Abstract
WHO telah menyatakan bahwa COVID-19 sebagai pandemi global, untuk mencegah penyebarannya maka kegiatan akademis di Indonesia dialihkan menjadi metode pembelajaran jarak jauh. Perubahan ini mengakibatkan mahasiswa harus beradaptasi dengan metode baru dan salah satu dampak dari hal tersebut adalah munculnya masalah kesehatan mental seperti stres dan kecemasan pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan adanya peningkatan stres dan kecemasan pada mahasiswa sebagai dampak pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi COVID-19. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dari jurnal nasional dan internasional yang meneliti tentang pengaruh pandemi COVID-19 terhadap stres dan kecemasan yang dialami mahasiswa. Penelusuran jurnal ini menggunakan database Google Scholar, ResearchGate, dan Pubmed. Dari 10 jurnal menunjukkan peningkatan stres dan kecemasan yang dialami mahasiswa selama pandemi COVID-19 yang disebabkan oleh berbagai faktor. Angka stres pada mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan jarak jauh rata-rata sebesar 55,1%, sedangkan pada mahasiswa di luar Indonesia sebesar 66,3%. Angka kecemasan mahasiswa di Indonesia selama perkuliahan jarak jauh rata-rata sebesar 40%, sedangkan pada mahasiswa di luar Indonesia sebesar 57,2%. Sebagai saran, beberapa upaya dapat dilakukan seperti olahraga atau aktivitas fisik, istirahat yang cukup, melakukan hobi, sosialisasi secara virtual serta menerapkan lingkungan yang sehat baik secara fisik maupun psikologis untuk mengurangi stres dan kecemasan.
References
1. World Health Organization. Listings of WHO’s response to COVID-19 [Internet]. World Health Organization. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: https://www.who.int/news/item/29-06-2020-covidtimeline
2. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Surat Edaran Mendikbud Nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia; 2020.
3. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Infografik Masalah Psikologis Terkait Pandemi COVID-19 di Indonesia [Internet]. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: http://pdskji.org/home
4. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. Infografik 5 Bulan Pandemi COVID-19 di Indonesia [Internet]. Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: http://pdskji.org/home
5. Cao W, Fang Z, Hou G, Han M, Xu X, Dong J, et al. The psychological impact of the COVID-19 epidemic on college students in China. Psychiatry Res. 2020;287:112934.
6. Harahap ACP, Harahap DP, Harahap SR. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns J Kaji Konseling dan Pendidik. 2020;3(1):10–4.
7. Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi COVID-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):299–306.
8. Husky MM, Kovess-Masfety V, Swendsen JD. Stress and anxiety among university students in France during Covid-19 mandatory confinement. Compr Psychiatry. 2020;102:152191.
9. Islam MA, Barna SD, Raihan H, Khan MNA, Hossain MT. Depression and anxiety among university students during the COVID-19 pandemic in Bangladesh: A web-based cross-sectional survey. Pakpour AH, editor. PLoS One. 2020;15(8):e0238162.
10. NurCita B, Susantiningsih T. Dampak pembelajaran jarak jauh dan physical distancing pada tingkat kecemasan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. J Borneo Holist Heal. 2020;3(1):58–68.
11. Putri RM, Oktaviani AD, Utami ASF, Latif N, Addiina HA, Nisa H. Hubungan Pembelajaran Jarak Jauh dan Gangguan Somatoform dengan Tingkat Stres Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Perilaku dan Promosi Kesehat Indones J Heal Promot Behav. 2020;2(1):38.
12. Son C, Hegde S, Smith A, Wang X, Sasangohar F. Effects of COVID-19 on college students’ mental health in the United States: Interview survey study. J Med Internet Res. 2020;22(9):e21279.
13. Wang C, Zhao H. The Impact of COVID-19 on Anxiety in Chinese University Students. Front Psychol. 2020;11(1168):1–8.
14. Wang ZH, Yang HL, Yang YQ, Liu D, Li ZH, Zhang XR, et al. Prevalence of anxiety and depression symptom, and the demands for psychological knowledge and interventions in college students during COVID-19 epidemic: A large cross-sectional study. J Affect Disord. 2020;275:188–93.
15. Vibriyanti D. Kesehatan mental masyarakat: mengelola kecemasan di tengah pandemi COVID-19. J Kependud Indones. 2020;69.
16. Pariat ML, Rynjah A, Joplin M, Kharjana MG. Stress Levels of College Students: Interrelationship between Stressors and Coping Strategies. IOSR J Humanit Soc Sci (IOSR-JHSS. 2014;19(8):40.
17. Kariv D, Heiman T. Task-Oriented Versus Emotion-Oriented Coping Strategies: The Case of College Students, College Student Journal, 2005-Mar-1. Coll Stud J. 2005;39(1):72–89.
18. Santrock JW. Adolescence: perkembangan remaja (edisi keenam). Shinto BA, Saragih S, editors. Jakarta: Erlangga; 2003.
19. Legiran, Azis MZ, Bellinawati N. Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. J Kedokt dan Kesehat Publ Ilm Fak Kedokt Univ Sriwij. 2015;2(2):197–202.
20. Ali M, Asrori M. Psikologi remaja : perkembangan peserta didik. PT. Bumi Aksara. Jakarta; 2011.
21. Kementerian Kesehatan RI. Buku Panduan Kampus Siaga Covid-19. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2020.
22. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pandemi COVID-19. Subdit Masalah Penyalahgunaan Napza Direktorat P2MKJN, editor. Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Dan Napza, Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa Dan Napza, Direktorat Jenderal Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI; 2020.
23. Dewi KS. Buku Ajar: Kesehatan Mental. Semarang: UPT UNDIP Press Semarang; 2012.
24. Ika. Cara Atasi Stres Selama Pandemi COVID-19 [Internet]. 2020 [cited 2020 Oct 3]. Available from: https://ugm.ac.id/id/newsPdf/19150-cara-atasi-stres-selama-pandemi-covid-19
25. Pat Walker Health Center. COVID-19 Anxiety Toolbox [Internet]. Fayetteville: University of Arkansas; 2020. Available from: https://health.uark.edu/coronavirus/caps-covid-19-resources-anxiety-workbook.pdf
Recommended Citation
Fauziyyah, Rifa; Awinda, Rinka Citra; and Besral, Besral
(2021)
"Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19,"
Jurnal Biostatistik, Kependudukan, dan Informatika Kesehatan: Vol. 1:
No.
2, Article 5.
DOI: 10.51181/bikfokes.v1i2.4656
Available at:
https://scholarhub.ui.ac.id/bikfokes/vol1/iss2/5