dapat merefleksikan dan memengaruhi sudut pandang peneliti. Romo, Jaime J. 2004 “Experience and Context in the Making of a Chicano Activist”, dalam The High School Journal; Apr/May 2004; 87, 4. p. 95–111. Otoetnografi mengenai kehidupan seorang guru keturunan Chicano (Amerika Latin) yang mengajar di Amerika dengan murid kebanyakan keturunan Eropa. Banyak guru pada akhirnya mengidentifikasikan diri sebagai orang kulit putih. Romo justru berjuang untuk memperkuat identitas guru keturunan Latin dan Indian agar murid/mahasiswa dari keturunan Latin atau Indian mendapatkan acuan yang positif. Salih, Sara 2004 “A gallant Heart to the Empire. Otoetnografi and Imperial Identity in Mary Seacole’s Wonderful Adventures”, dalam Philological Quarterly; Spring 2004; 83, 2. p. 171–195. Kajian atas karya sastra Mary Seacole yang menurut Salih menunjukkan kesadaran atas identitas nasional yang selama ini dibayangkan atau berupa ungkapan linguistik ketimbang sesuatu yang dikonstruksi. Salih mendiskusikan proses penamaan, representasi, dan konstruksi dari seorang wanita berketurunan ras campuran pada masa imperialisme Inggris abad XIX di Jamaika. Stake, Robert E. 2000 “Case study”, dalam Handbook of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 435–454. Sebuah artikel yang membahas persoalan studi kasus. Stake mengawali pembahasan dengan pernyataan bahwa studi kasus bukanlah suatu metode tetapi pilihan untuk menjelaskan masalah. Dengan metode apapun, kita tetap dapat melakukan studi kasus. Artikel ini membahas kita-kiat menentukan kasus dan bagaimana analisis dibuat. Stake, Robert E. 2005 “Qualitative Case Study”, dalam Handbook of Qualitative Research. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 443 –465. Artikel yang merevisi tulisan sebelumnya pada edisi 2. Sebagian berupa penegasan bahwa studi kasus merupakan cara yang umum dalam penelitian kualitatif dalam menjelaskan sesuatu. Tedlock, B. 2000 “Ethnography and Ethnographic Representation”, dalam Handbook of Qualitative Research. 2nd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 455–486. Artikel ini secara kritis menyorot cara penyampaian etnografi sebagai sebuah karya publik. Merespons isu krisis representasi dalam penulisan etnografi, Tedlock mengajukan beberapa saran untuk mengatasinya. Menyadari efek keterlibatan peneliti, subjektivitas penulisan, dan menghormati setiap perbedaan tafsir adalah kata kunci. Otoetnografi merupakan salah satu alternatif yang dapat mengatasi krisis representasi. Tedlock, B. 2005 “The Observation of Participation and the Emergence of Public Ethnography”, dalam Handbook of Qualitative Research. 3rd ed. N. K. Denzim & Y. S. Lincoln, (Eds.). Thousand Oaks: Sage Publ. p. 467–482. Lanjutan dari isu metode klasik dalam antropologi adalah observasi berpartisipasi, ini dikritisi dengan sangat tajam oleh Tedlock 1991. Artikel ini menghubungkannya dengan ruang bagi etnografi pada publik sehingga persoalan menyadari kekuatan-kelemahan metode menjadi penting. Sama pentingnya dengan isu representasi yang dibahasnya pada edisi dua. Tellis, Winston 1997 “Application of a Case Study Methodology”, dalam The Qualitative Report, Volume 3, Number 3, September. Artikel mengenai studi kasus yang ditulis untuk konsumsi psikologi, juga menggunakan metode kualitatif. Diuraikan cara mendesain, melaksanakan studi, menganalisis ,dan membangun kesimpulan dari studi kasus. Tellis melihat studi kasus sebagai sebuah jawaban atas masalah yang dihadapi metode lain yang cenderung menghilangkan aspek khusus dari suatu fenomena. Dengan studi kasus, pandangan partisipan dapat dimunculkan dengan lebih detail. Trujillo, N. 2003 “In Search of Naunny’s Ethnicity: an (Auto)Ethnographic Study of a Family’s Ethnic Identity’, dalam Expression of Ethnography. Novel Approach to Qualitative Methods (R. P. Clair, ed). Albany: State University of New York Press. p. 257–270. Salah satu contoh karya otoetnografi yang ditulis Trujillo tentang identitas orang Mexico keturunan Spanyol di Amerika Serikat. Otoetnografi