Abstract
Pemerintah Indonesia meluncurkan aplikasi Mobile JKN di tahun 2017 yang menunjukkan komitmen pemerintah dalam menyediakan perlindungan terkait hak kesehatan bagi seluruh warga negara Indonesia. Cakupan kepesertaan JKN yang menyentuh angka 224,1 juta memiliki jarak yang bermakna dengan jumlah pengguna aplikasi Mobile JKN yang berada pada angka 16.346.826. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keterbatasan aplikasi dari Mobile JKN yang berpotensi menjadi alasan masyarakat belum menggunakan aplikasi ini. Penelitian ini menggunakan metode literature review. Artikel penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ditelusuri melalui database publikasi ilmiah, yaitu Google Scholar menggunakan kata kunci “keterbatasan” dan “Mobile JKN” serta menggunakan filter batasan publikasi lima tahun terakhir (2017-2022). Hasil penelitian menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara penggunaan aplikasi Mobile JKN. Selain itu, dengan alasan beberapa daerah di Indonesia masih belum mempunyai akses internet, aplikasi tersebut tidak mudah untuk diakses oleh beberapa kalangan. Pemerintah perlu mensosialisasikan secara masif prosedur penggunaan aplikasi Mobile JKN kepada masyarakat dan terus mengembangkan aplikasi agar tetap dapat diakses tanpa harus tergantung pada koneksi internet.
References
1. WHO. Universal health coverage [Internet]. WHO. 2022 [cited 2022 Nov 23]. Available from: https://www.who.int/health-topics/universal-health-coverage#tab=tab_1
2. Herawati, Franzone R, Chrisnahutama A. Laporan Penelitian Universal Health Coverage: Mengukur Capaian Indonesia. Jakarta; 2020.
3. BPJS Kesehatan. Panduan layanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Jakarta: BPJS Kesehatan; 2020.
4. Bahri S, Amri, Siregar AA. Analisis kualitas pelayanan aplikasi mobile JKN BPJS kesehatan menggunakan metode service quality (servqual). Industrial Engineering Journal. 2022;11(2).
5. Khusna A, Ridwandono D, Pratama A. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan dan Penggunaan Berkelanjutan Aplikasi Mobile JKN di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Informatika dan Sistem Informasi. 2021;2(2):152–61.
6. Rahmawati BD. Usability testing pada aplikasi mobile JKN BPJS kesehatan menggunakan domain specific inspection. J@ti Undip: Jurnal Teknik Industri. 2020;15(1):46–51.
7. Annisa N, Pradana DS, Suharso W. Evaluasi Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Malang Ditinjau Dari Aspek Usability. Jurnal Repositori. 2020;2(12):1689–99.
8. Angelita M, Lukman S, Tahir I. Innovation and Effectiveness of Services Through Mobile JKN at BPJS Health in South Jakarta. Medium. 2021;9(2):292–305.
9. Amalia R, Wasilah, Nurlistiani R. Evaluasi dan Audit Aplikasi Mobile JKN pada BPJS Kesehatan Menggunakan Model TAM dan COBIT 5.0. JUPITER: Jurnal Penelitian Ilmu Dan Teknologi Komputer. 2022;14(2-a):157–66.
10. Wahyudi W, Mukhsin Moh, Nupus H. Meningkatkan Intention To Use Aplikasi Mobile JKN Melalui Perceived Usefulness Dan Attitude Towards Use Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pengguna Aplikasi Mobile JKN Segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha di Wilayah BPJS Kesehatan Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa. 2021;5(1):98–116.
11. Putri TK, Irawan B, Zulfiani D. Persepsi Publik Dalam Pelaksanaan Inovasi Pelayanan Jaminan Kesehatan Berbasis Teknologi Melalui Mobile JKN. eJournal Administrasi Publik. 2022;9(4):5710–21.
12. Sari LM, Hartini S, Andria F. Efektivitas penggunaan aplikasi mobile JKN sebagai strategi meminimalisir tingkat antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen. 2019;4(2).
13. Wahyuni F. Efektivitas Pelayanan Jaminan Kesehatan BerbasisTeknologi Mobile JKN di BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung. Administrativa. 2021;3(3):385–94.
14. Wulanadary A, Sudarman S, Ikhsan I. Inovasi BPJS Kesehatan dalam pemberian layanan kepada masyarakat: Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Public Policy. 2019 Oct 31;5(2):98–107.
15. Suhadi, Jumakil, Irma. Aplikasi Mobile JKN untuk Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan SUARA FORIKES. 2022;13:262–7.
16. Oktasari DM. Implementasi Kepmen Pan Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Publik Di Kantor Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pemerintahan. 2015;3(2):1339–53.
Recommended Citation
Churiana Sudrajat, Diva Anita; Simanjorang, Chandrayani; Fitrianti, Alvina Diva; and Zahra, Asy Syifa Anwari
(2024)
"Keterbatasan Mobile JKN sebagai Bentuk Universal Health Coverage di Era Digitalisasi: Literature Review,"
Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan: Vol. 4:
No.
3, Article 4.
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/bikfokes/vol4/iss3/4