•  
  •  
 

Journal of Indonesian Tourism and Policy Studies

Abstract

The spread of Covid-19 at the end of 2019 from one region to another region, until spreading all over the world. In March 2020 WHO deciding Covid-19 as pandemic. The spread of Covid-19 through droplets because of that goverment decides crowds rectriction. Various fields aver the world adapting to this pandemic. Goverment through Kemenparekraf (Indonesians Ministry of Tourism and Creative Economy) compiling manual guidebook that regulates various activities. The guidebook contents about CHSE guide. This guide is mandatory to all restaurant. The implementation of CHSE affects guast from all aspects. The purpose of this study was to determine the effect of implementing CHSE on guest satisfaction pasticularly at Mie Gacoan Tegal. The research method used quantitatif study with incidental sampling technic. Data collection using questionnaire and analyzed using simple regression analysis. The result of this study found that implementing CHSE has a positive effect on guests satisfaction. Researcher suggestion for restaurants management is to consisten appliying CHSE and always updating about Covid-19.

Bahasa Abstract

Merebaknya virus Covid-19 di akhir tahun 2019 dari satu wilayah ke wilayah lain, sampai menyebar ke seluruh dunia. Hingga pada maret 2020 WHO memutuskan Covid-19 sebagai pandemi karena sudah menyebar ke seluruh dunia. Penyebaran virus Covid-19 melalui droplet sehingga diputuskan pembatasan kegiatan berkerumun untuk dapat mengendalikan persebaran Covid-19. Berbagai bidang di seluruh dunia beradaptasi dengan adanya Covid-19. Pemerintah dengan sigap melalui Kemenparekraf menyusun buku panduan yang mengatur aktifitas diberbagai tempat yang menimbulkan kerumunan termasuk restoran/rumah makan. Panduan ini berisi tentang CHSE(Cleanliness, Health, Safety and Environtment Sustainbility). Panduan ini wajib diterapkan untuk seluruh restoran/tempat makan. Penerapan CHSE ini akan mempengaruhi tamu dari berbagai aspek. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penaruh penerapan CHSE terhadap kepuasan tamu terutama di Mie Gacoan Tegal. Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik incidental sampling. Pengumpulan datanyanya menggunakan angket dengan skala likert dan dianilisis menggunakan analisis regeresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh antara penerapan CHSE dengan kepuasan tamu terutama di Mie Gacoan Tegal. Saran yang disampaikan kepada Mie Gacoan khususnya dan management restoran/rumah makan khususnya agar terus konsisten menerapkan CHSE dan terus memperbaharui info yang diumumkan oleh lembaga terkait untuk bisa terus berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Share

COinS