dapat dijadikan sebagai contoh untuk penggunaan data kehidupan pribadi peneliti sebagai etnografi. Tsing, A. 1994 In the Realm of the Diamond Queen. Princeton, NJ: Princeton University Press. Etnografi mengenai kelompok marginal di Meratus, Kalimantan Selatan. Menampilkan cara pandang “etnografi baru” yang menekankan representasi budaya secara kritis lebih, terkait dengan konteks di luar komunitasnya. Vicars, Mark 2006 “Queer Goings-on’: An Autoethnographic Account of the Experiences and Practice of Performing a Queer Pedagogy”, dalam Auto/Biography 2006; 14. p. 21–40. Otoetnografi dari guru bahasa Inggris juga drama di sebuah SMP di Inggris yang menceritakan dilema dalam mengajarkan persoalan seksualitas dan pendidikan. Ketika heteroseksual adalah suatu norma, maka homseksual dianggap deviasi. Bagaimana pun isu homoseksual harus diberikan dalam kurikulum sekolah meski menuai pro-kontra Watson, Julia 1997 “Unruly Bodies: Autoethnography and Authorization in Nafissatou Diallo’s De Tilene au Plateau (A Dakkar Childhood)”, dalam Research in African Literatures; Summer 1997; 28, 2. p. 34. Dengan melihat otoetnografi sebagai media ekspresi komunitas colonialized, Watson mengetengahkan otobiografi penulis Senegal, Nafissatou Diallo, yang merupakan self-reflexivity dari orang yang mengalami masa penjajahan, perjuangan kemerdekaan, juga masa kemerdekaan. Waterston, Alisse 2005 “The Story of My Story: An Anthropology of Violence, Dispossession, and Diaspora”, dalam Anthropological Quarterly; Winter 2005; 78, 1. p. 43–61. Otoetnografi dari seorang Yahudi Polandia sebelum Perang Dunia II, yang ayahnya bermigrasi ke Kuba dan tumbuh sebagai orang Kuba. Dia menceritakan proses sejarah yang sangat personal dan intim karena selalu diceritakan oleh ayahnya sebagai bagian dari sosialisasi keluarga. Cakupan kehidupan ayah meliputi kehidupan sebagai petani di Polandia, saat menghadapi rejim fasis, patriarki, dictator, lalu bermigrasi ke negeri lain, proses transnasionalisasi, dan munculnya identitas baru. Weil, Ann Marie 2001 The Best of Times: an Authoethnography of a Cerebraal Vascular Accident. Unpublished Ph.D Thesis submitted to Drexel University. Sebuah disertasi yang merupakan otoetnografi survivor stroke di Amerika. Melalui cara tutur dan pengalaman personal, peneliti mampu menggambarkan sistuasi ketidakberdayaan pascastroke, seperti tubuh yang lemah dan komunikasi lisan yang susah. Whitaker, Mark 2004 “Tamilnet.com: Some Reflections on Popular Anthropology, Nationalism, and the Internet”, dalam Anthropological Quarterly; Summer 2004; 77, 3. p. 469–498. Memakai konsep otoetnografi yang dikembangkan Louise-Pratt sebagai usaha suatu komunitas untuk merepresentasikan diri dalam situasi hegemoni struktur di luar komunitas tersebut. Portal internet yang dibangun di suatu desa di Srilanka dapat menjadi contoh bagaimana representasi modernitas ditampilkan oleh komunitas tradisional Tamil di Srilanka yang sedang berjuang melawan pemerintah untuk kemerdekaannya. Winarto, Y. T. & D. Sulistyowati 2006 Luka Sebuah Negeri. Puisi Etnografi M. Junus Melalatoa. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Sebuah buku yang memuat puisi-puisi ahli antropologi senior dari Indonesia. Hasil refleksi dari berbagai kesempatan yang diperoleh sewaktu melakukan penelitian lapangan, sebagai pengamat masalah budaya dan etnisitas, juga sebagai seorang mahasiswa diungkapkan dalam puisi. Wong, Hertha Dawn. 1992 Sending My Heart Back Across the Years; Tradition and Innovation in Native American Autobiography. New York: Oxford University Press. Kajian tentang otobiografi orang asli Amerika yang selama ini menjadi objek penelitian antropologi. Membahas otoetnografi sebagai sebuah metode alternatif yang mengungkap refleksi para pelaku atas kehidupan sosial serta budaya mereka. Termasuk bagaimana menyuarakan, menuliskan kembali, dan mengambil-alih otoritas menuturkan budaya mereka pada orang lain yang selama ini didominasi peneliti.

Included in

Anthropology Commons

Share

COinS