Abstract
Keberlangsungan klaim JKN di RSUD Khidmat Sehat Afiat Kota Depok sekurang-kurangnya harus didukung oleh SIMRS yang dapat diintegrasikan dengan E-Klaim INA-CBG’s dan V-Claim. Maka pada tahun 2019 SIMRS dilakukan integrasi dengan kedua sistem informasi tersebut guna meningkatkan keberhasilan klaim JKN. Namun, sejak SIMRS diintegrasi, hingga saat ini belum pernah dilakukan analisis. Padahal, E-Klaim INA-CBG’s dan V-Claim terus mengalami perubahan yang menjadikan banyaknya fitur yang belum tersedia pada SIMRS yang berujung membuat proses pengajuan klaim JKN menjadi terhambat. Desain penelitian ini menggunakan teori Delone dan McLean dengan jenis penelitian kuantitatif dan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling dengan data yang dikumpulkan menggunakan metode survei dengan membagikan kuesioner kepada 110 responden. Hasil penelitian ini didapatkan kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan serta net benefit berhubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan pengguna.
References
1. Choirunnisa. Analisis Penerapan E-Claim Bpjs Kesehatan Berdasarkan Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone Dan Mclean Di Rumah Sakit “ABC.” [Jakarta]: Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul; 2021.
2. Pemerintah Pusat. Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Pemerintah Pusat. Jakarta, Indonesia: Pemerintah Pusat; 2009.
3. Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2013.
4. Kementerian Kesehatan RI. Surat Edaran Nomor : JP.02.03/3/836/2018 tentang Penggunaan Aplikasi E-Klaim INA-CBG. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2018.
5. Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Sistem Monitoring Terpadu Aspek Kepesertaan [Internet]. Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). 2023 [cited 2023 Sep 23]. Available from: https://sismonev.djsn.go.id/kepesertaan/
6. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Makin Canggih, Kini BPJS Kesehatan Terapkan Verifikasi Klaim Digital di Rumah Sakit [Internet]. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 2018. Available from: https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2018/756/Makin-Canggih-Kini-BPJS-Kesehatan-Terapkan-Verifikasi-Klaim-Digital-di-Rumah-Sakit
7. Kementerian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 76 Tahun 2016 tentang Pedoman Indonesian Case Base Groups (INA-CBG) dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional. Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2016.
8. Sholehah F, Rachmawati E, Wicaksono AP, Chaerunisa A. Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Rawat Jalan BPJS dengan Metode Pieces RSUD Sidoarjo. J-REMI : Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan. 2021;2(2):297–303.
9. Retnowati, Herdayati M, Makful MR, Wijaya I. Analisis kesuksesan implementasi sistem informasi pengelolaan obat (SIPO) di Puskesmas dan Dinas Kesehatan Kota Depok tahun 2017 [Skripsi]. [Depok]: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia; 2017.
10. Bashiri A, Shirdeli M, Niknam F, Naderi S, Zare S. Evaluating the success of Iran Electronic Health Record System (SEPAS) based on the DeLone and McLean model: a cross-sectional descriptive study. BMC Med Inform Decis Mak. 2023;23:10.
11. Siregar DY. Pengukuran Kesuksesan Sistem Informasi Keuangan Universitas Atma Jaya Yogyakarta Dengan Model Delone Dan Mclean [Skripsi]. [Yogyakarta ]: Fakultas Teknologi Industri Universitas Atma Jaya ; 2017.
12. Adillah GS. Evaluasi Penerapan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) Menggunakan Metode Utaut Dan TTF Di Rumah Sakit Sumber Waras [Thesis (Diploma)]. [Tasikmalaya]: Politeknik Kesehatan Tasikmalaya; 2023.
13. Hwang J, Lee JS, Kim H. Perceived innovativeness of drone food delivery services and its impacts on attitude and behavioral intentions: The moderating role of gender and age. Int J Hosp Manag. 2019;81:94–103.
14. Engin M, Gürses F. Adoption of Hospital Information Systems in Public Hospitals in Turkey: An Analysis with the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology Model. International Journal of Innovation and Technology Management. 2019;16(06):1950043.
15. Adawiyah R, Khasanah L, Rokhmah LN, Rizqiyah C. Analisa Penerimaan Pengguna Sistem Manajemen Puskesmas di Kabupaten Cirebon Tahun 2022. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI). 2023;11(2).
16. Parnata IK, Faradhi L, Suciwati DP. Pengaruh Gender, Umur, Pengalaman, Tingkat Pendidikan dan Kompleksitas Tugas Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi Pada Rumah Sakit di Kota Denpasar. Jurnal Valid. 2013;10(4):9–16.
17. Tavitiyaman P, Zhang X, Tsang WY. How Tourists Perceive the Usefulness of Technology Adoption in Hotels: Interaction Effect of Past Experience and Education Level. Journal of China Tourism Research. 2022;18(1):64–87.
18. Delone WH, McLean ER. The DeLone and McLean Model of Information Systems Success: A Ten-Year Update. Journal of Management Information Systems. 2003;19(4):9–30.
19. Putra DS, Darmawan MA. Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (SIARS) dengan Model Delone and Mclean. Jurnal Sistem Informasi Bisnis. 2021;11(1):78–85.
20. Irfan M. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Net Benefits, Pemakaian Sistem Pembayaran Briva dengan Variabel Intervening Kepuasan Pengguna (Validasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean) [Thesis]. [Yogyakarta]: Universitas Islam Indonesia; 2019.
21. Wara LS, Kalangi L, Gamaliel H. Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan Mclean Pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SiAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Riset Akuntansi dan Auditing “GOODWILL.” 2021;12(1):1–15.
22. Negara VP, Pratomo D. Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi Dan Kualitas Layanan Her Registrasi Igracias Terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Telkom University). JAF (Journal of Accounting and Finance). 2017;1(1):33–48.
23. Giovani AF, Prehanto DR. Penggunaan Metode Delone & Mclean Untuk Menilai Kesuksesan Sistem Informasi pada Website Daftar Wisuda Online “Dawine” Unesa. ournal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI). 2022;3(3):71–6.
Recommended Citation
Adawiyah, Robiatul and Sutiawan, R
(2025)
"Analisis Kepuasan Pengguna SIMRS Pada Klaim JKN di RSUD Khidmat Sehat Afiat, Kota Depok Tahun 2023,"
Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan: Vol. 5:
No.
2, Article 3.
DOI: 10.7454/bikfokes.v5i2.1090
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/bikfokes/vol5/iss2/3